Waspada! Ini 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Pendaki - OFFICIAL AKASAKA ONLINE STORE

Waspada! Ini 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Pendaki

3 bulan yang lalu      EDUKASI

Mendaki gunung membutuhkan kekuatan, daya tahan, dan disiplin tinggi. Para pendaki profesional yang telah berulang kali naik turun gunung pasti telah ahli dalam hal ini. Namun, selalu ada yang namanya waktu pertama bagi seseorang untuk melakukan sesuatu.

Pada saat-saat seperti itu, karena minimnya pengetahuan, banyak kesalahan dilakukan oleh para pemula. Sobat Akasaka, apa sajakah kesalahan tersebut? Berikut 10 di antaranya:

Membawa Terlalu Banyak Beban

Membawa terlalu banyak beban dapat menyulitkan pergerakan selama pendakian. Barang-barang tersebut bisa berupa pakaian, makanan, atau peralatan yang sebenarnya tidak penting lainnya. Tipsnya, sebelum berangkat, sebaiknya cek kembali apa saja yang ada di dalam tas dan lakukan seleksi ulang. Gunakan pula benda multifungsi supaya bawaan lebih praktis.

Mengenakan Pakaian yang Salah


Mengenakan pakaian yang salah - Waspada! Ini 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Pendaki - newyorker.com

 

Ada pendaki yang mengenakan jeans saat mendaki gunung, padahal jenis kain ini tidak mudah kering. Jika jeans basah dalam perjalanan, pendaki tentu akan merasa tidak nyaman. Bahkan, ia juga akan repot membawanya karena terasa lebih berat.

Selain itu jeans juga tidak ideal digunakan pada saat cuaca dingin. Sebaiknya, gantilah kostum yang dikenakan dengan pakaian berbahan polyester karena ringan dan cepat kering serta mampu menahan udara dingin dengan lebih baik.

Tidak Membawa Perlengkapan Penting

Kesalahan lainnya adalah tidak membawa perlengkapan yang dibutuhkan, seperti alat penerangan, jas hujan, atau benda-benda lain yang dibutuhkan. Supaya hal ini tidak terjadi, catatlah apa saja yang perlu dibawa dan cek kembali isinya sebelum berangkat. Bukan tidak mungkin, tindakan sederhana ini dapat menyelamatkan nyawa pada saat-saat genting.

Tidak Membawa P3K

Banyak risiko yang bisa terjadi ketika mendaki gunung. Untuk meminimalisir atau berjaga-jaga, bawalah kotak P3K sebagai pertolongan pertama. Pilih dengan tepat obat-obatan dan perlengkapan lain yang akan dibawa.

Mendaki Saat Tidak Fit


Mendaki saat tidak fit - Waspada! Ini 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Pendaki - cheatsheet.com

 

Pendakian membutuhkan energi yang sangat besar. Badan harus fit supaya bisa menyelesaikan misi dengan baik. Sayangnya, ada yang masih mengabaikan hal ini dan tetap nekat melakukan pendakian. Akibatnya bisa ditebak, terjadi masalah yang tidak diinginkan dalam proses pendakian.

Untuk itu, cek kondisi kesehatan terlebih dahulu sebelum mendaki. Sangat disarankan juga untuk rutin melakukan aktivitas fisik sebelum hari tersebut supaya tubuh terbiasa.

Tidak Memedulikan Petunjuk

Merasa lebih tahu adalah “musuh” yang tidak boleh dipelihara selama mendaki gunung. Bahkan, seorang pendaki profesional tetaplah perlu melakukan konsultasi dan membuka diri terhadap berbagai informasi terbaru yang terjadi. Ingat, di hutan belantara, pertolongan tidak bisa dengan mudah didapatkan sehingga tindakan pencegahan lebih disarankan.

Memaksa Diri

Salah satu kesalahan pendaki yang sering disesalkan adalah memaksa diri untuk mencapai puncak. Padahal, kondisi fisik tidak memungkinkan. Mendaki gunung memiliki banyak makna, termasuk di antaranya mampu mengendalikan keinginan. Nah, sadarilah kemampuan diri dan berhenti sebelum terlambat, masih ada waktu lain kali untuk mencapai ketinggian yang lebih tinggi.

Membuang Sampah Sembarangan


Membuang sampah sembarangan - Waspada! Ini 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Pendaki - hipwee.com

 

Kebiasaan buruk ini sangat disayangkan dan seharusnya tidak dilakukan oleh siapa pun yang mendaki gunung. Jadi, pungut kembali bungkus plastik yang telah digunakan serta sampah-sampah lainnya dan bawa turun supaya keasrian gunung tetap terjaga.

Tidak Peduli Cuaca

Kesalahan lainnya adalah mengabaikan cuaca yang mungkin akan terjadi. Pada musim hujan, misalnya, tantangan yang dihadapi sangat berbeda. Karena itu, bekal yang disiapkan juga berbeda. Supaya pendakian berjalan mulus, sebisa mungkin perhatikan cuaca dan lakukan persiapan sebaik mungkin.

Melakukan Perusakan Alam

Kesalahan fatal yang dilakukan pendaki adalah merusak alam dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak terpuji, seperti vandalisme atau mengambil tumbuhan yang tidak diperbolehkan.

Nah, Sobat Akasaka, demikian 10 kesalahan yang sebaiknya tidak dilakukan oleh pendaki pemula. Jika hal-hal ini diabaikan, ada risiko besar yang mengintip, yang paling buruk adalah dapat mengancam keselamatan pendaki.




Komentar Artikel "Waspada! Ini 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Pendaki"