LATIHAN FISIK YANG PERLU DILAKUKAN AGAR KUAT MENDAKI SAMPAI PUNCAK

Mendaki gunung termasuk aktivitas yang berat, bahkan esktrem. Jalanan terjal dan menanjak, jarak tempuh yang jauh, suhu udara yang rendah, ditambah carrier berat di punggung adalah tantangan yang harus dihadapi setiap pendaki.

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, ada beberapa latihan fisik sebelum mendaki yang wajib dilakukan, yaitu:

  • Olahraga Kardio

Kardio merupakan jenis olahraga yang penting dilakukan sebelum mendaki. Selain melatih otot jantung dan memperbaiki sistem kerja paru-paru, gerak fisik ini juga dapat memperlancar aliran darah dan membakar lemak sehingga napas menjadi teratur dan tubuh lebih enteng dibawa naik gunung.

  • Jogging

Jogging termasuk jenis olahraga kardio yang paling ringan. Lari-lari kecil ini sangat efektif untuk melatih otot kaki agar kuat mendaki. Setidaknya sebulan sebelum naik gunung, lakukan jogging secara rutin dengan jarak lari yang terus bertambah sampai kakimu terbiasa.

  • Squat Jump

Aktivitas naik gunung membutuhkan kekuatan otot paha dan kemantapan langkah kaki. Nah, ini bisa dicapai dengan melakukan squat jump secara rutin, minimal 5 x 30 lompatan setiap hari usai jogging. Latihan ini akan membuat otot paha lebih kuat, sehingga tidak mudah lelah dan gemetar saat mendaki.

  • Lari di Jalanan Menanjak

Agar terbiasa dengan track pendakian yang menanjak, Sobat Akasaka juga perlu melatih fisik dengan berjalan/berlari di jalanan yang menanjak. Selain melatih otot kaki, olahraga ini juga bagus untuk membangun fleksibilitas dan keseimbangan pada kaki, punggung, serta bahu.

  • Push-up

Naik gunung tak hanya mengandalkan otot kaki, tapi juga tangan yang diperlukan saat memanjat, menyeimbangkan tubuh, dan merangkak di tanjakan curam.

Cara melatih otot tangan adalah dengan push-up. Jika dilakukan secara rutin, bukan hanya otot tangan yang kuat, tapi juga punggung yang lebih kokoh untuk menggendong beban berat carrier/ransel.

  • Latihan Pernapasan

    Jalanan menanjak dan perbedaan tekanan udara di gunung pasti akan membuatmu lebih sulit bernapas. Diperlukan kinerja paru-paru dan sistem pernapasan yang baik agar Sobat Akasaka bisa mendaki dengan aman dan nyaman.

    Beberapa latihan fisik sebelum mendaki yang tak boleh dilewatkan adalah berenang, senam, serta yoga. Lakukan secara rutin, setidaknya seminggu 3x sebulan jelang keberangkatan agar hasilnya lebih maksimal.

    Oh ya, Sobat Akasaka juga perlu beradaptasi dengan hawa dingin di gunung, lho. Caranya dengan rutin berlari pada pukul 4 pagi. Latihan ini akan membuat tubuh terbiasa dengan cuaca gunung yang ekstrem, terutama pada malam hari.

    Selain melakukan latihan fisik sebelum mendaki, jangan lupa istirahat cukup dan konsumsi makanan bergizi seimbang agar tubuh tetap prima saat naik gunung nanti. Semoga bermanfaat!

    Baca Ini Juga Yuk!

    BEGINI CARA MEMASAK NASI SAAT KEMAH YANG BENAR
    BEGINI CARA MEMASAK NASI SAAT KEMAH YANG BENAR
    Apakah Sobat Akasaka berencana kemah di akhir pekan ini? Jangan lupa, pelajari cara memasak nasi saat kemah. Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia yang mampu mengenyangkan secara cepat....
    Read More
    5 TIPS AGAR TERHINDAR DARI DEHIDRASI SAAT MENDAKI
    5 TIPS AGAR TERHINDAR DARI DEHIDRASI SAAT MENDAKI
    Apakah Sobat Akasaka pernah kehilangan konsentrasi saat mendaki? Hati-hati; hilang konsentrasi merupakan salah satu tanda dehidrasi. Dampak yang lebih berbahaya, dehidrasi menyebabkan cepat lelah d...
    Read More
    TEKNIK WALL CLIMBING DASAR UNTUK PEMULA
    TEKNIK WALL CLIMBING DASAR UNTUK PEMULA
    Wall climbing alias panjat tebing tergolong salah satu olahraga ekstrem yang digemari banyak pencinta alam. Tak sekadar indoor climbing, banyak pemanjat yang juga tertarik untuk menggapai puncak-pu...
    Read More

    Leave a comment

    All comments are moderated before being published