TEKNIK CAVING BAGI PEMULA

Teknik Caving

Caving merupakan kegiatan susur gua yang biasanya dilakukan oleh para pecinta alam. Selain membutuhkan kondisi fisik yang fit dan sehat, Anda juga membutuhkan beberapa pengetahuan terkait teknik menyusuri gua yang tepat. Karena meskipun kelihatannya mudah, menyusuri gua tidak bisa dilakukan sembarangan.

Meskipun begitu, semua orang bisa mempelajari teknik ini. Nah, jika Anda seorang pecinta alam yang ingin belajar teknik caving. Berikut merupakan beberapa hal yang bisa dipelajari sebelum memulai petualangan pertama menyusuri gua-gua keren di Indonesia, di antaranya:

Kenali dulu struktur gua

Kenali Struktur Goa Sebelum Caving

Sebelum melakukan caving, pastikan Anda mengenal atau mengetahui struktur gua. Apakah gua yang akan disusuri termasuk horizontal atau vertikal. Hal ini sangat penting karena struktur gua terkait dengan peralatan yang akan dibawa. Untuk gua horizontal biasanya kita membutuhkan helm, caving sling, cover all, dan caving pack sack.

Sedangkan untuk gua vertikal, Anda membutuhkan peralatan yang dapat membantu untuk naik, turun, dan penunjang lainnya. Untuk naik biasanya kita membutuhkan foot loop jammer dan chest jammer. Sedangkan saat turun kita membutuhkan bobin descender, rack, dan auto stop descender. Untuk penunjang, peralatan yang harus dibawa biasanya berupa pengaman untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pelajari teknik susur dasar

Pelajari Teknik Susur Dasar

Meskipun idealnya untuk menyusuri sebuah gua diperlukan postur tubuh yang kecil, tetapi hal tersebut tidak selalu terjamin. Pada dasarnya yang dibutuhkan dalam caving adalh tubuh yang sehat, fleksibel, dan mampu menghadapi segala sesuatu. Panik adalah hal yang harus dihindari bagi Anda yang ingin melakukan caving.

Karena disadari atau tidak, tempat gelap dan sempit seringkali memicu adrenalin yang membuat kita mudah panik. Bersikap tenang merupakan hal terpenting saat kita menyusuri gua. Selain hal yang telah disebutkan sebelumnya, ada teknik lain yang harus kita pahami dan kuasai.

Jika menyusuri gua horizontal, pastikan kondisi lutut dan siku tangan optimal karena kita akan senantiasa membutuhkan mereka untuk membungkuk, merayap, tengkurap, dan telentang. Anda juga membutuhkan kemampuan menyelam dan berenang ketika menyusuri gua horizontal yang biasanya berisiko terendam air atau banjir.

Sedangkan saat menyusuri gua vertikal, yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk menyeimbangkan berat badan dan keterampilan menggunakan tali. Karena biasanya saat menyusuri gua vertikal, teknik caving yang dibutuhkan adalah SRT atau single rope technique (teknik tali tunggal).

Lakukan Pemetaan

Lakukan Pemetaan Ketika Caving

Bagi para caver (penyusur gua), melakukan pemetaan merupakan sebuah keharusan. Pemetaan merupakan kegiatan yang bersifat perekaman dan pendokumentasian kondisi gua secara menyeluruh. Hal ini diharuskan mengingat salah satu tujuan utama caving adalah untuk mengenali struktur dan kondisi asli sebuah gua.

Inilah mengapa selain peralatang caving, kita juga wajib membawa alat-alat lain untuk mendukomentasikan setiap sudut gua. Pemetaan memiliki kaitan yang erat dengan teknik caving karena sebuah peta dapat menentukan teknik apa yang harus digunakan caver selanjutnya saat akan menyusuri gua.

Inilah mengapa saat melakukan pemetaan, pastikan kita menyajikan data yang akurat. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan peralatan yang memadai dan sedikit pengetahuan tentang gua.

Lakukan Penelusuran dengan Caver Berpengalaman

Lakukan Penelusuran Dengan Caver Berpengalaman

Selain mempelajari beberapa teknik caving dasar, pastikan saat menjelajahi gua Anda didampingi oleh penelusur berpengalaman. Selain karena mereka memiliki jam terbang yang tinggi, caver berpengalaman biasanya juga tahu apa saja yang harus dilakukan saat bertemu dengan situasi yang membahayakan. Tanpa pendampingan caver yang ahli, risiko untuk mengalami kecelakaan cenderung beberapa kali lebih tinggi dibanding jika kita didampingi.

Bahaya memang bisa datang saja tanpa kita rencanakan. Meskipun begitu kita tetap harus waspada dan mempersiapkan semua hal secara matang. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi bermanfaat untuk Anda. Selamat bertualang dan menjelajahi gua-gua Indonesia yang menawan.

Baca Ini Juga Yuk!

7 CARA MENGHANGATKAN TUBUH YANG BENAR SAAT BERADA DI GUNUNG
7 CARA MENGHANGATKAN TUBUH YANG BENAR SAAT BERADA DI GUNUNG
Salah satu masalah terbesar dari pendakian bukanlah medan atau kondisi fisik seseorang saja. Terkadang, beberapa pendaki harus rela sebelum ke puncak karena tidak bisa menghangatkan tubuhnya dengan...
Read More
TIPS MELAKUKAN MANAJEMEN WAKTU PENDAKIAN YANG TEPAT
TIPS MELAKUKAN MANAJEMEN WAKTU PENDAKIAN YANG TEPAT
Melakukan pendakian gunung yang tinggi di Indonesia bukanlah pekerjaan yang mudah. Kita tidak boleh mendaki dengan asal modal nekat saja. Asal kuat berjalan jauh, kita tidak acuh dengan banyak hal ...
Read More
5 CARA MELAKUKAN AKLIMATISASI INSTAN SEBELUM PENDAKIAN
5 CARA MELAKUKAN AKLIMATISASI INSTAN SEBELUM PENDAKIAN
Pendakian yang dilakukan di gunung dan memiliki perbedaan ketinggian dari tempat kita berasal sangat sulit. Kita harus menyesuaikan diri dengan banyak hal mulai dari suhu, tekanan udara, angin, sin...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published