Tips Hiking Untuk Pemula

Di samping menyenangkan, mendaki gunung juga merupakan aktivitas yang menantang. Hal ini berlaku bagi siapa saja, termasuk pendaki berpengalaman sekalipun. Untuk itu, bagi pendaki pemula, ada banyak informasi dan tips yang perlu diketahui agar pengalaman pertama menaklukkan ketinggian dapat dinikmati semaksimal mungkin.

Selalu ada yang pertama untuk sesuatu, pun demikian dengan mendaki gunung. Sejak beberapa tahun terakhir, aktivitas yang sebelumnya kerap dipandang sebelah mata ini justru menjadi sangat populer. Berduyun-duyun individu yang sama sekali awam dengan kegiatan ini turut mencoba dan justru ketagihan.

Namun, untuk mendapatkan feel sesungguhnya dari mendaki bukannya tanpa persiapan. Tanpa perencanaan yang matang, pendakian justru hanya akan menjadi pengalaman yang kurang berkesan. Karena itu, bagi Sobat Akasaka yang akan mendaki untuk kali pertama, berikut panduan hiking mulai dari alat mendaki hingga persiapan fisik yang harus dilakukan.

 

Mulai dari yang Tidak Terlalu Tinggi


Tips hiking pemula - mountvermenchamber.com

 

Sebagai pemanasan, jangan mengambil jalur pendakian yang terlalu menantang hanya lantaran mengejar gengsi. Mendaki gunung tidak dapat disamakan dengan perjalanan biasa. Sobat Akasaka bisa memulai dengan hiking di gunung-gunung yang tidak terlalu tinggi tetapi tetap memiliki panorama yang tak kalah menakjubkan.

Cobalah untuk memilih gunung dengan ketinggian yang berada di sekitar 1.500 mdpl dan jalur pendakian mudah. Beberapa contoh gunung yang paling populer untuk pendaki pemula antara lain Gunung Penanggungan dan Gunung Prau.

 

Membawa Perlengkapan Mendaki


Tips hiking pemula - guidetogreenland.com

 

Bawalah alat mendaki yang lengkap sesuai kebutuhan. Sekalipun mendaki beramai-ramai bersama teman, tetapi jangan mengandalkan kepunyaan orang lain. Sedia perlengkapan mendaki pribadi semaksimal mungkin seperti sleeping bag dan lampu senter.

Sobat Akasaka pun sebenarnya tidak harus membeli semuanya, terutama jika masih baru akan menjajal gunung. Pinjamlah pada teman-teman penggemar mendaki yang ada di komunitas atau menyewa di berbagai rental pendakian yang kini banyak tersedia.

 

Sedia Konsumsi Tinggi Gula dan Obat-Obatan


Tips hikimg pemula - theadventurejunkies.com

 

Oleh karena mendaki membutuhkan energi yang banyak, Sobat Akasaka akan membutuhkan asupan yang tinggi gula untuk cepat mengembalikan stamina. Siapkan bekal pendukung ini sesuai dengan estimasi lama perjalanan. Tak lupa, jangan pernah membuang sampahnya sembarangan.

Di samping itu, pastikan Sobat Akasaka juga membawa obat-obatan pribadi sesuai riwayat kesehatan. Beberapa obat pendukung lain juga mungkin dibutuhkan sebagai antisipasi kondisi yang mungkin terjadi selama pendakian.

 

Pergi Bersama Teman yang Berpengalaman


Tips hiking pemula - visitgreenland.com

 

Jangan sekali-kali mendaki apalagi untuk yang pertama kali hanya seorang diri. Selengkap apa pun perlengkapan dan sebaik apa pun persiapan yang dilakoni, gunung bukanlah hal yang mudah untuk ditaklukkan. Ada banyak hal-hal yang dapat terjadi selama mendaki dan mengakibatkan kondisi fatal.

Untuk itu, dibutuhkan pengalaman untuk dapat memahami hal-hal ini dan mampu untuk survive hingga mencapai puncak dan kembali. Pergilah bersama teman-teman yang telah berpengalaman dalam mendaki gunung. Mereka dapat memberikan instruksi soal apa yang harus dilakukan jika berada dalam kondisi tertentu di tengah-tengah pendakian.

 

Olahraga Lebih Intens


Tips hiking pemula - hiconsumption.com

 

Bila pendaki berpengalaman pun tetap harus menjaga kebugaran dengan rutin melakukan olahraga, apalagi bagi para pemula. Bila Sobat Akasaka sangat jarang melakukan aktivitas fisik untuk menjaga stamina, paling tidak intenslah melakukan persiapan selama satu bulan sebelum pendakian.

Medan gunung yang berat juga tidaklah mulus. Di samping jalur yang menanjak, permukaan berpasir dan berbatu juga akan menjadi tantangan tersendiri yang mensyaratkan fokus, keseimbangan, dan daya tahan fisik.

 

Jangan Memaksakan Diri


Tips hiking pemula - blueskytours.com

 

Sobat Aksaka memang memerlukan ketahanan fisik yang cukup tinggi, tetapi jangan sampai memaksakan diri. Beristirahatlah jika mulai merasa kelelahan tanpa mengeluh. Jangan gengsi untuk meminta teman atau rombongan berhenti sejenak untuk mengembalikan stamina.

Mendaki gunung pun tidak perlu dilakukan secara terburu-buru. Setiap pendaki berpengalaman juga tahu bahwa memaksakan perjalanan dalam kondisi yang tidak fit hanya akan menimbulkan masalah kesehatan yang berdampak fatal.

Nah, itulah beberapa tips bagi Sobat Aksaka yang ingin mencoba pendakian untuk kali pertama. Tak hanya soal alat mendaki, beragam persiapan lain juga ternyata dibutuhkan untuk mencapai puncak dengan optimal.

Selamat mencoba!

Leave a comment

All comments are moderated before being published