INILAH 8 TIPS PACKING SIMPEL DENGAN CARRIER

Carrier Akasaka Outdoor

Beberapa orang yang baru mengenal pendakian sering kali bingung dengan barang bawaan. Saat pendakian, sobat akasaka akan jauh dari segala fasilitas dan modernisasi yang biasa dinikmati dengan mudah. Kondisi alam di gunung tidak mampu diprediksi, apalagi kalau pendakian dilakukan dalam waktu berhari-hari. Anda dituntut bisa menghadapi segala kemungkinan yang ada, seperti cuaca yang berubah ekstrem, adanya binatang buas, minimnya sumber air, dan beragam tantangan alam lainnya.

Oleh karena itu, barang-barang yang akan dibawa dengan carrier harus diperhatikan dengan benar. Kesalahan packing carrier akan membuat penggunanya kesulitan mengambil salah satu barang dalam carrier saat pendakian atau rusaknya beberapa barang akibat tertumpuk oleh barang yang lebih berat. Packing carrier yang efektif akan membantu meringankan beban membawa carrier saat pendakian. Berikut adalah Tips Packing Simpel dengan Carrier yang bisa sobat akasaka praktikkan.

Letakkan barang yang sifatnya ringan dan empuk terlebih dulu

Letakkan Barang Yang Ringan Yang Terlebih Dahulu

Pada bagian bawah carrier bertumpu langsung pada pinggang, oleh karena itu jika sobat akasaka meletakkan barang-barang yang berat dan keras akan membuat pinggang sakit. Barang yang pas berada di bagian bawah carrier yaitu sleeping bag/matras dan pakaian.

Siapkan kantong waterproof untuk barang bawaan

Kantong waterproof menjadi barang yang penting disiapkan saat pendakian, terutama saat musim hujan. Sobat akasaka perlu mengemas barang-barang penting ke dalam kantong waterproof seperti plastik sebelum memasukkannya ke dalam carrier. Tujuannya agar aman jika hujan tiba-tiba datang. Pengemasan barang-barang dengan kantong plastik juga berguna agar barang bawaan tidak bercampur menjadi satu sehingga memudahkan saat pengambilan.

Perhatikan peletakan matras/sleeping bag

Peletakkan Matras Dan Sleeping Bag

Ada dua tipe peletakan matras dalam carrier yang dapat menjadi pilihan sobat akasaka. Pertama, matras diletakkan di dalam carrier. Bisa menggunakan matras sebagai frame dalam carrier jika Anda melakukan pendakian bersama. Kedua, bisa meletakkan matras di luar carrier jika melakukan solo hiking atau pendakian seorang diri karena matras sebagai frame akan memakan tempat.

Jangan meletakkan bahan bakar sembarangan

Bahan bakar yang umumnya dibawa dalam pendakian yaitu gas dan spiritus. Bahan bakar cair ini sangat berisiko terjadi kebocoran dan membasahi barang-barang lain. Oleh karena itu, letakkan bahan bakar di luar carrier. Setiap carrier pada umumnya dilengkapi dengan dua kantong di sisi kanan dan kiri. Sobat akasaka dapat menggunakan salah satu kantong untuk penyimpanan bahan bakar.

Isi bagian tengah dengan barang yang bersifat berat

Bagian Tengah Carrier Di Isi Dengan Bagian Yang Berat

Sobat akasaka bisa mengisi bagian tengah carrier dengan barang-barang medium hingga berat, seperti tenda, perlengkapan masak, dan logistik. Jika barang-barang tersebut diletakkan pada bagian tengah, beban akan terasa ringan.

Letakkan barang yang sering dibutuhkan pada atas carrier

Tempatkan barang-barang yang sifatnya sering digunakan di bagian atas carrier, hal ini bertujuan mempermudah pengambilan saat sewaktu-waktu dibutuhkan. Seperti kamera, perlengkapan kesehatan (P3K), sarung tangan, headlamp, dan barang ringan lainnya.

Suplai air harus berada di atas

Suplai Air Berada Di Atas

Suplai air diletakkan di bagian atas bertujuan untuk mempermudah pengambilan saat berada di perjalanan. Dengan menempatkan air minum di bagian atas juga dapat menyatukan beban pada satu titik dan bisa didistribusikan ke semua bagian carrier.

Atur posisi carrier agar seimbang

Terakhir, penataan carrier harus seimbang dan nyaman. Jangan lupa untuk melakukan tes keseimbangan carrier. Pastikan beban tidak berat sebelah. Cek tali-tali strap hingga berfungsi sebagaimana mestinya. Bagian bawah carrier harus berada di atas pinggul agar bahu Anda tidak terlalu tertekan.

Itulah beberapa tips packing simpel dengan carrier yang dapat sobat akasaka terapkan sebelum melakukan pendakian. Dengan mengetahui cara packing yang tepat, fungsi carrier dapat dimaksimalkan dan Anda dapat mendaki dengan nyaman. Sobat akasaka juga bisa memilih sandal gunung yang pas di sandal-akasaka.com agar mendaki menjadi lebih menyenangkan.

Baca Ini Juga Yuk!

BEGINI CARA MEMASAK NASI SAAT KEMAH YANG BENAR
BEGINI CARA MEMASAK NASI SAAT KEMAH YANG BENAR
Apakah Sobat Akasaka berencana kemah di akhir pekan ini? Jangan lupa, pelajari cara memasak nasi saat kemah. Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia yang mampu mengenyangkan secara cepat....
Read More
5 TIPS AGAR TERHINDAR DARI DEHIDRASI SAAT MENDAKI
5 TIPS AGAR TERHINDAR DARI DEHIDRASI SAAT MENDAKI
Apakah Sobat Akasaka pernah kehilangan konsentrasi saat mendaki? Hati-hati; hilang konsentrasi merupakan salah satu tanda dehidrasi. Dampak yang lebih berbahaya, dehidrasi menyebabkan cepat lelah d...
Read More
TEKNIK WALL CLIMBING DASAR UNTUK PEMULA
TEKNIK WALL CLIMBING DASAR UNTUK PEMULA
Wall climbing alias panjat tebing tergolong salah satu olahraga ekstrem yang digemari banyak pencinta alam. Tak sekadar indoor climbing, banyak pemanjat yang juga tertarik untuk menggapai puncak-pu...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published