Mengetahui Tumbuhan yang Dapat Menghasilkan Air untuk Survival - OFFICIAL AKASAKA ONLINE STORE

Mengetahui Tumbuhan yang Dapat Menghasilkan Air untuk Survival

3 bulan yang lalu      EDUKASI

Dehidrasi adalah salah satu risiko terbesar dalam petualangan luar ruangan, jadi Sobat Akasaka harus selalu siap dengan survival tips untuk menemukan air. Tetapi, bagaimana jika tidak ada sumber air tawar yang layak minum? Jangan khawatir, karena berbagai tumbuhan ternyata menyimpan persediaan air yang bisa menyelamatkan Sobat Akasaka dari bahaya dehidrasi.

Berikut beberapa jenis tumbuhan yang dikenal sebagai “penyimpan air”, dan bagaimana Sobat bisa mengeluarkan airnya untuk diminum.

Kantung semar


Kantung semar - Mengetahui Tumbuhan yang Dapat Menghasilkan Air untuk Survival - kaskus.co.id

 

Kantung semar mungkin terkenal sebagai tanaman pemakan serangga, tetapi ternyata, bagian dalam tanaman ini mampu menetralkan keasaman air hujan. Jadi, Sobat Akasaka bisa langsung meminum airnya ketika menemukan tanaman tersebut. Akan tetapi, pilih kantung semar yang masih terbuka, dan pastikan tidak ada serangga yang dicerna di dalamnya sebelum minum.

Pohon pisang


Pohon pisang - Mengetahui Tumbuhan yang Dapat Menghasilkan Air untuk Survival - food.detik.com

 

Batang pisang yang rapuh bisa menjadi sumber air untuk beberapa hari. Hal ini karena batang tersebut mengandung sekitar 50 persen air, sehingga bisa dikumpulkan untuk sumber cairan. Jika Sobat Akasaka beruntung menemukan pohon pisang, tebanglah hingga menyisakan pangkal batang setinggi 20 cm. Tunggu beberapa lama hingga air memenuhi bagian dalam batang yang mirip mangkuk.

Karena berasal dari akar, air yang baru terkumpul mungkin terasa sedikit pahit. Sobat bisa menunggu beberapa jam sambil mencicipinya sedikit dengan jari, hingga airnya perlahan menjadi tawar. Jika Sobat Akasaka masih harus berada di area tersebut, tutup bagian atas batang pisang agar airnya tidak kemasukan serangga atau kotoran.

Pakis


Pakis - Mengetahui Tumbuhan yang Dapat Menghasilkan Air untuk Survival - khasiat.co.id

 

Pakis memiliki kandungan air yang cukup melimpah pada batangnya, walau tidak sebanyak pohon pisang. Sobat Akasaka bisa mendapatkannya dengan teknik keratan sederhana. Pertama, buat guratan dalam setinggi yang bisa dicapai, lalu buat guratan dalam lain di pangkal batang dekat tanah. Tunggu beberapa saat, dan air akan mulai menetes dari batang.

Sobat Akasaka bisa mengumpulkan airnya dengan sabar menggunakan botol atau wadah plastik, atau bahkan langsung menjilatnya. Air dari dalam batang pakis ini aman untuk langsung diminum. Jika ingin mendapat lebih banyak air, pilih pakis yang batangnya sudah setebal 5 cm.

Bambu


Bambu - Mengetahui Tumbuhan yang Dapat Menghasilkan Air untuk Survival - khasiat.co.id

 

Sobat Akasaka pasti tahu kalau bagian tengah batang bambu memiliki rongga, sehingga ada kemungkinan di dalamnya terdapat air. Sobat bisa langsung memotong batang bambu dan meneteskan air dari dalamnya ke mulut, atau memecahkannya sedikit sebelum memasukkan sedotan ke dalamnya. Sobat Akasaka juga bisa mengumpulkan air lebih banyak dengan metode pengumpulan yang membutuhkan waktu semalaman.

Caranya, pilih batang bambu yang agak besar, lalu potong bagian atasnya dan tekuk bambu ke bawah. Ikat dengan salah satu ujung tali, dan gunakan ujung lainnya untuk menahan batang bambu tersebut agar tetap dalam posisi menekuk ke arah tanah. Letakkan wadah penampung di bawah mulut bambu tersebut. Setelah semalam, biasanya sudah ada air yang menetes.

Bagaimana cara mengetahui jika di bagian dalam bambu ada air? Ketuk batangnya berkali-kali di beberapa ruasnya. Jika suaranya terdengar padat dan tidak “kosong”, kemungkinan ada air. Setelah mendapat air dari bambu, pastikan segera meminumnya, karena airnya bersih tetapi cepat basi.

Liana


Liana - Mengetahui Tumbuhan yang Dapat Menghasilkan Air untuk Survival - detik.com

 

Tumbuhan akar liana memiliki cadangan air yang cukup banyak dan bisa disadap, sama seperti pohon pakis. Metodenya juga serupa yaitu dengan cara menggurat bagian atas dan bawah (dekat tanah). Air yang keluar bisa ditampung di botol plastik atau permukaan jas hujan/ponco.

Membawa persediaan air cukup memang penting, tetapi jika keadaan darurat terjadi, survival tips di atas akan membantu Sobat Akasaka mencegah dehidrasi saat berada di alam bebas.




Komentar Artikel "Mengetahui Tumbuhan yang Dapat Menghasilkan Air untuk Survival"