7 TIPS HIKING BERSAMA SI KECIL YANG AMAN DAN TETAP MENYENANGKAN

Hiking Membawa Anak Kecil

Selama ini aktivitas hiking selalu identik dengan sesuatu yang sulit. Akhirnya, aktivitas ini hanya diperuntukkan pada mereka yang sudah dewasa. Hiking pada anak-anak jarang dilakukan meski aktivitas ini bisa dicobakan juga untuk mereka.

Tips Hiking dan Mendaki Gunung Bersama Si Kecil yang Aman dan Menyenangkan

Kalau kamu memiliki anak yang menyukai aktivitas luar ruangan dan kuat secara fisik, kenapa tidak diajak hiking saja? Toh, dengan hiking sejak dini mereka akan terbiasa melakukannya saat dewasa nantinya.

Nah, berikut beberapa tips hiking dengan anak yang bisa kamu terapkan kalau ingin mengenalkan buah hati dengan penjelajahan yang menguras tenaga  tetapi seru, seperti hiking dan mendaki gunung.

Pilih Lintasan yang Tepat

Pilih Lintasan Yang Tepat Jika Hiking Membawa Anak

Meski anak suka dengan kegiatan outdoor, kamu tidak bisa langsung mengajak mereka untuk menjelajahi lintasan yang berat. Coba pilih lokasi yang tepat dan tidak terlalu panjang, yang terpenting ada tanjakan, turunan, dan cukup menguras adrenalin.

Setelah anak terbiasa, kamu bisa meningkatkan kesulitan lintasan. Mungkin setelah mereka kelas menginjak SMP atau SMA bisa diajak mendaki ke lintasan yang lebih menantang seperti gunung.

Siapkan Fisik Anak

Siapkan Fisik Anak Sebelum Hiking

Sesehat-sehatnya fisik anak, pasti masih kalah dengan orang dewasa. Setidaknya beberapa minggu sebelum hiking lakukan olahraga secara rutin. Setiap pagi atau sore ajak anak untuk jalan kaki atau berlari kecil di lapangan. Aktivitas ini akan meningkatkan kemampuan kardiovaskular mereka.

Beri Penjelasan Terkait Hiking

Beri Penjelasan Terhadap Anak Mengenai Hiking 

Melakukan penjelajahan dengan hiking tidak semata berjalan dan melewati medan yang terhampar di depan. Lebih dari itu, ada beberapa teknik yang harus diketahui anak. Misal tidak boleh terlalu banyak minum, tidak boleh membawa banyak barang yang tidak perlu, dan selalu waspada dengan banyak hal.

Anak harus diberi tahu juga untuk selalu menaati ucapan orang tua. Dengan begitu, saat hiking dilakukan semua akan berjalan lancar dan anak bisa menikmatinya tanpa ada risiko terjadi kecelakaan atau hal buruk lainnya.

Berhenti di Banyak Titik

Berhenti Di Banyak Titik

Stamina anak akan menurun seiring dengan berjalannya waktu. Agar mereka bisa tahan sampai tujuan, berhentilah sejenak di titik-titik yang aman. Di tempat pemberhentian ini Anda bisa minum atau makan sesuatu untuk mengisi tenaga.

Tawari anak untuk beristirahat kalau mereka terlihat capai. Kalau mereka menolaknya karena masih kuat, lanjutkan perjalanan. Intinya perhatikan kekuatan fisik anak.

Buat Anak Selalu Gembira

Buat anak selalu gembira dengan mengajak mereka mengobrol sembari menikmati alam. Terkadang, anak jadi tidak kuat berjalan bukan karena mereka lelah, tapi bosan dengan apa yang dilakukan selama melakukan penjelajahan.

Ajaklah anak bernyanyi laku kesukaannya. Ambil foto mereka saat sedang berjalan. Minta mereka ambil foto alam yang menurutnya indah. Hal-hal semacam ini bisa mengalihkan rasa lelah.

Berangkat Lebih Pagi

Berangkat Lebih Pagi

Alasan berangkat lebih pagi saat hiking adalah untuk menghindari panas. Saat pagi udara masih sejuk dan pemandangan indah. Lakukan hiking dengan durasi 30-60 menit saja lalu kembali lagi dan pulang ke rumah.

Selain dapat terhindar dari terik matahari, hiking lebih pagi juga akan memberikan kesempatan kepada anak untuk menyaksikan keindahan pagi hari di alam bebas. Rumput yang masih basah dan burung yang bernyanyi akan memperindah perjalanan hiking yang dilakukan.

Menggunakan Perlengkapan yang Tepat

Pakaian yang dikenakan di rumah dan yang dikenakan saat hiking tentu saja berbeda. Pakaian harus tahan dengan panas dan dingin. Selain itu tas gunung, sepatu, atau sandal gunung juga membutuhkan desain khusus agar tidak rusak saat dipakai.

Untuk sandal, rekomendasi terbaik untuk kamu gunakan tentu saja adalah sandal gunung terbaik Akasaka. Dengan desain yang beraneka ragam, ukuran yang lengkap, serta kualitas yang sangat dijamin tangguh, sandal gunung Akasaka akan menjadi teman yang sempurna bagi si Kecil melangkah di alam bebas.

Nah, itulah 7 tips mendaki gunung bersama si Kecil yang aman dan menyenangkan. Buat kamu yang berencana liburan bersama di kecil dengan hiking atau mendaki gunung, semoga bermanfaat, ya!

Leave a comment

All comments are moderated before being published