Cara Merawat Sepatu Gunung agar Awet dan Tidak Mudah Rusak - OFFICIAL AKASAKA ONLINE STORE

Cara Merawat Sepatu Gunung agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

3 bulan yang lalu      NEWS

Sepatu gunung memiliki spesifikasi yang berbeda dengan sepatu yang digunakan untuk ke kantor atau untuk fesyen. Sepatu gunung menggunakan material yang lebih kuat dan bisa tahan dipakai saat mendaki dan terkenai air serta lumpur.

Meski sepatu gunung dikenal lebih awet ketimbang sepatu biasa, produk ini butuh perawatan ekstra dan cukup rumit. Kalau Sobat Akasaka memiliki sepatu gunung yang kerap digunakan untuk petualangan luar ruangan, rawat dengan beberapa cara di bawah ini.

 

Selalu cek sebelum disimpan

Selalu cek sebelum disimpan - Pinterest

 

Sebelum disimpan lagi ke dalam kardus atau lemari, cek terlebih dahulu sepatu gunung yang telah dipakai. Beberapa hal yang harus dicek meliputi ada atau tidaknya kotoran, basah atau kering, dan ada kerusakan atau tidak.

Kalau sepatu masih basah, jangan langsung disimpan. Keringkan dahulu di bawah terik matahari atau diangin-anginkan. Kalau sepatu langsung disimpan saat basah ada kemungkinan ditumbuhi jamur yang bisa merusak sepatu dan menyebarkan penyakit.

Selanjutnya kalau ada kotoran dan banyak, sepatu harus dicuci hingga bersih. Gosok bagian yang kotor dengan air bersih lalu keringkan. Selanjutnya simpan di dalam lemari yang sudah dilengkapi silica gel agar tidak lembap. Teknik ini juga bisa diterapkan pada sepatu gunung yang Anda beli di Akasaka.

 

Bersihkan kotoran di bagian bawah

Bersihkan kotoran di bagian bawah - srmax

 

Apakah mencuci sepatu gunung langsung membuat benda ini bersih? Jawabannya adalah tidak. Ada banyak bagian dari sepatu gunung yang membutuhkan perawatan ekstra. Salah satu bagian yang harus dirawat dan dibersihkan adalah bagian sol bagian bawah. Setelah digunakan untuk mendaki sering ada batu atau lumpur yang menempel dan susah dibersihkan.

Gunakan kayu kecil atau alat seperti tusuk sate untuk membersihkan area itu. Congkel perlahan kotoran yang ada di sana. Bersihkan semuanya dengan air dan gunakan sikat untuk menghilangkan sisa lumpur.

 

Gunakan sabun khusus

Jangan menggunakan detergen atau sabun batangan untuk membersihkan sepatu gunung. Sabun jenis itu akan membuat sepatu jadi rusak. Bahan anti air atau kulit yang digunakan bisa cepat rusak sehingga produk tidak bisa dipakai lagi.

Gunakan sabun khusus yang tidak membuat bahan sepatu jadi rusak. Kamu bisa membelinya di toko saat membeli sepatu atau di toko perlengkapan outdoor. Sabun jenis ini kadang tidak terbuat dari bahan berbahaya dan bisa menjaga keaslian dari produk yang kamu pakai.

 

Selalu cuci manual

Selalu cuci manual - rei

 

Sesudah mengenakan sepatu gunungan jangan mencucinya dengan mesin. Lakukan manual dengan tangan untuk menghindari kerusakan. Mencuci dengan mesin cuci akan membuat bahan sepatu jadi rusak dan aksesorinya rusak. Selain itu, bahan sepatu yang kuat juga bisa merusak mesin cuci.

Lebih baik lepas satu-satu komponen sari sepatu. Lepas talinya perlahan-lahan,  selanjutnya lepas lapisan dalam sepatu yang digunakan untuk alas. Selanjutnya sikat per bagian dari sepatu hingga bersih lalu keringkan.

 

Olesi dengan pelembap

Olesi dengan pelembap - escapeshoes

 

Setelah sepatu yang dicuci kering, rawat bagian luarnya dengan mengoleskan beberapa bahan pelembap khusus kulit. Pengolesan ini dilakukan untuk merawat permukaan kulit supaya tidak pecah dan akhirnya rusak perlahan-lahan.

Selanjutnya masukkan sepatu ke dalam lemari. Jangan masukkan sepatu ke dalam kantong plastik karena bisa apek saat akan dipakai. Setelah sepatu disimpan, secara rutin cek keadaannya, misal seminggu atau dua minggu sekali. Angin-anginkan barang 5-10 menit lalu simpan lagi dalam lemari.

Inilah cara merawat sepatu gunung yang bisa Sobat Akasaka terapkan. Semoga bermanfaat dan bisa dipraktikkan.




Komentar Artikel "Cara Merawat Sepatu Gunung agar Awet dan Tidak Mudah Rusak"