SPESIFIKASI SANDAL GUNUNG TERBAIK DAN TIPS DALAM MEMILIHNYA

Kenyamanan alas kaki dalam berkegiatan di alam bebas, tentu saja membutuhkan dukungan sandal gunung terbaik atau sepatu dengan kualifikasi yang paling memadai. Hal ini sama sekali bukan tentang harganya yang mahal atau mereknya yang terkenal. Akan tetapi kualifikasi terbaik yang dimaksud adalah, bagaimana alas kaki tersebut mampu memberikan kenyamanan yang maksimal saat digunakan dalam berkegiatan di alam bebas.

Di Indonesia sendiri, ada banyak produsen sandal gunung yang produknya sudah beredar luas di masyarakat. Akan tetapi, yang kerap kali ditanyakan adalah; Bagaimana memilih yang terbaik di antara mereka? Atau bagaimana memilih spesifikasi terbaik dari sebuah sandal gunung?

Nah, jika itu adalah salah satu pertanyaan anda juga, penjelasan lengkap berikut mungkin akan bermanfaat pula buat anda.

Mengenal Spesifikasi Sandal Gunung Terbaik dan Berbagai Tips Penting Dalam Memilihnya

sandal gunung terbaik

Sandal outdoor atau yang lebih akrab dengan sebutan sandal gunung di Indonesia, adalah sebuah sandal yang didesain sedemikian rupa dengan tujuan memberikan kenyamanan, kekuatan dan juga perlindungan pada kaki ketika dikenakan di alam bebas. Sandal gunung memiliki banyak model dan bentuk, namun secara umum dapat dikatakan bahwa kombinasi straps webbing dan rubber outsole adalah yang paling banyak diaplikasikan.

Dengan spesifikasi penggunaannya pada medan-medan yang beragam, kenyamanan dan kekuatan menjadi dua faktor utama bagi sebuah sandal gunung. Sandal gunung atau sandal outdoor haruslah sangat nyaman digunakan pada medan apa pun yang dilalui. Dan hal ini tentu saja membutuhkan  sebuah sandal dengan kualifikasi yang sangat sempurna.

Lantas apa saja spesifikasi sebuah sandal gunung kualitas terbaik yang bisa dijadikan faktor penting dalam memilihnya? Berikut adalah beberapa diantaranya;

Memiliki Anatomi yang Sempurna

Dalam beberapa pembahasan secara mendetail, ada yang membagi anatomi sebuah sandal itu menjadi lebih dari 12 item. Namun secara sederhana untuk sebuah outdoor sandals, dapat dibagi dalam lima komponen paling fundamental. Komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut;

Rubber Outsole

Ini adalah bagian paling utama dari sebuah sandal gunung atau sandal outdoor secara umum. Bahkan sandal gunung paling murah pun, atau setidaknya sandal yang didesain seperti sandal gunung pun, akan mendadopsi rubber outsole sebagai materialnya.

Lalu apakah yang dimaksud dengan rubber outsole itu? Rubber outsole adalah tapak utama sandal yang bersentuhan langsung dengan permukaan medan jelajah. Penggunaan rubber atau karet yang solid dan tangguh adalah unsur pertama yang harus diperhatikan dari sebuah sandal gunung.

Namun yang menjadi permasalahan kemudian adalah, tidak semua material rubber yang menjadi outsole sandal memiliki kekuatan yang baik. Banyak kasus yang membuktikan bahwa material rubber kualitas rendah bukan saja terasa sangat kaku sangat digunakan, namun lebih daripada itu, juga mudah aus atau mengalami penipisan dalam waktu yang relatif singkat.

Mid Sole

Bagian kedua terpenting dari sebuah anatomi sandal gunung adalah mid sole (midsole), atau pengertian sederhananya adalah tapak tengah yang berada di antara rubber outsole dan insole (tapak bagian dalam yang bersentuhan langsung dengan telapak kaki).

Mid sole pada sandal gunung memiliki fungsi utama sebagai suspensi atau peredam kejut dari semua pergerakan yang menapak di atas bermacam medan yang dilalui. Midsole dari sebuah sepatu sandal gunung terbaik jenis apa pun, haruslah mampu memberikan kenyamanan yang maksimal baik pada medan berbatu, berpasir, berlumpur atau pun yang lainnya.

Insole

Anatomi ketiga dari sebuah sandal gunung atau sandal outdoor adalah insole. Insole adalah lapisan tapak sandal gunung yang bersentuhan langsung dengan telapak kaki penggunanya. Karena bersentuhan langsung dengan telapak kaki, maka faktor utama yang menjadi penunjang bagian ini tentu saja adalah kenyamanan.

Insole untuk sebuah sandal gunung, haruslah dapat memenuhi unsur kenyamanan, lembut, tidak membuat cidera, dan juga anti-slip atau tidak licin. Sandal gunung dengan insole yang baik akan membuat penggunannya merasa tetap fleksibel meskipun dalam penggunaan waktu yang lama.

Strap Webbing atau Polyester

sandal gunung terbaik

Bagian selanjutnya dari sebuah sandal outdoor adalah strap atau tali yang menjadi pengikat antara badan sandal dengan kaki yang menggunakannya. Strap menjadi salah satu bagian sandal yang paling krusial karena bersentuhan langsung pada punggung dan juga sisi-sisi kaki. Material strap yang kasar dan pola yang tidak tepat tentu saja dapat menyebabkan lecet dan cidera.

Strap dalam teknologi sandal gunung memiliki banyak macam dan ragamnya. Namun dilihat dari bagian paling esensinya, strap atau tali pada sandal gunung terdiri dari 3 bagian yakni; tali depan yang mengunci badan kaki bagian depan dan jari-jari, tali bagian tengah yang mengunci punggung kaki dan, tali bagian belakang yang berguna untuk mengunci bagian tumit.

Pada umumnya sandal gunung terbaik di Indonesia, apa pun merknya, sudah mengadopsi teknik desain strap seperti ini. Namun sekali lagi yang membedakan tentu saja juga adalah material, kekuatan desain, dan juga ketahanannya di lapangan.

Buckle Pengunci dan Penghubung Strap

Key buckle atau buckle pengunci adalah bagian lain yang juga perannya cukup penting dari sebuah sandal outdoor atau sandal gunung. Beberapa pembeli mungkin tidak terlalu memperhatikan detail ini saat mereka membeli sebuah sandal gunung karena bentuknya yang kecil dan terlihat kurang fungsional. Akan tetapi pada implementasinya, buckle pengunci atau pun buckle strap penghubung adalah bagian sangat penting dari anatomi sandal gunung secara keseluruhan.

Ada sandal gunung yang memiliki motif dan desain menarik, lem perekat sol yang solid, namun ketika ditopang dengan buckle penghubung tali yang tidak tepat, maka kesempurnaannya akan terganggu. Jika pun buckle sandal tidak cepat rusak, maka kombinasinya akan menyebabkan kaki mengalami lecet, cidera , atau bahkan letih yang lebih signifikan.

Memiliki Desain yang Komprehensif

Setelah anatomi yang lengkap, bagian kedua dari spesifikasi sandal gunung terbaik yang dapat diperhatikan adalah desainnya yang komprehensif. Yang dimaksud komprehensif disini adalah desainnya mampu memenuhi unsur-unsur penopang yang paling diperlukan. Misalnya terdapat sol yang sempurna (midsole – insole – rubber sole), juga penempatan strap tali yang lengkap (depan – tengah - belakang).

Memiliki Adjustment Untuk Setiap Strap

Sandal gunung yang baik adalah sandal gunung yang dapat diperkecil dan diperbesar (adjust) strap-nya sesuai dengan kebutuhan. Pada umumnya semua sandal gunung mengadopsi teknologi velcro dalam hal strap adjustment. Namun demikian, ada pula kemudian sandal gunung yang tidak menggunakan velcro, namun material lain yang fungsinya juga untuk adjustment.

Menggunakan Material Unggulan dan Paling Memenuhi Standar

sandal gunung terbaik

Bagian ini menjadi menarik karena merupakan perluasan dari penggunaan istilah yang terbaik untuk sebuah sandal gunung. Akan tetapi jika mengacu pada pengertian sandal gunung atau sandal outdoor semata, penggunaan material apa pun kelasnya tidak dapat mempengaruhi pengertian produknya secara intrinsik.

Namun pengklasifikasian pada bagian ini, didasarkan pula pada kelas sandal gunung yang didapatkan berdasarkan material bahan bakunya. Maka penggunaan material terbaik berupa rubber sole, midsole, insole, strap dan juga buckle tentu saja harus mendapatkan perhatian yang paling baik.

Bahkan tidak hanya itu saja, penggunaan material berupa lem perekat pada tapak, benang jahit pada strap, juga harus menggunakan material unggulan yang memenuhi standar.

Dapat Dipergunakan Untuk Semua Kegiatan Luar Ruang

Sandal gunung yang baik haruslah yang dapat digunakan untuk melibas semua medan apa pun. Hal ini sama artinya dengan sandal tersebut dapat digunakan untuk apa pun aktivitas outdoor yang dilakukan.

Dari kegiatan hiking (berjalan mendaki gunung), scrambling (memanjat tebing yang tidak begitu sulit), Boating (kayak, arung jeram), fishing (memancing, menjala, berlayar), dan lain sebagainya. Untuk semua jenis kegiatan petualangan seperti ini, sandal gunung dengan kualitas terbaik sudah seharusnya dapat mengakomodasi semuanya.

Tips Memilih Sandal Gunung Terbaik

sandal gunung terbaik

Setelah mengenal spesifikasi sandal gunung terbaik dan juga beberapa anatominya yang paling penting, sekarang bagaimana menemukannya di pasaran? Apakah kemudian ada tips-tips khusus yang bisa dilakukan supaya dapat memperoleh sebuah sandal gunung atau sandal outdoor yang terbaik?

Sebenarnya ada cukup banyak tips yang sering dikemukakan dalam memilih sandal gunung dengan kualitas yang paling baik. Namun tips yang paling penting setidaknya ada lima poin, yaitu;

Pilih Berdasarkan Kegunaan Utamanya

Meskipun sandal outdoor dibuat untuk berbagai aktivitas petualangan secara luas, namun tentu ada pula yang dibuat secara khusus untuk bidang tertentu. Nah, pada tahap ini anda bisa memilih sandal gunung berdasarkan fungsional utamanya nanti. Apakah untuk mendaki gunung? Berjalan di pantai berpasir? Berkayak di perairan sungai? Ataukah mungkin hanya untuk keseharian saja di sekitar rumah?

Sandal outdoor sendiri pada hakikatnya dapat pula dibedakan berdasarkan tiga karakteristik utama medan pemakaiannya. Tiga karakteristik tersebut adalah sebagai berikut;

  • Sandal Gunung untuk Olahraga Air (Water sport sandals)

Sandal ini dibuat dengan spesifikasi untuk aktivitas olahraga di air. Termasuk dalam hal ini misalnya untuk aktivitas di pantai, di water boom, atau bahkan wilayah rawa-rawa untuk kegiatan memancing. Ciri paling umum dari tipe sandal water sport adalah menggunakan material yang quickdry atau cepat kering.

  • Sandal Gunung untuk Pantai (Beach Sandals)

sandal gunung terbaik

Tipe ini dibuat dengan material yang lebih ringan dan biasanya memiliki teknologi water resistant. Selain itu karena penggunaannya di wilayah air dengan kadar garam yang cukup tinggi, maka lem perekat sol sandal pun harus kuat dan solid dalam waktu yang lama.

  • Sandal Gunung untuk Atletik (athletic sandals)

Untuk anda yang mencari sandal dengan berbagai kepentingan dan aktivitas, sandal gunung jenis atletik adalah yang paling disarankan. Dari sisi bobot, sandal model ini lebih ringan sehingga dapat digunakan untuk bermacam aktivitas umum seperti hiking, berlari, atau bahkan juga mendaki gunung.

Pilih Sandal yang Menggunakan Adjustment Strap

Adjustment strap adalah hal kedua yang harus menjadi perhatian dalam tips memilih sandal gunung terbaik. Dengan adanya adjustment strap yang membuat ukuran tali sandal dapat disesuaikan dengan kebutuhan, maka efektivitas pemakaian dan kenyamanannya pun menjadi lebih terjamin.

Untuk medan yang tidak mudah seperti berbatu, terjal, licin, berlumpur atau lain sebagainya, strap pada sandal dapat dikencangkan untuk menambah daya cengkram pijakan. Sementara jika kemudian medan menjadi lebih landai dan mudah, atau mungkin saat beristirahat di wilayah perkemahan, maka tali pengencang sandal pun dapat dilonggarkan. Adjustment strap berfungsi untuk hal tersebut.

Pilih Sandal yang Memiliki Kemampuan Shock Resistance

Berbicara tentang shock resitance pada sandal gunung itu artinya berbicara tentang seberapa bagus material midsole yang digunakan. Midsole yang terbaik untuk sebuah sandal gunung haruslah memiliki kemampuan sock resistance atau peredam kejut yang baik.

Beberapa produk sandal gunung kadang menempatkan air suspension atau bahkan teknologi air bag pada bagian midsole. Teknologi ini memungkinkan pijakan pada sandal terasa lebih empuk dan nyaman.

Sebagai cara melakukan pengetesan untuk hal ini, ada dapat menggunakan sandal dengan berjalan, berlari, melompat-lompat pada bidang yang tidak rata. Lihat apakah midsole sandal cukup kuat dan nyaman menahan hentakan yang ia dapatkan dari gerakan yang anda lakukan.

Pilih Sandal Berdasarkan Desain Gendernya

Meskipun terdengar agak rasis, namun hal ini benar. Bahwa memilih sandal gunung berdasarkan desain gendernya dapat membantu anda mendapatkan sandal gunung dengan kualitas yang paling tepat.

Ini tentu saja didasarkan pada pertimbangan kesehatan, perpedaan susunan ortopedi penyangga tubuh antara laki-laki dan perempuan, bukan rasis dalam perspektif yang negatif. Karena dengan memilih sandal outdoor yang sesuai dengan konstruksi kaki dan juga gender, maka tingkat kenyamanan pun akan semakin meningkat.

Pilih yang Paling Tangguh dan Telah Terbukti Kualitasnya

sandal gunung terbaik

Merk sandal gunung terbaik di Indonesia itu ada banyak, namun tentu saja ada yang terbaik di antara mereka. Yang terbaik tentu saja memiliki catatan kualitas yang panjang tentang eksistensinya dalam dunia alam bebas. Penggunaan material terbaik adalah kunci utama dari tips yang terakhir ini.

Dengan semua penjelasan spesifikasi dan juga tips memilih sandal gunung di atas, harus diakui bahwa di Indonesia merk Akasaka adalah yang paling direkomendasikan. Sandal gunung terbaik dari Akasaka memenuhi hampir keseluruhan dari semua kriteria penunjang sandal outdoor terbaik untuk beragam kegiatan di alam bebas.

Bahkan lebih jauh daripada itu, sandal terbaik dari Akasaka juga dilengkapi dengan garansi selama satu tahun yang memungkinkan anda untuk dapat meminta ganti sandal baru jika sandal yang anda beli mengalami kerusakan dalam waktu satu tahun. Sejauh ini, tidak ada satu pun produsen sandal gunung  yang berani melakukan hal ini kecuali sandal terbaik dari Akasaka.

Nah, semoga ulasan tentang spesifikasi sandal gunung terbaik dan tips dalam memilihnya ini bermanfaat untuk anda. Selanjutnya, anda bisa mengunjungi link berikut untuk melihat beberapa profil dari produk sandal gunung dengan kualitas yang terbaik;

KLIK DISINI UNTUK KOLEKSI LENGKAP SANDAL GUNUNG TERBAIK DARI AKASAKA OUTDOOR

 

 

 

 

         

 

 

Baca Ini Juga Yuk!

LATIHAN FISIK YANG PERLU DILAKUKAN AGAR KUAT MENDAKI SAMPAI PUNCAK
LATIHAN FISIK YANG PERLU DILAKUKAN AGAR KUAT MENDAKI SAMPAI PUNCAK
Mendaki gunung termasuk aktivitas yang berat, bahkan esktrem. Jalanan terjal dan menanjak, jarak tempuh yang jauh, suhu udara yang rendah, ditambah carrier berat di punggung adalah tantangan yang h...
Read More
INI DIA 5 TIPS SEDERHANA MENGHINDARI HIPOTERMIA DI GUNUNG
INI DIA 5 TIPS SEDERHANA MENGHINDARI HIPOTERMIA DI GUNUNG
Untuk mencapai sesuatu, selalu ada risiko yang melengkapi. Pun demikian dengan kegiatan pendakian gunung. Salah satu risiko yang ada di gunung adalah potensi hipotermia, yakni kondisi ketika tubuh ...
Read More
4  TIPS ASYIK DAN MENYENANGKAN UNTUK MENIKMATI SUNRISE DI GUNUNG
4 TIPS ASYIK DAN MENYENANGKAN UNTUK MENIKMATI SUNRISE DI GUNUNG
Salah satu momen yang paling banyak diburu oleh pendaki saat melakukan perjalanan ke puncak tertinggi adalah sunrise. Tak hanya bagi para pendaki pemula, tetapi pendaki berpengalaman pun juga masih...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published