TIPS HIKING SATU HARI UNTUK MANFAATKAN FLASH HOLIDAY

Tips Hiking 1 Hari

Flash holiday adalah istilah untuk hari libur singkat yang biasanya terjadi pada beberapa kali dalam satu tahun kalender. Karena singkat, beberapa orang merasa ragu untuk menggunakan flash holiday untuk mendaki gunung. Namun sebenarnya, ada lho tips hiking satu hari guna memanfaatkan flash holiday dengan optimal.

Beberapa Tips Hiking Satu Hari Untuk Memanfaatkan Flash holiday

Mendapati adanya satu tanggal merah atau hari libur di antara hari kerja alias “hari kejepit” atau flash holiday memang terkadang tidak menyenangkan. Sobat Akasaka pasti tidak bisa mengagendakan liburan menuju destinasi yang jauh, karena hanya akan menghabiskan waktu dan tenaga. Alhasil, hari libur kejepit selalu dihabiskan untuk bermalas-malasan tanpa melakukan aktivitas yang berarti.

Namun, menjaga kesehatan tubuh itu penting. Oleh karenanya, coba Sobat Akasaka memanfaatkan flash holiday atau liburan singkat dengan mendaki. Apakah bisa? Tentu saja bisa, asalkan Sobat Akasaka mengikuti tips pendakian sehari berikut ini:

Pastikan Kondisi Fisik Kuat dan Prima

Kondisi Fisik Kuat Dan Prima

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memulai pendakian adalah kondisi fisik. Mendaki menjadi aktivitas yang sangat berisiko, oleh karena itu pastikan tubuh Sobat Akasaka berada dalam kondisi fit dan prima.

Jika Sobat Akasaka terlalu lelah karena kurang istirahat atau memang sedang sakit, sebaiknya hindari melakukan hiking atau pendakian meski hanya sehari, karena akan membuat kondisi tubuh semakin tidak sehat. Selain itu, mendaki dalam keadaan tubuh yang kurang sehat akan sangat berbahaya.

Tentukan Tujuan

Tentukan Tujuan

Meski hanya satu hari, mendaki atau hiking tetap harus memiliki tujuan. Tujuan di sini adalah lokasi yang Sobat Akasaka pilih. Nah, agar tidak membuang terlalu banyak waktu dan tenaga, sebaiknya pilih lokasi hiking yang tidak terlalu jauh dengan tempat tinggal.

Selain itu, usahakan pilih lokasi yang tidak memakan waktu lama untuk mendakinya, ya. Pasti Sobat Akasaka ingin mendaki hingga puncak, bukan? Nah, gunung yang terlalu tinggi akan membuat Sobat Akasaka lebih lama untuk mencapai puncaknya. Jadi, carilah lokasi yang dekat dan tidak terlalu tinggi.

Peralatan yang Harus Dibawa

Peralatan Yang Harus Di Bawa

Tips pendakian sehari selanjutnya yang harus Sobat Akasaka perhatikan adalah peralatan yang harus dibawa. Meski hanya sehari, mendaki tetap membutuhkan peralatan penunjang, terlebih yang berhubungan dengan keselamatan. Jangan mendaki tanpa bekal peralatan karena hanya meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan saat pendakian.

Pastikan Sobat Akasaka membawa peralatan medis atau P3K, pisau tambang, radio dua arah, senter, peta, kompas, peluit, dan pemantik api. Jangan lupa juga selalu bawa kartu identitas diri untuk berjaga-jaga apabila Sobat Akasaka membutuhkan bantuan saat sedang mendaki.

Jangan Membawa Barang yang Berat

Tidak Membawa Barang Yang Berat

Pendakian satu hari tentu tidak membutuhkan banyak barang, sehingga sebaiknya Sobat Akasaka tidak membawa tenda, kasur lipat, kompor, atau peralatan masak lainnya.

Selain karena waktu yang terbatas, barang-barang tersebut hanya akan membuat Sobat Akasaka kehabisan tenaga, apalagi jika semua barang tadi ternyata tidak diperlukan. Membawanya tentu akan menjadi hal yang sia-sia.

Perbekalan

Perbekalan

Persiapan lain yang tak kalah pentingnya adalah perbekalan, baik makanan atau minuman. Bawalah bekal makanan yang cukup untuk perjalanan satu hari, tetapi bukan makanan yang cepat basi, ya.

Beberapa bekal makanan yang bisa dibawa seperti susu, minuman, mi instan siap seduh, susu, atau roti. Sementara itu, untuk perbekalan minuman, bawalah air mineral secukupnya dan sebuah termos air panas untuk kebutuhan minuman atau makanan seduh.

Oya supaya flash holiday mendaki Sobat Akasaka lebih berwarna, gunakan termos Thea PremiumTumblr dari Akasaka Outdoor, ya. Selain dapat menjaga air yang Sobat tetap panas, botol mimum pendaki satu ini juga memiliki desain yang super keren untuk petualangan.

Nah, itu adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk hiking pada flash holiday. Tetap jaga stamina dan prioritaskan keselamatan selama bertualang Sobat, ya!

Leave a comment

All comments are moderated before being published