Untung Mana, Open Trip atau Private Trip? - OFFICIAL AKASAKA ONLINE STORE

Untung Mana, Open Trip atau Private Trip?

3 bulan yang lalu      TIPS & TRICKS

Suka bertualang ala backpacker? Pasti Sobat Akasaka tidak asing lagi dengan istilah open trip dan private trip. Istilah-istilah ini sering banget digunakan dalam berbagai tawaran paket perjalanan wisata. Namun, Sobat Akasaka tahu nggak sih, apa sebenarnya arti dari kedua istilah tersebut? Lalu, apa pula perbedaan dari open trip dan private trip? Agar lebih jelas, perhatikan uraian lengkapnya berikut ini.

 

Open Trip

Open Trip - blog.trafalgar

 

Istilah pertama adalah open trip. Jika diartikan secara harfiah dalam Bahasa Indonesia, istilah ini berarti “liburan terbuka”, atau “perjalanan terbuka”. Ya, benar sekali, open trip berarti melakukan perjalanan atau liburan bersama dengan beberapa orang dalam sekali perjalanan menuju satu tujuan.

Menariknya, Sobat Akasaka bisa jadi tak mengenali siapa saja yang tergabung dalam perjalanan tersebut, karena memang siapa pun boleh mengikuti perjalanan atau liburan ini asalkan memenuhi kuota dan persyaratan serta biaya yang dibebankan. Memang, meskipun berbentuk perjalanan bersama, tetap ada batasan jumlah wisatawan dalam sekali jalan.

Lalu, bagaimana jika ternyata kuota peserta perjalanan tidak memenuhi target yang ditentukan? Nah, jika hal ini terjadi, biasanya penyelenggara akan melakukan penjadwalan ulang atau reschedule. Bisa juga, perjalanan tetap akan dilakukan, tetapi setiap peserta yang telah mendaftar akan dikenai biaya yang lebih tinggi.

 

Private Trip

Private Trip - media1.mensxp

 

Selanjutnya adalah private trip. Istilah ini dalam Bahasa Indonesia berarti “perjalanan sendiri”. Artinya, Sobat Akasaka melakukan perjalanan ini sendiri, bersama pasangan, atau sekelompok orang dengan tujuan dan biaya tertentu sesuai dengan destinasi yang dituju melalui bantuan biro perjalanan wisata.

Berbeda dengan open trip, paket perjalanan wisata dengan private trip hanya berisi orang-orang yang sudah saling kenal. Intinya, para pelancong atau traveller adalah pihak yang menentukan destinasi wisata dan tanggal keberangkatan serta jumlah peserta yang akan mengikuti perjalanan.

 

Perbedaan Open Trip dan Private Trip

Perbedaan Open Trip dan Private Trip - prathvitravels

 

Lalu, apa yang membedakan open trip dan private trip ini?

Selain pesertanya, perbedaan pertama dari kedua paket perjalanan wisata ini tentu ada pada biayanya. Open trip bersifat terbuka dan mengutamakan konsep berbagai, sehingga biayanya jelas lebih murah. Sementara itu, private trip jelas memiliki biaya yang lebih mahal, karena perjalanan yang dilakukan lebih bersifat pribadi.

Selanjutnya adalah jumlah peserta yang mengikuti perjalanan. Semua destinasi dan akomodasi perjalanan open trip telah diatur oleh pihak penyelenggara. Jumlah pesertanya pun dibatasi, biasanya maksimal 10 orang agar harga paket yang kamu bayarkan bisa lebih murah. Berbeda dengan private trip yang semuanya kamu atur sendiri, termasuk tanggal keberangkatan dan lokasi mana saja yang ingin kamu kunjungi, bicarakan dengan biro perjalanan dan bayar. Pasti harganya lebih mahal.

Pastinya, menggunakan paket perjalanan open trip membuat Sobat Akasaka tak bisa memilih waktu keberangkatan berikut akomodasi serta fasilitas yang akan didapatkan. Berbeda dengan private trip yang bisa kamu sesuaikan dengan segala kebutuhan dan keinginanmu. Semakin mewah fasilitas yang kamu pilih, jelas akan semakin tinggi biaya yang akan kamu keluarkan.

Jadi, jika dilihat sekilas, tentu saja perjalanan dengan paket wisata open trip lebih menguntungkan, terutama dari segi biaya. Kamu bisa bepergian ke destinasi favoritmu dengan harga yang begitu terjangkau dan fasilitas lengkap meskipun tidak mewah. Selain itu, kamu bisa mendapatkan teman-teman baru dan saling berbagi pengalaman.

Meskipun demikian, paket perjalanan apa pun yang kamu pilih, selalu pakai perlengkapan yang tepat ya, supaya perjalanan dan liburanmu makin menyenangkan. Kamu bisa membeli semua perlengkapan outdoor seperti sandal dan kaos di Akasaka Outdoor. Jadi, pilih mana, open trip atau private trip?




Komentar Artikel "Untung Mana, Open Trip atau Private Trip?"