Tips Memilih Tenda untuk Berkemah

Saat berkemah di alam terbuka, ketahanan dan keamanan tenda adalah hal yang penting. Tenda yang digunakan harus bisa menjadi tempat beristirahat sekaligus tempat berlindung. Maka dari itu, sebelum berangkat berkemah, sebaiknya Sobat Akasaka memilih tenda camping yang tepat.

 

Bahan Harus Tahan Air dan Udara


Tenda camping - shutterstock.com

 

Apakah Sobat Akasaka mau berkemah di pantai, atau gunung? Di mana pun lokasi camping, tenda harus bisa melindungi dari hujan dan angin terutama pada malam hari yang cenderung berudara dingin. Pilih tenda camping yang berbahan nilon karena bahan ini memiliki kemampuan untuk menahan air dan udara untuk masuk ke dalam tenda.

Kepadatan serat nilon dihitung dengan satuan Denier yaitu kepadatan serat nilon per 9.000 meter kain nilon. Ada tenda yang tersedia dalam tebal 420D, 600D, atau bahkan 1050D. Semakin besar angkanya, semakin kuat dan semakin berat kain nilon yang digunakan pada tenda.

 

Pilih Ukuran yang Sesuai


Tenda camping - phinemo.com

 

Selalu pilih satu ukuran di atas jumlah orang yang akan mengisi tenda. Sebagai contoh, jika tenda akan diisi oleh 2 orang, pilihlah tenda yang berkapasitas 3 atau 4 orang. Sobat Akasaka akan membutuhkan ruang untuk menyimpan tas dan pergerakan selama tidur. Jadi, lebih baik pilih yang sedikit lebih besar daripada kenyamanan terganggu karena tenda terasa sempit.

Selain itu, jangan pilih tenda yang terlalu tinggi. Normalnya, tinggi tenda adalah 40 inci atau sekitar 1 meter. Ingat, semakin tinggi tenda, semakin rentan pula ia tertiup angin. Tenda yang lebih rendah akan tahan terhadap tiupan angin malam.

 

Wajib Memiliki Flysheet


Tenda camping - tutugon.com

 

Fungsi flysheet adalah untuk menahan kondensasi dan mencegahnya terjadi di dalam tenda. Flysheet memberikan tenda perlindungan lebih terhadap cuaca serta membuat udara di dalam tenda jadi lebih hangat. Kalau Sobat Akasaka berencana untuk camping di gunung, flysheet wajib memiliki fitur yang kuat dan aerodinamis.

Selain itu, flysheet sebaiknya terbentang hingga hampir menyentuh tanah. Jika hanya berada di bagian atas tenda, flysheet malah akan membuat tenda mudah terbawa angin jika cuaca sedang buruk. Beberapa tenda memiliki flysheet yang tersambung dengan bagian utama tenda, namun ada juga flysheet yang harus dipasang secara terpisah.

Jarak ideal antara atap tenda dan flysheet adalah antara 10 dan 20 cm. Dengan begitu, uap panas dari tubuh bisa keluar, udara dingin tidak masuk ke dalam tenda, dan bagian dalam tenda bisa cukup hangat untuk tidur.

 

Jahitan Wajib Memiliki Seal

Pada saat membeli tenda camping, bentangkan tenda dan teliti setiap bagiannya. Perhatikan sambungan dan jahitan yang ada di dalam dan luar tenda. Pastikan semua sambungan tersebut memiliki seal yang terbuat dari karet atau plastik. Jahitan yang baik akan memastikan udara dingin dan air hujan tidak masuk ke dalam tenda pada saat Sobat Akasaka berkemah.

 

Pilih Lantai dengan Model Bathtub


Tenda camping - funhob.wordpress.com

 

Model bathtub maksudnya lantai tenda camping menyentuh tanah namun keempat ujungnya terangkat beberapa sentimeter dari tanah sehingga menyerupai kantong. Ini agar air tidak masuk dari arah bawah tenda serta membuat tenda lebih aman dari gangguan hewan dan serangga yang hidup di tanah.

 

Pertimbangkan Berat Tenda saat Dilipat   


Tenda camping - berolahragalagi.blogspot.com

 

Banyak jenis dan merek tenda berbeda untuk medan yang berbeda. Untuk menentukannya, Sobat Akasaka harus menganalisis terlebih dahulu tujuan dan kondisi lokasi kemah yang akan didatangi. Jadi, tenda camping bisa dipilih sesuai dengan kondisi tersebut.

Entah itu membeli atau menyewa, memilih tenda camping yang tepat untuk berkemah akan memberikan pengalaman terbaik di alam terbuka untuk Sobat Akasaka dan rombongan.

Leave a comment

All comments are moderated before being published