Ini Cara Membaca Peta dan Kompas bagi Survival Tips Para Pendaki

Para pendaki dan petualang selayaknya mampu menjaga keselamatan diri saat melakukan pendakian dan perjalanan. Tentunya kemampuan membaca peta dan kompas menjadi salah satu survival tips yang penting karena sudah menjadi kebutuhan. Survival tips ini erat kaitannya dengan Navigasi Darat.

 

Belajar Membaca Peta melalui 6 Kemampuan Navigasi Darat


Belajar membaca peta melalui 6 kemampuan navigasi darat - Ini Cara Membaca Peta dan Kompas bagi  Survival Tips Para Pendaki - prepare-and-protect.net

 

Apa sih navigasi darat itu? Navigasi darat bisa dikatakan kumpulan kemampuan teknis yang berbeda dari beberapa peralatan. Kemampuan teknis ini meliputi beberapa hal sebagai berikut:

  1. Kemampuan dalam Memahami Konsep Dasar Peta

Sebagai pencinta alam, Sobat Akasaka wajib memahami unsur-unsur peta sehingga dapat membedakan antara peta dan denah. Selain itu juga harus belajar tentang konsep berbagai jenis peta, bukan hanya sekadar menghafal. Dengan dmeikian bila menemui peta jenis apapun dan skala berapa pun tidak bingung.

  1. Kemampuan Membaca Peta

Setelah memahami konsep dasar peta, survival tips selanjutnya yang perlu dipelajari oleh Sobat Akasaka adalah membaca peta. Sebagai contoh Peta RBI (Rupa Bumi Indonesia) terdiri dari berbagai layer informasi seperti perairan, topografi, hidrografi, transportasi, batas wilayah, pemakaian lahan, bangunan dan fasilitas umum dengan karakteristik masing-masing.

  1. Kemampuan Membaca Koordinat Peta

Keterampilan membaca peta ini termasuk sulit dan bisa dilakukan dengan bermacam cara dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, antara lain menggunakan penggaris atau protaktor.

  1. Kemampuan Memperkirakan Arah

Kemampuan ini terdiri dari 2 jenis yaitu menentukan arah pada peta dan arah di lapangan menggunakan konsep sudut azimuth dan back azimuth. Untuk itu Sobat Akasaka harus memahami cara menentukan azimuth pada peta menggunakan busur dan azimuth di lapangan memakai kompas. Selain itu juga harus dapat bergerak ke arah sudut tertentu secara tepat.

  1. Kemampuan Memperkirakan Jarak

Jarak ini terkait dengan jarak horisontal dan diagonal yang harus ditempuh dalam sebuah perjalanan. Selanjutnya jarak ini digunakan untuk menghitung waktu tempuh dan perbekalan yang diperlukan.

  1. Kemampuan Memperkirakan Posisi

Terdapat 2 jenis cara memperkirakan posisi yaitu posisi tempat sobat berada dan posisi obyek lain pada peta. Sobat Akasaka dapat memperkirakan posisi ini dari hasil perhitungan jarak dan arah.

 

Belajar Teknik Navigasi dengan Menggunakan Kompas


Belajar teknik navigasi dengan menggunakan kompas - Ini Cara Membaca Peta dan Kompas bagi  Survival Tips Para Pendaki - backpakingmastery.com

 

Teknik kompas tanpa peta ini diperlukan saat Sobat Akasaka sedang berada di alam terbuka serta tidak mengetahui sedang berada di mana. Namun, Sobat bisa menggunakan sungai, jalan kecil, atau treking yang bisa dikenali agar bisa mengambil arah yang benar. Kompas ini bisa digunakan dengan ditempelkan pada peta atau pada ibu jari.

Mempelajari teknik navigasi menggunakan kompas tidak terlalu sulit. Pertama kali Sobat Akasaka harus memahami arah utara, selatan, barat, dan timur. Sudut utara menjadi arah yang penting, karena menjadi acuan utama yang ditunjukkan melalui jarum merah.

Di bagian rumah Kompas terdapat skala angka 0 – 360 serta huruf N, S, W, E yang merupakan petunjuk arah. Yang penting untuk dipelajari adalah cara mengambil arah yang benar sesuai dengan arah yang ditunjukkan jarum kompas. Jadi jangan sampai terbalik menuju arah yang berlawanan. Pastikan tidak ada benda yang mengandung besi di dekat kompas karena dapat mengganggu jarum kompas.

 

Nah, itulah survival tips bagi pendaki yang dibutuhkan untuk keselamatan selama perjalanan. Untuk menghindari salah arah, Sobat Akasaka sebaiknya membawa peta dan kompas saat berpetualang ataupun mendaki gunung. Jika meninggalkan jalan setapak, penggunaan kompas dan peta bisa jauh lebih interaktif. Selamat belajar navigasi!

Leave a comment

All comments are moderated before being published