Coba Arung Jeram di Sungai Pekalen, Jawa Timur - OFFICIAL AKASAKA ONLINE STORE

Coba Arung Jeram di Sungai Pekalen, Jawa Timur

3 bulan yang lalu      TIPS & TRICKS

Sobat Akasaka, olahraga outdoor tak hanya sekadar hiking atau mendaki gunung, lho. Mungkin, kalau belum pernah, kamu harus mencoba yang satu ini, arung jeram atau yang lebih dikenal dengan istilah rafting.

Arung jeram adalah salah satu jenis olahraga air yang memanfaatkan arus sungai. Olahraga ini menggunakan perahu karet dan dayung. Masing-masing perahu berisi empat hingga enam orang. Arung jeram telah ada di Indonesia sejak tahun 70-an silam, meskipun baru mulai dipopulerkan sepuluh tahun kemudian di wilayah Aceh bagian Tenggara, tepatnya di Sungai Alas. Baru setelahnya, olahraga ini semakin marak dilakukan di Pulau Bali, dan akhirnya mulai berkembang di beberapa wilayah lain di Indonesia.

Tak hanya wisatawan lokal, para pengunjung dari mancanegara pun turut menggemari arung jeram. Pasalnya, selain mampu memicu munculnya adrenalin dengan menebas ombak menggunakan dayung, olahraga ini juga memiliki nilai rekreasi atau sport tourism. Tak heran jika setelah resmi diperkenalkan dan dipopulerkan di Tanah Air, rafting begitu diminati oleh berbagai khalayak.

 

Sungai Pekalen yang Elok dan Eksotis

Sungai Pekalen yang Elok dan Eksotis - traveloby

 

Sungai Pekalen merupakan salah satu tempat paling tepat sebagai arung jeram Jawa Timur jika Soba Akasaka ingin merasakan sensasi serunya mendayung di antara arus sungai. Sungai yang berlokasi di Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Probolinggo, Jawa Timur ini memang memiliki arus yang cukup deras dan menantang, menunggu untuk ditaklukkan.

Tak hanya itu, pemandangan yang disuguhkan oleh Sungai dengan kedalaman mencapai tiga meter ini amat memukau. Suasana alamnya yang masih asri, udaranya yang masih begitu segar, pepohonan hijau, dan beberapa titik air terjun akan menemani Sobat Akasaka sembari mendayung.

 

Picu Adrenalin dengan Mandayung di Sepanjang Sungai Pekalen

Picu Adrenalin dengan Mandayung di Sepanjang Sungai Pekalen - agentwisatabromo

 

Sebagai salah satu lokasi terbaik arung jeram Jawa Timur, Sungai Pekalen memiliki dua jalur yang bisa dipilih, yaitu jalur Pekalen Atas dan Pekalen Bawah. Jika Sobat Akasaka masih pemula, sebaiknya pilih jalur Pekalen Bawah, karena lebih mudah ditaklukkan dibandingkan dengan jalur Pekalen Atas.

Memang, jalur Pekalen Atas akan memberikanmu pemandangan alam yang lebih menakjubkan, salah satunya adalah adanya Air Terjun Gua Kelelawar. Meskipun demikian, jalur ini memiliki panjang sejauh 12 kilometer dari mulai hingga finish, dan kamu membutuhkan waktu kira-kira selama 3,5 jam untuk menyusurinya.

Namun, jika kamu ingin mencoba menaklukkan jalur atas juga tidak masalah, tetapi pastikan kamu didampingi oleh para pelatih yang profesional, ya. Ada kurang lebih 50 jeram yang harus kamu taklukkan di jalur atas ini. Jadi, bersiap dan nikmatilah sambutan dari jeram-jeram ini.

Di sepanjang lokasi arung jeram Jawa Timur ini, kamu akan menemukan banyak penyedia jasa arung jeram. Agar kamu tidak kehabisan tempat, lakukanlah pemesanan beberapa hari sebelum kamu mengunjungi tempat ini. Pastinya, kamu tidak mau pulang dengan tangan hampa setelah menempuh perjalanan jauh, bukan?

 

Tips Sebelum Melakukan Rafting

Tips Sebelum Melakukan Rafting - wisatamalang

 

Nah, satu hal yang perlu kamu Sobat Akasaka perhatikan saat ingin menjajal derasnya arus Sungai Pekalen adalah perbekalan pakaian. Kamu akan menghabiskan waktu dengan bermain air, jadi pastikan kamu membawa persediaan pakaian cadangan yang cukup. Kenakan pakaian berbahan tipis dan nyaman untuk memudahkanmu bergerak. Kamu bisa membeli kaos ini di Akasaka Outdoor. Jangan mengenakan celana jin ya, karena jin terbuat dari bahan yang berat saat terkena air.

Selanjutnya, pastikan tubuhmu dalam kondisi yang fit dan prima ya, karena kamu akan mendayung sekuat tenaga untuk bisa menyusuri derasnya aliran Sungai Pekalen. Oleh karena itu, jangan lupa isi perut dan tidur cukup sebelum memulainya. Kamu juga akan diberikan pelatihan singkat oleh para pelatih sebelum mulai mendayung. Jadi, selamat mencoba!




Komentar Artikel "Coba Arung Jeram di Sungai Pekalen, Jawa Timur"