Budidaya Bunga Edelweiss, Upaya Riil Lindungi Bunga Simbol Cinta Abadi - OFFICIAL AKASAKA ONLINE STORE

Budidaya Bunga Edelweiss, Upaya Riil Lindungi Bunga Simbol Cinta Abadi

2 bulan yang lalu      NEWS

Salah satu kode etik dari seorang pecinta alam adalah dengan tidak mengambil apapun kecuali gambar. Hanya saja, kode etik tersebut kerap tercoreng dengan tindakan oknum pendaki yang mengaku sebagai pecinta alam tapi kerap melakukan tindakan yang bertentangan, seperti mencabut bunga edelweiss di atas gunung. Padahal, pemerintah telah secara nyata melarang tindakan ini lewat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem.

Tindakan ini tentu saja sangat menyedihkan. Apalagi, bunga yang kerap disebut sebagai simbol cinta abadi ini merupakan salah satu bunga yang dilindungi oleh aturan perundang-undangan di tanah air dan juga dikenal sebagai bunga yang terancam punah. Selain itu, bunga edelweiss yang ada di Indonesia juga memiliki spesies berbeda dengan edelweiss yang ada di negara lain.

Edelweiss yang tumbuh di Pegunungan Alpen, Swiss memiliki nama latin Leontopodium alpinum. Sementara itu, bunga edelweiss yang ada di Indonesia, terdiri dari 3 spesies, yakni Anaphalis Javanica, Anaphalis longifolia, serta Anaphalis viscida. Terlihat bahwa antara bunga edelweiss di Alpen dengan di Indonesia, memiliki perbedaan genus. Jadi tak heran kalau strukru keduanya jauh berbeda.

 

Cara Budidaya Bunga Edelweiss Sangat Mudah

 

Daripada melakukan tindakan tak terpuji dengan memetik bunga edelweiss di gunung, kenapa tidak mencoba untuk melakukan budidaya bunga edelweiss? Apalagi, proses budidaya bunga abadi ini juga tidak terlalu sulit. Asalkan, sobat Akasaka melakukan proses budidaya di daerah dengan ketinggian paling tidak 1.000 mdpl.

Ada 3 tahapan yang perlu sobat Akasaka lakukan untuk bisa melakukan budidaya bunga edelweiss, yaitu:

  1. Pengeringan

Budidaya bunga edelweiss - Budidaya Bunga Edelweiss, Upaya Riil Lindungi Bunga Simbol Cinta Abadi - id.wikipedia.org

 

Cara budidaya bunga edelweiss dilakukan dengan memilih bunga yang sudah tua untuk menjadi bakal biji. Bunga yang sudah berusia tua bisa diketahui dari kelopaknya yang memiliki warna cokelat. Bunga tersebut kemudian dikeringkan di area yang terpapar sinar matahari.

  1. Penyemaian

Budidaya bunga edelweiss - Budidaya Bunga Edelweiss, Upaya Riil Lindungi Bunga Simbol Cinta Abadi - pixabay.com

 

Penyemaian dilakukan setelah terlebih dahulu memisahkan biji dari bunga. Cara pemisahan dapat dilakukan dengan memasukkan bunga edelweiss kering ke dalam wadah tertutup dan menggoncang-goncangkannya.

Biji yang diperoleh dari pemisahan kemudian dimasukkan pada media tanam yang telah disediakan. Media tanam yang cocok untuk bunga ini adalah tanah berpasir. Setelah ditaruh dalam media tanam, pastikan biji tersebut tidak terpapar sinar matahari secara langsung atau terkena percikan hujan.

  1. Penyapihan

Budidaya bunga edelweiss - Budidaya Bunga Edelweiss, Upaya Riil Lindungi Bunga Simbol Cinta Abadi - flowerian.com

 

Langkah ketiga adalah penyapihan biji bunga edelweiss yang sudah mulai berkecambah, biasanya berlangsung 3 hari setelah penyemaian. Dalam tahapan ini, sobat Akasaka perlu memperhatikan tingkat kelembapan agar tetap dalam kondisi stabil.

Ketika proses penyapihan lancar, maka dalam kurun 3 bulan, bunga ini tumbuh memiliki ketinggian 30 cm. Perlu diingat, dalam upaya budidaya bunga edelweiss ini, sobat Akasaka harus rajin mencabut rumput yang ada di sekitarnya. Hal ini penting karena rumput tersebut bisa mengganggu pertumbuhan bunga.

Karena proses yang dibutuhkan tak terlalu sulit, tidak heran kalau sobat Akasaka bisa menjumpai lokasi budidaya bunga edelweiss di berbagai tempat. Area di sekitar Bromo dan Dataran Tinggi Dieng adalah contoh lokasi budidaya bunga ini. Dampak positif dari budidaya tersebut pun terlihat jelas. Tidak hanya berdampak positif pada lingkungan, tapi juga memberi peran peningkatan ekonomi pada masyarakat sekitar.

Di waktu yang sama, penjualan bunga edelweiss hasil budidaya juga bisa mengurangi kebiasaan buruk para oknum pecinta alam yang terbiasa mencabut bunga edelweiss liar. So, mulai sekarang, stop petik bunga edelweiss di gunung, ya!




Komentar Artikel "Budidaya Bunga Edelweiss, Upaya Riil Lindungi Bunga Simbol Cinta Abadi"