Ini 5 Tips Jitu Memilih Area untuk Mendirikan Tenda - OFFICIAL AKASAKA ONLINE STORE

Ini 5 Tips Jitu Memilih Area untuk Mendirikan Tenda

2 bulan yang lalu      TIPS & TRICKS

Saat Sobat Akasaka mendaki gunung tentunya membawa perlengkapan tenda, bukan? Apalagi gunung dengan ketinggian di atas 2000 mdpl, tenda sangat dibutuhkan untuk berlindung saat beristirahat dari cuaca ekstrem, hujan, angin hingga serangan serangga dan hewan liar lainnya.

Kenyataanya memilih tempat untuk mendirikan tenda bukanlah hal yang mudah. Selain Sobat Akasaka perlu memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan, masih banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan. Nah, berikut ini tips pendakian jitu untuk memilih area mendirikan tenda di gunung.

 

5 Tips Jitu Memilih Area Mendirikan Tenda

 

  1. Mempertimbangkan Potensi Bahaya di Area Mendirikan Tenda

Sebelum memilih area yang dianggap tepat, sobat harus memperhatikan faktor – faktor yang kemungkinan dapat mengancam keselamatan pendaki. Faktor ini bisa meliputi pohon tumbang, tanah longsor, bebatuan besar, jalur air, dan jalur hewan liar. Oleh karenanya, sebisa mungkin untuk menghindari pohon tua, bukit gundul, serta tanah labil dan basah saat hujan.


Tips pendakian - Ini 5 Tips Jitu Memilih Area  untuk Mendirikan Tenda - hicomsumption.com

 

Apabila memilih area yang dekat dengan jalur air, saat hujan air ini dapat langsung mengarah ke tenda. Jika terpaksa, sobat Akasaka harus membuat galian parit pembuangan air berupa jalan air di sekitar tenda. Sedangkan apabila lokasi tenda berada di dekat jalur hewan seperti babi dan ular lewat, taburkan garam. Jadi intinya saat memilih area mendirikan tenda, jangan hanya mempertimbangkan faktor keindahan saja.

  1. Menghindari Area Puncak Gunung

Selain hanya dapat menampung sedikit tenda, area puncak gunung sangat rawan terpaan badai dan sambaran petir. Kondisi ini tentu membahayakan jiwa para pendaki, selain dapat memengaruhi keawetan dan ketahanan tenda. Di puncak gunung memang tidak terdapat pepohonan yang dapat melindungi tenda dari hantaman badai angin. Di beberapa tempat pendakian gunung, bahkan ditemui larangan mendirikan tenda di area puncak gunung.


Tips pendakian - Ini 5 Tips Jitu Memilih Area  untuk Mendirikan Tenda - outdoorlife.com

 

  1. Memilih Kondisi Lahan Datar

Area yang baik untuk mendirikan tenda adalah tanah yang rata dan tidak miring, tidak banyak bebatuan, kerikil, serta akar pohon. Hal ini untuk menghindari agar bagian bawah tenda tidak rusak, selain mudah menata barang, serta nyaman dan aman untuk tidur. Sobat tidak akan menggelinding saat tidur nyenyak.

  1. Memilih Tempat yang Terlindung dari Hembusan Angin Langsung

Jika area mendirikan tenda mengarah ke arah angin dan terkena hembusan angin kencang secara langsung, bisa membahayakan tenda yang menjadi rusak dan patah. Jadi tips pendakian lainnya adalah sebaiknya Sobat Akasaka dapat memilih area tenda yang membelakangi gunung. Angin di gunung biasanya sering mengarah dari punggung gunung menuju ke bawah. Selain itu pilih area yang tidak jauh dari pepohonan yang masih kuat, dekat semak- semak atau tenda lain.


Tips pendakian - Ini 5 Tips Jitu Memilih Area  untuk Mendirikan Tenda - outdoorlife.com
  1. Memilih Area yang Bukan Jalur Pendakian

Dengan memilih area mendirikan tenda yang tidak berada di jalur pendakian, Sobat Akasaka tidak akan terganggu oleh para pendaki lain yang lewat. Sobat juga akan merasa lebih nyaman bila suasana sekitar tenda tenang dan tidak berisik.

Nah, itulah saran pemilihan area pendirian tenda sebagai bagian dari tips pendakian yang penting bagi Sobat Akasaka. Jangan lupa saat ingin mendaki Gunung, tidak kalah penting untuk menyiapkan perlengkapan mendaki jauh hari. Selamat mendaki!




Komentar Artikel "Ini 5 Tips Jitu Memilih Area untuk Mendirikan Tenda"