Tips Travelling Murah

Travelling kini menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Bukan hanya wisatawan mancanegara, wisatawan lokal juga semakin antusias memadati destinasi-destinasi pariwisata di Indonesia.

Nah, bepergian ke berbagai tempat untuk menikmati keindahan alam, kekayaan budaya, maupun eksotisme sejarah, bisa dilakukan dalam dua cara. Pertama, konsep travelling dengan bujet yang besar. Kedua, ada pula travelling yang dilakukan secara hemat alias minim bujet.

Sebagian wisatawan memilih travelling hemat supaya biaya yang dikeluarkan lebih terjangkau. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips travelling murah yang bisa Sobat Akasaka terapkan.

 

Jangan lupa untuk membuat itinerary


Travelling hemat - oxfordlearning.com

 

Sebagian traveller lebih senang melakukan perjalanan tanpa rencana. Hal ini bisa saja dilakukan. Namun, pahami terlebih dahulu risiko yang akan dihadapi jika perjalanan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dengan membuat itinerary yang terinci dan jelas, hal-hal yang seharusnya tidak terjadi dapat diminimalisir sehingga bujet tidak membengkak.

 

Pilihlah penginapan yang terjangkau


Travelling hemat - yoshiwafa.com

 

Apa makna travelling? Sebagian orang biasanya menghabiskan waktu untuk menjelajahi berbagai objek wisata yang tersedia di daerah yang dikunjunginya. Oleh karena itu, penginapan biasanya hanya digunakan sebagai tempat untuk beristirahat.

Nah, Sobat Akasaka bisa menghemat bujet dengan kondisi ini. Pilihlah jenis penginapan yang murah, tetapi tetap nyaman. Jika memungkinkan, lakukan sharing anggaran dengan orang yang dipercaya.

Sobat Akasaka juga bisa memilih menggunakan tenda di lokasi-lokasi yang diizinkan untuk berkemah. Sebelumnya, sewalah tenda yang sesuai untuk kebutuhan dan bujet yang dimiliki. Perhatikan pula lokasi yang digunakan, pastikan aman dan sesuai untuk bangunan tenda.

 

Jangan memaksakan diri membeli oleh-oleh


Tavelling hemat - aficionado.com

 

Sejatinya, travelling dilakukan untuk menikmati perjalanan. Namun, ada saja biaya tidak terduga yang harus dikeluarkan. Misalnya, Anda harus membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Ini boleh-boleh saja dilakukan asal ada bujet khusus untuk itu.

Namun, jika ingin travelling hemat, sebaiknya Sobat Akasaka tidak perlu segan jika tidak berniat membawa buah tangan. Cukup ceritakan kisah-kisah perjalanan yang seru itu dan tunjukkan foto-foto menarik yang berhasil ditangkap.

 

Pilih tempat makan yang terjangkau


Travelling hemat - denianggoleta.com

 

Ketika berkunjung ke tempat baru, salah satu hal yang patut diwaspadai adalah harga makanan. Karena pendatang, Sobat Akasaka tentu belum tahu tempat makan yang enak sekaligus memiliki harga yang wajar. Untuk itu, minta informasi ini sebelumnya dari orang-orang yang pernah traveling ke tempat tersebut.

Jika ingin lebih hemat lagi, Sobat Akasaka juga bisa membawa bekal sendiri, baik langsung dimakan maupun untuk dimasak. Namun, tidak perlu membatasi diri untuk tidak berwisata kuliner sama sekali. Pengalaman kuliner justru akan membuat momen travelling Anda menjadi semakin berkesan.

 

Kunjungi tempat wisata yang murah


Travelling hemat - star2.com

 

Jika ingin melakukan perjalanan wisata yang murah, salah satu caranya adalah dengan mengunjungi destinasi yang menerapkan tarif tiket masuk murah maupun tak berbayar. Ada banyak contohnya, yaitu mendaki gunung, mengunjungi objek wisata alam yang belum ramai, mengunjungi museum, dan sebagainya.

Objek-objek wisata ini biasanya hanya mewajibkan pengunjung membayar biaya parkir atau sewa tempat. Tentu saja, harga tersebut jauh lebih murah dibandingkan tarif tiket masuk area permainan eksklusif.

Nah, demikian beberapa tips penting yang perlu Sobat Akasaka perhatikan ketika travelling hemat. Cobalah untuk menikmati situasi apa pun yang dihadapi karena inti travelling adalah menikmati perjalanan. Jadi, selamat berlibur.

Leave a comment

All comments are moderated before being published