TUJUH JENIS LATIHAN FISIK YANG PENTING DILAKUKAN SEBELUM MENDAKI

Latihan Fisik Sebelum Mendaki

Mendaki gunung termasuk olahraga yang memerlukan fisik dan stamina yang kuat. Medan dan trek-trek terjal dan licin yang harus dilalui untuk mencapai puncak tidaklah mudah. Apalagi ditambah dengan cuaca yang ekstrem.

Melakukan pendakian tanpa persiapan yang matang merupakan hal yang sangat berisiko. Apalagi jika pendakinya adalah seorang pemula. Selain berbagai perlengkapan yang harus dibawa, persiapan yang harus dilakukan adalah latihan fisik.

Pentingnya latihan fisik sebelum mendaki adalah untuk meminimalisasi terjadinya cedera seperti sakit punggung, bahu, sesak napas, keram otot dan paha, paru-paru terbakar, dan masih banyak yang lainnya. Setidaknya dibutuhkan waktu minimal satu bulan untuk menghindari terjadinya cedera-cedera tersebut.

Nah, berikut ini adalah 7 jenis latihan fisik yang sebaiknya Sobat Akasaka lakukan sebelum mendaki.

Joging

Joging

Joging merupakan jenis latihan fisik yang mudah, murah, serta bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Tidak diperlukan alat khusus untuk melakukan latihan fisik ini. Sobat Akasaka bisa memilih tempat yang memiliki tanjakan dan turunan untuk joging.

Joging yang teratur bisa membuat badan jadi sehat dan fit sekaligus memperkuat paru-paru sehingga membantu pernapasan menjadi lebih baik. Dengan melakukan joging secara rutin di tempat-tempat tersebut, kemampuan pernapasan pada saat mendaki di tempat yang lebih tinggi menjadi lebih teratur. Otot-otot kaki yang terbentuk pun lebih kuat dan mantap.

Berenang

Berenang

Berenang secara teratur sebelum mendaki bisa membantu menguatkan otot-otot bagian tangan, punggung, dan kaki. Di samping itu, kemampuan mengolah pernapasan menjadi lebih teratur dan panjang berguna ketika melewati trek-trek yang terjal di ketinggian tertentu.

Bersepeda

Sobat Akasaka, jenis alternatif latihan fisik lain yang bisa dilakukan adalah bersepeda, terutama di jalan yang naik turun. Mengayuh sepeda secara teratur di jalan yang menanjak bisa melatih kekuatan otot paha. Sistem pernapasan pun menjadi lebih baik.

Push-Up dan Back-Up

Push-Up dan Back-Up

Latihan fisik berupa gerakan push-up dan back-up ini sangat praktis, tidak memerlukan biaya mahal, dan bisa dilakukan di rumah kapan saja. Push-up dan back-up sebelum mendaki berguna untuk mengencangkan otot di bagian tangan, lengan, punggung, dan perut.

Latihan ini harus dilakukan secara rutin agar mampu menghadapi medan yang membutuhkan kekuatan tangan dan lengan, seperti memanjat tebing dan mengangkat beban berat carrier selama pendakian. Selain itu, cedera punggung karena membawa beban berat carrier terlalu lama saat mendaki dapat dihindari.

Naik Turun Tangga

Naik Turun Tangga

Sobat Akasaka, trek-trek yang akan dilalui saat mendaki sering kali curam dan licin. Kekuatan kaki seakan diuji staminanya saat melintasi medan tersebut.

Melatih kekuatan kaki bisa dilakukan dengan naik dan turun tangga. Tangga yang naik dan turun dapat dianggap sebagai simulasi tanjakan dan turunan di wilayah pendakian.

Squat Jumps

Squat Jumps

Mendaki gunung membutuhkan kekuatan otot kaki dan paha. Tanjakan yang akan dilalui untuk sampai ke puncak sering kali curam dan berliku. Kekuatan serta daya tahan otot kaki dan paha dapat dilatih dengan melakukan squat jumps. Lakukan secara teratur sebelum mendaki, daya tahan otot kaki dan paha pun tidak perlu diragukan lagi.

Senam

Senam

Selain renang, ternyata gerakan senam sejenis erobik dapat melatih pernapasan—asal dilakukan secara teratur. Gerakan dengan tempo yang cepat dan dengan kekuatan penuh bisa memperlancar masuknya oksigen pada saat bernapas.

Ssaat mendaki, semakin tinggi tempat yang didaki semakin kecil tekanan udaranya sehingga bisa mengakibatkan pendaki kesulitan bernapas. Melakukan gerakan senam yang enerjik akan membantu pernapasan menjadi lebih baik.

Demikian tadi penjelasan mengenai pentingnya latihan fisik sebelum mendaki. Semoga bermanfaat.

Baca Ini Juga Yuk!

7 CARA MENGHANGATKAN TUBUH YANG BENAR SAAT BERADA DI GUNUNG
7 CARA MENGHANGATKAN TUBUH YANG BENAR SAAT BERADA DI GUNUNG
Salah satu masalah terbesar dari pendakian bukanlah medan atau kondisi fisik seseorang saja. Terkadang, beberapa pendaki harus rela sebelum ke puncak karena tidak bisa menghangatkan tubuhnya dengan...
Read More
TIPS MELAKUKAN MANAJEMEN WAKTU PENDAKIAN YANG TEPAT
TIPS MELAKUKAN MANAJEMEN WAKTU PENDAKIAN YANG TEPAT
Melakukan pendakian gunung yang tinggi di Indonesia bukanlah pekerjaan yang mudah. Kita tidak boleh mendaki dengan asal modal nekat saja. Asal kuat berjalan jauh, kita tidak acuh dengan banyak hal ...
Read More
5 CARA MELAKUKAN AKLIMATISASI INSTAN SEBELUM PENDAKIAN
5 CARA MELAKUKAN AKLIMATISASI INSTAN SEBELUM PENDAKIAN
Pendakian yang dilakukan di gunung dan memiliki perbedaan ketinggian dari tempat kita berasal sangat sulit. Kita harus menyesuaikan diri dengan banyak hal mulai dari suhu, tekanan udara, angin, sin...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published