Rafting di Sungai Bogowonto - OFFICIAL AKASAKA ONLINE STORE

Rafting di Sungai Bogowonto

3 bulan yang lalu      NEWS

Pernahkah Sobat Akasaka mendengar tentang Sungai Bogowonto? Sungai ini masuk dalam daftar sungai besar di Jawa Tengah. Seperti halnya Sungai Serayu, air Sungai Bogowonto pun bermuara ke pantai selatan. Dahulu, di zaman kerajaan, sungai ini merupakan pembatas antara Kerajaan Tarumanegara dengan Kerajaan Medang.

Kini, sungai yang menjadi pemisah antara Purworejo dengan kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta dijadikan sebagai tempat wisata arum jeram. Bagi Sobat Akasaka yang menyukai kegiatan memacu adrenalin, tak ada salahnya untuk mencoba rafting di Sungai Bogowonto.

Menantang Arus Air di Sungai Bogowonto

Rafting di Sungai Bogowonto - mapalaptm.com

 

Air Sungai Bogowonto cenderung keruh, warna airnya akan semakin kecoklatan kala musim penghujan tiba. Jangan terkecoh dengan penampakan air yang tenang, ibarat peribahasa “air tenang menghanyutkan” begitulah kira-kira ungkapan yang tepat untuk menggambarkan Sungai Bogowonto.

Sungai ini memiliki aliran air yang sangat cocok untuk arung jeram. Meski nyaris terlihat kurang menantang, tetapi setelah melewati jarak sepanjang dua ratus meter pertama, Sobat Akasaka akan merasakan pengalaman yang mendebarkan.

Ketenangan yang semula Sobat Akasaka rasakan berubah menjadi situasi yang sulit untuk dikontrol. Di mana air sungai yang tenang semakin lama hilang dari pandangan, berganti menjadi air beriak, tanda bahwa ada jeram yang tengah menanti di depan mata.

Di sungai ini, Sobat Akasaka akan menemukan bebatuan, seperti endesit, endapan, dan karst. Medan akan semakin seru karena Sungai Bogowonto memiliki kelokan yang tajam dan ekstrem.

Di sinilah, ujian sesungguhnya bagi Sobat Akasaka. Rasakan sensasi saat kapal yang Sobat Akasaka tumpangi mulai berguncang. Waspadalah karena jeram di Sungai Bogowonto dikenal panjang, saling menyambung.

Rafting di Sungai Bogowonto akan semakin seru saat perahu memasuki kawasan yang memiliki banyak jeram pillow, jeram yang tak terlihat karena tersembunyi di balik air. Salah satu yang cukup berbahaya adalah jeram Junglo.

Jeram Junglo dikenal “buas” dan seringkali membuat perahu terombang-ambing. Tidak sedikit rafter yang terlempar dan merasakan dinginnya air sungai. Tak jarang pula terjadi carnage, perahu terbalik akibat hantaman arus deras.

Setelahnya Sobat Akasaka akan disambut dengan DAM setinggi tiga meter. DAM ini cukup jarang dilewati karena kurang aman. Pasalnya, di bawah DAM terdapat pusaran hidrolik statik yang sangat berbahaya jika dilalui ketika debit air cenderung besar. Rafter diperbolehkan untuk melintasi DAM saat debit air stabil, yakni di bulan April dan Mei.

Sebelum menyelesaikan petualangan mengarungi Sungai Bogowonto, Sobat Akasaka akan disambut dengan kejutan yang membuat jantung kembali berdetak kencang. Di Jeram Kedung Wadas, Sobat Akasaka akan merasakan sensasi saat perahu berguncang dan berputar tak tentu arah sebelum akhirnya terbalik.

Di akhir jalur, Sobat Akasaka dapat menikmati pemandangan indah nan eksotis, tebing karst yang menjadi tanda berakhirnya petualangan menantang arus Sungai Bogowonto.

Persiapan Wajib Sebelum Arung Jeram di Sungai Bogowonto

Rafting di Sungai Bogowonto - raftingbogowonto.blogspot.com

 

Sebelum melakukan uji nyali di Sungai Bogowonto, ada sejumlah hal yang wajib untuk Sobat Akasaka persiapkan, di antaranya:

  • Kondisi tubuh harus dalam keadaan sehat
  • Memiliki kemampuan dasar self rescue (penyelamatan diri)
  • Mempersiapkan rescue kit, seperti pompa udara, tas antiair, dan kompas
  • Membawa alat P3K
  • Bekal, air minum dan makanan

Sobat Akasaka juga harus mengikuti semua instruksi skipper rafting demi keselamatan. Pastikan untuk melakukan pemanasan lebih dulu, menggunakan pengaman berupa rompi pelampung dan pelindung kepala.

Agar kegiatan rafting di Sungai Bogowonto semakin menyenangkan, pastikan Sobat Akasaka menggunakan sandal gunung Akasaka tangguh di segala medan. Sandal gunung Akasaka terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan diciptakan untuk jiwa petualangan. Sandal ini sangat nyaman karena memiliki tapak yang kuat, desain yang apik, tahan lama, dan harga bersahabat.




Komentar Artikel "Rafting di Sungai Bogowonto"