MAU SEHAT? IKUTI 5 TIPS BIKEPACKING TRAVELLING MENYEHATKAN INI

Bikepacking Traveling

Anda penyuka travelling? Namun, juga berolahraga dengan sepeda? Maka, Anda dapat menggabungkan dua hal tersebut menjadi kegiatan yang seru dan menyehatkan.

Bikepacking travelling, namanya. Bepergian ke suatu tempat dengan menggunakan sepeda sebagai alat. Bukan motor atau mobil yang bisa menyebabkan polusi udara. Selain bikepacking travelling itu menyehatkan, tapi juga ramah terhadap lingkungan.

Nah, untuk dapat menikmati perjalanan menunggangi sepeda, Sobat Akasaka dapat mencoba 5 tips berikut, agar liburan terasa lebih menyenangkan dan tidak membuat lelah.

TIPS BIKEPACKING TRAVELLING

  • Menentukan Rute Terlebih Dahulu
Menentukan Rute Sebelum Backpacking Traveling

Sebelum memulai perjalanan, alangkah lebih baik Anda dan rekan seperjalanan sudah mendiskusikan rute mana yang akan dituju. Dengan begitu, Anda dapat menemukan jalan-jalan alternatif untuk mencapai tujuan. Jalan yang bebas polusi dan tidak terlalu padat sehingga perjalanan lebih mudah dan cepat.

  • Pergunakan Perlengkapan yang Aman dan Nyaman untuk Perjalanan
Gunakan Perlengkapan Yang Aman Dan Nyaman Ketika Backpacking Traveling

Apa pun medianya, tentu ketika melakukan perjalanan jauh, keamanan dan kenyamanan menjadi poin wajib yang harus diperhitungkan. Begitu pula ketika bikepacking travelling menyehatkan ini.

Anda wajib memakai helm ketika bersepeda. Apalagi jika tujuannya adalah daerah rawan dan cukup berbahaya seperti pegunungan. Helm dapat mencegah cedera fatal pada kepala jika terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. Namun, Anda harus menggunakan helm dengan baik dan benar, jangan asal-asalan, agar perjalanan aman dan nyaman.

Selain itu, ada juga sepatu yang khusus untuk bersepeda, yaitu colated bike shoes. Sepatu jenis ini memiliki alas yang berbentuk menyerupai gerigi. Tujuannya agar dapat mencengkeram kuat pedal ketika dipergunakan. Sehingga, Anda dapat mengayuh dengan aman selama perjalanan.

  • Jangan Bebankan Barang Pada Punggung, Tapi Pada Sepeda
Jangan Bebankan Barang Pada Tubuh Ketika Backpacking Traveling

Menimpakan beban berat pada punggung juga menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit pada punggung bagian bawah. Risiko terburuknya, penyakit tersebut dapat berkembang menjadi mematikan jika tidak segera dicegah.

Salah satu upaya pencegahannya adalah dengan mengurangi memberi beban pada punggung. Maka, ketika Anda memilih berlibur menggunakan sepeda, sebaiknya barang tidak dibebankan pada punggung. Melainkan pada sepeda.

Caranya, Anda dapat mengikat tas berukuran sedikit besar pada bagian boncengan di belakang, meletakkan tas kecil pada bagian tengah sepeda. Selain tubuh tidak terbebani, perjalanan pun akan terasa ringan nantinya sebab keseimbangan terjaga. Sehingga dapat meminimalisasi terjadinya kecelakaan.

  • Membawa Barang yang Praktis dan Multifungsi
Membawa Barang Yang Praktis Dan Fungsi Ketika Backpacking Traveling

Melakukan perjalanan jauh tentu membutuhkan stamina dan tenaga ekstra. Terlebih jika itu menyangkut bersepeda ke medan yang cukup berat, seperti pegunungan. Tentu, Anda tidak ingin sesuatu membebani. Maka, sebaiknya Anda hanya membawa barang yang dibutuhkan. Lebih baik jika barang tersebut multifungsi dan praktis ketika dibawa.

Semisal jaket yang dapat merangkap baju di saat bersamaan, yang tidak membuat gerah ketika cuaca panas. Atau botol minum yang dapat difungsikan sebagai tempat minum sekaligus tempat untuk memasak air ketika tengah berteduh di suatu tempat.

  • Jangan Lupa P3K dan Peralatan Sepeda Cadangan
Membawa P3K Ketika Backpacking Traveling

Anda tidak akan tahu apa yang terjadi selama perjalanan. Bisa saja sepeda mengalami masalah sekalipun sudah dicek sebelum berangkat. Maka, sebaiknya Anda membawa peralatan mini yang tersimpan di dalam tas. Serta kotak P3K jika salah satu rekan mengalami sakit atau kecelakaan selama perjalanan.

Untuk dapat melakukan bikepacking travelling menyehatkan, tidak hanya peralatan bersifat material yang perlu dipersiapkan. Namun juga kondisi tubuh serta mental. Sebelum berangkat, Sobat Akasaka sebaiknya memastikan dalam keadaan sehat untuk melakukan perjalanan jauh agar tidak mengganggu rencana liburan atau membebani rekan seperjalanan. Mental pun harus kuat menerima medan yang akan dilalui.

Apa pun keadaannya. Agar tidak terlalu banyak mengeluh ketika ternyata medannya tidak semudah dan senyaman yang dibayangkan. Berhati-hatilah ketika melakukan perjalanan dengan sepeda dan selamat berlibur!

Baca Ini Juga Yuk!

LATIHAN FISIK YANG PERLU DILAKUKAN AGAR KUAT MENDAKI SAMPAI PUNCAK
LATIHAN FISIK YANG PERLU DILAKUKAN AGAR KUAT MENDAKI SAMPAI PUNCAK
Mendaki gunung termasuk aktivitas yang berat, bahkan esktrem. Jalanan terjal dan menanjak, jarak tempuh yang jauh, suhu udara yang rendah, ditambah carrier berat di punggung adalah tantangan yang h...
Read More
TIPS AGAR TIDAK TERKENA HIPOTERMIA DI GUNUNG
TIPS AGAR TIDAK TERKENA HIPOTERMIA DI GUNUNG
Untuk mencapai sesuatu, selalu ada risiko yang melengkapi. Pun demikian dengan kegiatan pendakian gunung. Demi mencapai keindahan dan kepuasan kala berada di puncak ketinggian, berbagai risiko juga...
Read More
7 CARA MENGHANGATKAN TUBUH YANG BENAR SAAT BERADA DI GUNUNG
7 CARA MENGHANGATKAN TUBUH YANG BENAR SAAT BERADA DI GUNUNG
Salah satu masalah terbesar dari pendakian bukanlah medan atau kondisi fisik seseorang saja. Terkadang, beberapa pendaki harus rela sebelum ke puncak karena tidak bisa menghangatkan tubuhnya dengan...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published