TIPS BELAJAR ORIENTEERING UNTUK PEMULA

Tips Belajar Orienteering

Orienteering tak hanya adu cepat dan tepat dalam membaca peta untuk dapat menyelesaikan tantangan dalam waktu yang sudah ditentukan. Orienteering pun bukan sekadar kompetisi berburu “harta karun”.

Kompetisi orienteering merupakan perpaduan olahraga atletik, strategi, dan ketangkasan dalam membaca kondisi medan serta menggunakan peta dan kompas sebagai alat navigasi untuk memenangkan pertandingan. Peserta orienteering membutuhkan kondisi fisik dan mental yang prima agar dapat berpikir jernih dalam menentukan rute paling tepat di medan asing.

Orienteering bahkan bisa jadi kegiatan yang menarik bagi pencinta kegiatan outdoor untuk menantang nyali sekaligus mengasah kemampuan fisik dan mental. Tentu tampaknya menarik bukan membayangkan bagaimana kegiatan orienteering ini? Namun, ada beberapa tips yang perlu dipahami pemula dalam mempelajari orienteering seperti:

Mengenal perlengkapan yang dibutuhkan dalam orienteering

Perlengkapan Yang Di Butuhkan Saat Orienteering

Setelah memahami definisi umum tentang orienteering, kini saatnya Sobat Akasaka mencari tahu alat apa saja yang dibutuhkan saat “bertanding” di lapangan. Peta dan kompas adalah dua benda utama dalam kegiatan orienteering. Berbeda dari peta pada umumnya, peta orienteering berisi medan wilayah orienteering yang dilengkapi simbol-simbol khusus dan control point yang wajib dikunjungi peserta.

Selain peta dan kompas, perlengkapan lain seperi sepatu dan kostum juga tak kalah pentingnya. Peserta dianjurkan mengenakan sepatu dan atribut yang sesuai dengan medan tempur. Karena orienteering di Indonesia umumnya diadakan di wilayah hutan dan pegunungan, sepatu gunung atau sepatu lari dan kaus lengan panjang tampaknya menjadi busana wajib yang harus dikenakan peserta.

Mengikuti pelatihan orienteering dasar

Mengikuti Pelatihan Orienteering Dasar

Agar dapat mengikuti kompetisi orienteering, Sobat Akasaka perlu mempelajari bagaimana cara membaca peta orienteering dengan jeli. Sobat Akasaka dapat mengikuti pelatihan orienteering dasar yang banyak diadakan komunitas pencinta alam atau Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI). Dalam pelatihan tersebut, Sobat Akasaka tidak hanya akan diajari cara membaca peta orienteering. Ilmu lainnya seperti teknik navigasi, control site, dan teknik menentukan rute pun akan turut diperkenalkan pada program tersebut.

Menyelaraskan peta, kompas, dan medan sekitar

Menyelaraskan Peta,Map, Dan Medan Sekitar Saat Orienteering

Kompas tentu selalu mengarah ke utara, tapi Sobat Akasaka juga perlu memastikan bahwa peta pun selalu menunjuk arah tersebut agar sesuai dengan medan aslinya. Contohnya, jika Sobat Akasaka berada di hutan dan mencari arah utara, cobalah untuk jabarkan peta agar didapat petunjuk arah ke utara. Sebaliknya, jika berbalik dan menghadap arah selatan, Sobat Akasaka juga harus membalik peta agar patokan arah selalu presisi.

Tandai tempat yang tengah dikunjungi

Tandai Tempat Yang Tengah Di Kunjungi

Teknik ini diterapkan untuk memastikan Sobat Akasaka tetap berada pada rute yang seharusnya. Sembari berjalan, gerakkan pula jari telunjuk di daerah yang ditunjukkan oleh peta agar Sobat Akasaka dapat mengenali berapa jauh rute yang dilalui.

Hitung langkah kaki

Hitung Langkah Kaki

Menghitung langkah kaki dapat membantu Sobat Akasaka mengetahui jumlah jarak yang sudah ditempuh. Untuk menggunakan teknik ini, Sobat Akasaka sebelumnya harus sudah mengetahui berapa langkah kaki yang dibutuhkan untuk menempuh jarak 100 meter. Dari situ, Sobat Akasaka dapat menggunakan patokan jumlah langkah kaki per 100 meter untuk menghitung jarak tempuh saat orienteering.

Itulah beberapa tips yang dapat diterapkan Sobat Akasaka saat mempelajari orienteering. Sobat Akasaka dapat bergabung dengan klub orienteering untuk belajar lebih lanjut serta mendengarkan pengalaman dari para ahli. Dengan bergabung di klub orienteering, Sobat Akasaka dapat berkenalan dengan orang-orang yang sudah ahli di bidangnya sekaligus menyerap ilmu dan pengalaman dari para pakar tersebut.

Jangan ragu untuk selalu mempercayakan kebutuhan kegiatan outdoor Sobat Akasaka semua pada Akasaka Outdoor. Akasaka Outdoor menyajikan aneka sandal gunung dan busana kegiatan luar ruangan yang dibuat dari material berkualitas dan teknologi modern. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai petualangan Sobat Akasaka sekarang juga!

 

Leave a comment

All comments are moderated before being published