5 HAL YANG HARUS DIKETAHUI TENTANG ZERO WASTE DALAM MENDAKI GUNUNG

Zero Waste Saat Mendaki

Sobat Akasaka tentunya masih ingat dengan fenomena tumpukan sampah di area pegunungan, bukan? Pemandangan tumpukan sampah mendaki di pegunungan tersebut sempat viral di media massa. Pendakian yang jauh dari penerapan zero waste seperti ini tentu saja mengundang keprihatinan para pemerhati lingkungan dan pecinta alam.

Nah sekarang, apa sih yang dimaksud dengan zero waste itu? Lantas mengapa pula prinsip zero waste sangat ditekankan untuk diterapkan dalam pendakian gunung Indonesia? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Zero waste Serta Berbagai Teknik Penerapannya Dalam Dunia Pendakian Gunung Indonesia

Secara sederhana, zero waste dapat diartikan sebagai sebuah penerapan gaya hidup bersih dan tanpa sampah. Namun dalam pengertian yang lebih kompleks, zero waste dalam dunia pendakian dapat pula dikaitkan dengan prinsip leave no trace. Dan leave no trace sendiri adalah sebuah prinsip pendakian yang seharusnya dipraktikkan oleh setiap orang, dimana saja mereka berada.

Lalu, apa sih sebenarnya pengertian dari zero waste itu sendiri? Berikut uraiannya;

Apa yang Dimaksud Zero Waste

Zero Waste

Zero waste artinya usaha untuk mengurangi penggunaan plastik sebagai kemasan makanan mau pun minuman. Prinsip pendakian zero waste sendiri bertujuan untuk meminimalisasi potensi menumpuknya sampah bekas kemasan makanan yang ditinggalkan pendaki di area pegunungan.

Menumpuknya bekas kemasan makanan dan minuman di gunung tidak hanya merusak asrinya pemandangan alam sekitar. Sampah mendaki yang didominasi plastik dan kertas juga biasanya terbilang cukup sulit untuk didaur ulang secara alami. Butuh ratusan tahun bagi satu botol plastik agar dapat terurai dengan sempurna.

Yang lebih penting, prinsip zero waste ini tidak melulu berurusan dengan pengurangan sampah mendaki. Usaha pelestarian alam pegunungan seperti penanaman pohon serta penerapan hukuman bagi para pendaki nakal juga merupakan perwujudan dari kampanye zero waste

Bagaimana Cara Menerapkan Zero waste Saat Mendaki?

Cara Menerapkan Zero Waste

Menerapkan zero waste lifestyle saat mendaki gunung sebenarnya tidak sulit. Sobat Akasaka bisa langsung memulainya pada pendakian berikutnya, dengan 4 cara berikut ini:

  • Bawa Peralatan Makan dan Masak Sendiri dari Rumah

Karena tidak mau repot, banyak pendaki yang membawa gelas dari bekas kemasan air mineral atau piring dari styrofoam untuk alas makanan. Memang terkesan praktis, tapi Sobat Akasaka tentu bisa membayangkan sendiri betapa banyaknya sampah yang disebabkan kemasan sekali pakai tersebut.

Untuk menyiasatinya, Sobat Akasaka bisa membawa peralatan makan dan masak dari rumah. Untuk peralatan masak, Sobat Akasaka dapat berbagi tugas dengan rekan satu kelompok.

Alih-alih memakai peralatan makan sekali pakai, Sobat Akasaka bisa membawa masing-masing satu buah piring dan gelas plastik. Lebih bagus lagi jika membawa botol minum atau tumblr sendiri.

  • Kurangi Makanan Siap Saji
Kurangi Makanan Siap Saji

Demi kemudahan, para pendaki biasanya membawa bekal makanan siap saji seperti mie instan, atau makanan kalengan. Padahal, kebiasaan tersebut sangat berpotensi meninggalkan penumpukan sampah di area gunung, kecuali jika pendaki bersedia membawa pulang sampah-sampah tersebut.

Untuk mengatasinya, Sobat Akasaka dapat membeli bahan-bahan makanan seperti sayur-mayur, sosis, atau buah-buahan di pasar tradisional terdekat sebelum memulai pendakian. Bijak dalam memilih makanan sebagai bekal logistik dalam pendakian adalah bagian dari pengertian zero waste food.

Selama di gunung, Sobat Akasaka dapat memasak sendiri bahan-bahan tersebut bersama teman-teman satu kelompok. Selain lebih ramah lingkungan, masak bersama teman sependakian juga dapat meningkatkan keakraban sekaligus menciptakan pengalaman berkesan selama mendaki.

  • Ubah Cara Packing Basah
Ubah Cara Packing Basah

Biasanya pendaki menyiapkan kantong plastik ekstra untuk melindungi barang bawaannya agar tidak basah jika terkena hujan. Satu kantong plastik umumnya digunakan untuk satu jenis barang. Jadi, semakin banyak barang yang dibawa, semakin banyak pula kantong plastik yang diperlukan.

Daripada repot seperti ini, lebih baik bawa satu kantong plastik besar atau polybag yang dapat digunakan untuk melapisi tas carrier saat mendaki. Selain dapat mengurangi jumlah penggunaan plastik, teknik juga akan membuat proses pendakian menjadi lebih efisien.

  • Belajar Teknik Kompos

Jika Sobat Akasaka banyak berbekal barang-barang organik, maka wajib hukumnya belajar teknik mengompos agar tidak perlu membawa pulang sampah organik dari bahan makanan.

Caranya mudah, kok. Cukup buat lubang di dekat tempat kemah yang jauh dari jalan setapak, lalu kubur sampah-sampah organik tersebut agar dapat diurai secara alami dan berguna sebagai kompos bagi tumbuhan di sekitarnya.

Sebagai tambahan saran terkait dengan makanan selama pendakian, Sobat Akasaka sebaiknya membekali diri dengan botol air minum atau tumblr yang reuseable dengan ukuran yang cukup besar. Nah botol air minum mendaki gunung dari Akasaka yang satu ini sangat cocok untuk Sobat gunakan. Selain kapasisasnya cukup besar, desain dan warnanya juga sangat outdoor lifestyle.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Sobat Akasaka ketahui tentang zero waste dalam dunia pendakian gunung terkait dengan makanan. Yuk, terapkan zero waste saat mendaki agar kebersihan alam tetap terjaga.

 

Baca Ini Juga Yuk!

SPESIFIKASI SANDAL GUNUNG TERBAIK DAN TIPS DALAM MEMILIHNYA
SPESIFIKASI SANDAL GUNUNG TERBAIK DAN TIPS DALAM MEMILIHNYA
Kenyamanan alas kaki dalam berkegiatan di alam bebas, tentu saja membutuhkan dukungan sandal gunung terbaik atau sepatu dengan kualifikasi yang paling memadai. Hal ini sama sekali bukan tentang har...
Read More
5 PERALATAN MENDAKI GUNUNG YANG WAJIB DIBAWA UNTUK PENDAKI PEMULA
5 PERALATAN MENDAKI GUNUNG YANG WAJIB DIBAWA UNTUK PENDAKI PEMULA
Peralatan mendaki gunung adalah unsur paling penting untuk dipersiapkan dalam sebuah rencana pendakian gunung. Ada banyak ragam perlengkapan yang digunakan untuk aktivitas mountaineering. Namun di ...
Read More
7 HAL PENTING YANG HARUS DILAKUKAN OLEH PARA PENDAKI GUNUNG PEMULA
7 HAL PENTING YANG HARUS DILAKUKAN OLEH PARA PENDAKI GUNUNG PEMULA
Mengibaratkan aktivitas pendakian gunung dengan keberangkatan ke medan perang, mungkin terdengar berlebihan. Namun, pada kenyataannya, kedua hal ini memiliki banyak kesamaan. Keduanya harus dilakuk...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published