Tips One Day Hiking

Mendaki satu hari. Apa yang terlintas dalam pikiran sobat Akasaka saat mendengar kalimat tersebut? Kebanyakan orang akan berkata tidak mungkin, sebagian lainnya kurang begitu yakin padahal sebenarnya mendaki dapat dilakukan dalam waktu satu hari saja.

Nah, bagi sobat Akasaka yang ingin mendaki gunung, tetapi terkendala waktu bisa mencoba pendakian satu hari. Persiapan yang diperlukan pun lebih sederhana daripada mendaki pada umumnya. Agar kegiatan tersebut berjalan lancar, ada sejumlah hal yang wajib sobat Akasaka siapkan, di antaranya sebagai berikut.

 

Tetapkan Tujuan


Tetapkan Tujuan - services.sportourism

 

Tujuan adalah hal paling utama yang perlu untuk sobat Akasaka pikirkan sebelum mendaki. Pilih gunung dengan waktu pendakian yang singat, antara 2 hingga 5 jam. Sebagai contoh, Gunung Papandayan yang terletak di Garut, Jawa Barat bisa didaki dalam waktu 4 jam saja.

Jika sobat Akasaka ingin pendakian yang lebih singkat jadikan Gunung Andong di Yogyakarta sebagai pilihan. Untuk sampai ke puncak, sobat Akasaka hanya memerlukan waktu selama 2 jam. Medannya pun tergolong mudah, cocok untuk pendaki pemula.

Selain Gunung Andong, Gunung Nglanggeran di Gunungkidul dan Gunung Batur di Bali pun bisa didaki selama 1 jam saja.

 

Fisik Kuat

Meskipun hanya pendakian singkat, tetapi sobat Akasaka wajib dalam keadaan sehat. Tubuh yang kurang fit hanya akan menghambat kegiatan mendaki dan menyulitkan rekan lainnya. Sebelum mendaki lakukan pemanasan lebih dulu sekitar sepuluh hingga lima belas menit supaya tubuh tidak kaku dan mengalami kram.

Selain pemanasan, sobat Akasaka pun tidak boleh membiarkan perut dalam keadaan kosong saat mendaki. Tubuh yang kekurangan nutrisi akan membuat sobat Akasaka cepat lelah. Konsumsi makanan bergizi dan multivitamin jika diperlukan.

 

Pakaian


Pakaian - zettamedia

 

Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat dan nyaman dikenakan. Siapkan juga baju hangat, sweater, atau jaket untuk menghalau udara dingin. Selain itu, sobat Akasaka pun wajib menggunakan sepatu atau sandal khusus untuk mendaki gunung.

 

Peralatan

Mendaki satu hari bukan berarti sobat Akasaka mengabaikan peralatan wajib saat pendakian berlangsung, seperti peta, kompas, senter, pakaian tambahan, peluit, pisau, tambang, pemantik api, identitas diri, radio 2 arah, dan kotak P3K.

Peralatan tersebut sangat penting untuk membantu sobat Akasaka di saat genting. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, sobat Akasasa tidak perlu panik karena tersedia alat yang bisa digunakan untuk melakukan pertolongan pertama.

 

Makanan


Makanan - tipscaralangsing

 

Bawalah bekal makanan untuk satu hari. Namun, hindari makanan yang mudah basi. Sobat Akasaka bisa membawa roti gandum, selai, susu, jahe, makanan ringan, ataupun mie seduh. Selain makanan, siapkan minuman yang cukup karena mendaki mengeluarkan banyak tenaga.

 

Hindari Barang Berat

Untuk menghemat tenaga, hindari membawa barang berat yang tidak diperlukan, seperti peralatan masak, kompor, atau kasur lipat. Sobat Akasaka hanya melakukan pendakian singkat sehingga tidak perlu membawa peralatan layaknya akan mendaki selama berhari-hari. Kalaupun sobat Akasaka membutuhkan air panas, bawalah termos berukuran kecil yang ringan.

 

Teman


Teman - jalan2kejepang

 

Mendaki sendiri memang asyik, tetapi akan lebih menyenangkan lagi jika melakukan pendakian bersama teman. Sobat Akasaka bisa berbincang selama mendaki, tidak merasa sepi, dan lebih tenang karena jika terjadi sesuatu ada orang lain yang bisa dimintai pertolongan.

Nah, itulah sejumlah tips mendaki satu hari yang bisa sobat Akasaka terapkan. Jangan lupa untuk mengutamakan keselamatan selama pendakian berlangsung. Pakailah alas kaki yang tidak hanya memberikan kenyamanan, tetapi juga tangguh. Sandal Akasaka adalah pilihan terbaik.

 

Sandal Akasaka dirancang khusus untuk jiwa petualang. Desainnya modern, warna menarik, kokoh, dan awet. Harganya pun bersahabat. Jadikan sandal Akasaka sebagai teman untuk bertualang. Yuk, pesan sekarang juga!

Leave a comment

All comments are moderated before being published