TIPS MEMILIH MAKANAN YANG AMAN DIKONSUMSI KETIKA SURVIVAL DI HUTAN

Tips Memilih Makanan Di Hutan

Ketersediaan makanan adalah bagian penting dari keberlangsungan hidup pada kondisi survival. Di Hutan, tentu saja ada banyak sumber makanan yang bisa dikonsumsi. Akan tetapi untuk menghindari risiko yang tidak diharapkan, tentu saja dibutuhkan pengetahuan bagaiaman memilih makanan di hutan yang layak dan aman untuk dikonsumsi.

Beberapa Tips Aman Memilih Makanan yang Dapat Dikonsumsi Ketika Survival di Hutan

Menjelajahi alam adalah adalah kegiatan yang menyenangkan. Namun, melakukan hal tersebut harus disertai dengan informasi dan pengalaman yang tepat sehingga perjalanan lancar dan selamat sampai di tujuan. Nah, apabila dalam perjalanan ada yang kejadian yang tidak diinginkan, misalnya tersesat di tengah hutan, apa yang harus dilakukan?

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mencari tempat berlindung. Selanjutnya, menemukan stok makanan untuk bertahan hidup hingga regu penolong datang. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika memilih makanan di hutan.

Pilihlah Jenis Tumbuhan yang Dimakan oleh Kera atau Monyet

Pohon Pisang

Tumbuhan atau tanaman yang dimakan kera atau monyet biasanya aman juga untuk perut manusia. Hal ini disebabkan oleh sistem pencernaan kera atau monyet tidak jauh berbeda dengan manusia.

Untuk itu, cobalah jeli melihat sekeliling untuk menemukan tumbuhan yang menjadi favorit para satwa ini. Selain mengkonsumsi buah-buahan hutan, monyet juga biasanya mengkonsumsi dedaunan. Kamu dapat memperhatikannya dengan cermat.

Memilih Makanan yang Biasa Dikonsumsi

Memilih Makanan Yang Bisa Di Konsumsi

Ada banyak tumbuhan di hutan yang sebenarnya biasa dikonsumsi sehari-hari. Tanaman-tanaman ini bisa menjadi penyelamat ketika Anda sedang berada dalam kondisi tersesat dan jumlah logistik semakin berkurang.

Beberapa di antaranya adalah buah-buahan seperti pisang atau daun-daunan seperti pakis. Ada pula batang tanaman yang bisa dikonsumsi, seperti bambu atau rotan. Selain itu, Sobat Akasaka juga bisa mengonsumsi umbi tanaman, seperti ubi atau talas.

Hindari Tumbuhan Berbau dan Bergetah

Hindari Tumbuhan Berbau Dan Bergetah

Kriteria lain makanan yang boleh dikonsumsi adalah tidak mengandung bau yang tidak sedap. Biasanya, jenis tumbuhan ini tidak bagus untuk pencernaan dan dapat menimbulkan sakit atau keracunan. Selain itu, tanaman yang bergetah juga sebaiknya tidak dikonsumsi demi kenyamanan perut Anda.

Lakukan Pengujian Bahan Makanan

Pengujian Bahan Makanan

Setelah menemukan jenis makanan yang kira-kira bisa dikonsumsi, sebelumnya lakukan pengujian bahan makanan. Sobat Akasaka bisa mengoleskan bahan makanan tersebut pada tangan, muka, bibir, dan lidah. Lalu, tunggulah hingga 5-10 menit kemudian.

Jika tidak merasakan hal yang aneh seperti rasa gatal, panas, pusing, iritasi, mual, dan adanya bercak, makanan tersebut bisa dikonsumsi. Sebaliknya, jika makanan membuat Anda merasakan salah satu dari efek tersebut, lebih baik mencari alternatif bahan makanan lainnya.

Carilah Makanan yang Mengandung Air

Cari Makanan Mengandung Air

Di tengah hutan, air merupakan salah satu bahan yang susah-susah gampang untuk didapatkan. Apabila persediaan air yang dibawa habis atau menipis, saatnya menemukan sumber air untuk mencegah dehidrasi. Sobat Akasaka juga dapat mencegah dehidrasi dengan makan jenis makanan yang mengandung banyak air, seperti belimbing.

Sumber air darurat lainnya bisa didapatkan dengan membungkus batang yang memiliki sejumlah daun dengan kantong plastik. Setelah beberapa jam, daun-daun tersebut akan berkeringat dan air tersebut bisa diminum untuk meredakan haus.

Cari Ikan atau Binatang Air

Cari Ikan Atau Binatang Air

Jika Anda berhasil menemukan sumber air, cobalah untuk mencari hewan seperti ikan yang bisa dimakan. Ada pula jenis lain seperti udang, belut, kodok, dan sebagainya. Untuk mendapatkannya, Sobat Akasaka bisa menggunakan alat yang sederhana, seperti jaring dari kain.

Nah, jika menemukan bahan makanan di hutan, usahakan untuk selalu memasaknya terlebih dahulu. Memanaskan sesuatu dengan api mendidih selama beberapa menit akan membuat parasit dan bakteri mati. Ini akan mengurangi risiko negatif yang harus ditanggung.

Oya, sebagai tips tambahan yang bisa kamu lakukan ketika mengalami di hutan adalah dengan memastikan diri kamu tetap hangat dan kering. Jaket dari Akasaka Outdoor dapat menjadi pilihan bijak untuk hal ini. Silahkan klik disini saja, ya, untuk mendapatkan beberapa rekomendasi jaket outdoor terbaik untuk bertualang di hutan.

Nah, itu adalah beberapa tips penting untuk mencari makanan ketika tersesat di tengah hutan. Yang pasti bertualanglah selalu dengan persiapan yang baik agar terhindar dari berbagai bahaya yang tidak diinginkan.

Semoga bermanfaat.

Baca Ini Juga Yuk!

5 PERALATAN MENDAKI GUNUNG YANG WAJIB DIBAWA UNTUK PENDAKI PEMULA
5 PERALATAN MENDAKI GUNUNG YANG WAJIB DIBAWA UNTUK PENDAKI PEMULA
Peralatan mendaki gunung adalah unsur paling penting untuk dipersiapkan dalam sebuah rencana pendakian gunung. Ada banyak ragam perlengkapan yang digunakan untuk aktivitas mountaineering. Namun di ...
Read More
7 HAL PENTING YANG HARUS DILAKUKAN OLEH PARA PENDAKI GUNUNG PEMULA
7 HAL PENTING YANG HARUS DILAKUKAN OLEH PARA PENDAKI GUNUNG PEMULA
Mengibaratkan aktivitas pendakian gunung dengan keberangkatan ke medan perang, mungkin terdengar berlebihan. Namun, pada kenyataannya, kedua hal ini memiliki banyak kesamaan. Keduanya harus dilakuk...
Read More
5 TIPS MEMILIH BAHAN PAKAIAN UNTUK WANITA HIJAB SAAT MENDAKI
5 TIPS MEMILIH BAHAN PAKAIAN UNTUK WANITA HIJAB SAAT MENDAKI
Wanita berhijab perlu menyiapkan banyak hal sebelum mendaki, salah satunya pakaian. Tidak hanya tampak stylish ketika dikenakan, pakaian juga harus terasa nyaman dan aman. Sebagai acuan, berikut in...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published