Liburan ke Dieng? Jangan Lupa Cicipin 6 Makanan Khasnya - OFFICIAL AKASAKA ONLINE STORE

Liburan ke Dieng? Jangan Lupa Cicipin 6 Makanan Khasnya

3 bulan yang lalu      NEWS

Berlokasi di wilayah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Dataran Tinggi Dieng menjadi salah satu destinasi wisata yang begitu dikagumi dan diminati oleh para wisatawan, baik lokal maupun wisatawan mancanegara. Pasalnya, tempat ini memiliki pemandangan alam yang apik dan eksotik. Belum lagi dengan bangunan peninggalan bersejarah kerajaan masa lampaunya.

Nah, salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan oleh Sobat Akasaka sat berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng adalah kulinernya. Kuliner Dieng memiliki cita rasa lezat, nikmat dan unik yang tentu saja, sangat sayang jika kamu melewatkan untuk mencicipinya. Apa saja, berikut ulasannya.

 

Tempe Kemul

Tempe Kemul - 1.bp.blogspot

 

Dalam Bahasa Indonesia, “kemul” berarti “selimut”. Jadi, Tempe Kemul berarti tempe yang berselimut. Kuliner Dieng satu ini berupa tempe yang dibalut dengan adonan tepung berbumbu sebelum digoreng, mirip dengan mendoan. Bedanya, gorengan tempe ini ditaburi daun kucai pada adonannya, dan digoreng dengan kering sehingga terasa krispi saat dinikmati.

 

Manisan Carica

Manisan Carica - Pinterest

 

Sobat Akasaka penggemar manisan? Nah, jangan lewatkan manisan satu ini, yaitu manisan carica. Carica sendiri merupakan buah papaya muda yang begitu khas di kawasan Wonosobo, termasuk Dieng. Paduan rasa manis dan asam begitu akan menggoyang lidahmu di setiap suapan. Terlebih jika kuliner Dieng ini disajikan dalam keadaan dingin, pasti kelezatannya makin terasa.

 

Mi Ongklok

Mi Ongklok - candidiengsnack

 

Selanjutnya, ada mi ongklok, sajian berupa mi kuning yang bercampur dengan potongan kol dengan siraman kuah rempah yang kental berwarna kecoklatan. Di beberapa pedagang makanan ini, ada yang menambahkan daun kucai dan potongan tahu untuk menambah kenikmatannya.

 

Keunikan kuliner ini ada pada rasa kuahnya, yang berpadu antara gurih dan cenderung manis. Tekstur kentalnya berasal dari campuran tepung kanji yang diolah dengan sambal kacang. Sajian mi ongklok sangat nikmat jika disantap dengan satai sapi atau ayam dan sangat tepat dinikmati selagi masih panas.

 

Sagon

Sagon - wonosobozone

 

Kuliner Dieng satu ini jangan sampai kamu lewatkan ya, Sobat Akasaka. Sagon menjadi salah satu kuliner tradisional yang begitu diminati di kawasan Dieng. Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung sagu yang dicampur dengan kelapa parut. Sebelum dipanggang, ditaburkan gula pasir di bagian atasnya, sehingga rasa manis dan gurihnya begitu terasa. Sagon amat tepat disajikan selagi hangat bersama dengan teh panas.

 

Opak Singkong

Opak Singkong - Mekarwangi Berdaya

 

Selanjutnya, ada opak singkong. Makanan ini banyak dibeli sebagai buah tangan khas Wonosobo. Terbuat dari singkong yang dihaluskan dan dibentuk bulat, dengan taburan daun kucai agar tampilannya lebih indah dan rasanya menjadi lebih gurih. Opak singkong ini banyak dijual dalam keadaan mentah dan bisa digoreng sendiri dengan mudah. Makanan ini sangat tepat disajikan sebagai kerupuk untuk camilan ringan.

 

Kacang Dieng

Kacang Dieng - lh3.googleusercontent

 

Di wilayah Dieng, kacang ini lebih dikenal dengan nama Kacang Babi. Namun, bukan berarti kuliner Dieng satu ini mengandung babi. Pemberian nama ini didasarkan pada bentuk kacangnya yang besar, berbeda dengan kacang pada umumnya. Rasanya lezat, karena digoreng dengan taburan bumbu. Selain opak singkong, kacang dieng ini juga menjadi kuliner yang banyak dibeli sebagai oleh-oleh.

Itulah tadi kuliner Dieng yang wajib kamu coba saat berkunjung ke dataran tinggi di kawasan Wonosobo ini. Namun, kamu perlu mempersiapkan segala peralatan sebelum memulai perjalanan. Gunakan sepatu gunung dari Akasaka untuk memaksimalkan kenyamanan kakimu saat berjalan. Tak hanya itu, Akasaka juga menyediakan berbagai jenis jaket gunung untuk menunjang kehangatan tubuhmu pada saat cuaca begitu dingin.




Komentar Artikel "Liburan ke Dieng? Jangan Lupa Cicipin 6 Makanan Khasnya"