TIPS MEMBELI SANDAL GUNUNG UNTUK PERLINDUNGAN KAKI MAKSIMAL

Sandal Gunung Akasaka

Siapa bilang bertualang di alam selalu mengharuskan sepatu? Sandal outdoor sering menjadi pilihan untuk kegiatan yang membutuhkan kelincahan dan kemudahan melangkah. Sobat Akasaka bisa menggunakan sandal untuk pendakian ringan, mengayuh kayak, arung jeram, dan trekking. Jika kamu menjelajahi area dengan medan relatif mudah dan tidak dingin, sandal adalah pilihan tepat.

Aktivitas di luar ruangan tentu membutuhkan sandal berkualitas. Berikut beberapa tips untuk memilih produk terbaik, agar kakimu nyaman dan terlindungi.

Tipe dan Karakteristik Sandal Outdoor

Karakteristik Sandal Outdoor

Secara umum, sandal outdoor terbagi menjadi dua, yaitu sandal model terbuka dan tertutup. Masing-masing memiliki karakteristik yang bisa kamu sesuaikan dengan kegiatanmu.

  • Sandal terbuka (open design)

Sandal model terbuka memiliki desain minimalis yang ringan, tetapi tetap dengan tali pengaman di sekitar tumit. Sandal ini ringan, memberi banyak ruang gerak untuk kaki, dan mudah disimpan di dalam tas ransel. Sandal ini juga cepat kering setelah dibawa menyeberangi sungai atau menginjak genangan air. Beberapa jenis sandal bahkan bisa dipakai berenang.

Sandal terbuka cocok untuk pendakian ringan atau penjelajahan hutan yang medannya tidak terlalu berat. Kamu juga bisa membawa sandal ini untuk menjelajahi rute yang ringan, bergantian dengan sepatu bot untuk rute berat. Tetapi, model seperti ini juga rawan, karena jari atau kukumu bisa cedera jika salah melangkah.

  • Sandal tertutup (closed design)

Sandal model tertutup memiliki pelindung tambahan di depan jari-jemari, dan biasanya memiliki tali-tali yang lebih lebar. Jika kamu harus menjelajahi jalur jalan kaki yang cukup sulit, atau menyeberangi sungai berbatu-batu, sandal ini akan melindungi jarimu dengan lebih baik.

Sayangnya, sandal ini cenderung lebih rapuh dibandingkan model terbuka. Karena memiliki banyak ornamen, jahitan, dan rincian desain yang lebih banyak, sandal ini justru bisa cepat rusak dibandingkan model sederhana yang tidak banyak memiliki “titik lemah”. Sandal ini cocok untuk fungsi perlindungan yang lebih spesifik, seperti memancing atau arung jeram.

Setelah menyesuaikan jenis sandal dengan kegiatan favoritmu, pastikan mengecek seluruh bagian sandal untuk menentukan kualitasnya.

Kriteria Penting dalam Memilih Sandal

Kriteria Memilih Sandal Gunung

Kamu bisa menemukan banyak pilihan sandal berkualitas untuk kegiatan di luar ruangan, misalnya Akasaka. Tetapi, saat memilih alas kaki, pastikan kamu tetap memeriksa semua kriteria penting ini:

  • Sol yang menunjang dengan baik

Sandal gunung sebaiknya memiliki sol dengan bantalan empuk, bagian bawah yang mencengkeram kuat, serta desain yang agak melengkung (arched) untuk menopang kaki di tanah yang tidak rata.

  • Bahan kuat dan tahan benturan

Kualitas bahan yang kuat penting untuk meredam benturan akibat tanah yang tidak rata serta medan keras. Sandal berbahan etilen vinil asetat, misalnya, memiliki daya tahan cukup kuat terhadap benturan. Kamu juga bisa memilih produk dengan busa pelapis di bagian dalam sol.

  • Model yang pas di kaki

Sandal yang terlalu ketat akan terasa tidak nyaman, dan yang longgar berpotensi membuatmu cedera. Pastikan kamu sudah tahu ukuran kakimu sebelum membeli sandal (terutama jika kamu belanja lewat internet). Belilah sandal dengan tali pengikat yang panjangnya bisa disesuaikan, dan siapkan kaus kaki jika perlu.

  • Kedap air

Sandal biasanya tidak 100 persen kedap air, tetapi memilih model dengan tingkat kedap air agak tinggi bisa membantumu merasa nyaman. Kamu bisa memilih produk dari bahan sintetis dengan sol karet berkualitas.

Akhirnya, jangan lupa memilih merk sandal terbaik sebagai referensi belanja. Akasaka menawarkan berbagai jenis sandal outdoor berkualitas yang cocok untuk menemani aktivitas petualanganmu.

Baca Ini Juga Yuk!

5 TIPS AGAR TERHINDAR DARI DEHIDRASI SAAT MENDAKI
5 TIPS AGAR TERHINDAR DARI DEHIDRASI SAAT MENDAKI
Apakah Sobat Akasaka pernah kehilangan konsentrasi saat mendaki? Hati-hati; hilang konsentrasi merupakan salah satu tanda dehidrasi. Dampak yang lebih berbahaya, dehidrasi menyebabkan cepat lelah d...
Read More
TEKNIK WALL CLIMBING DASAR UNTUK PEMULA
TEKNIK WALL CLIMBING DASAR UNTUK PEMULA
Wall climbing alias panjat tebing tergolong salah satu olahraga ekstrem yang digemari banyak pencinta alam. Tak sekadar indoor climbing, banyak pemanjat yang juga tertarik untuk menggapai puncak-pu...
Read More
6 TIPS AMAN MENDAKI GUNUNG UNTUK WANITA
6 TIPS AMAN MENDAKI GUNUNG UNTUK WANITA
Mendaki untuk wanita itu gampang-gampang susah. Simak tips berikut agar pendakianmu tetap aman. Mendaki adalah aktivitas yang tak hanya digemari laki-laki, tapi juga kaum hawa. Berbeda dengan trave...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published