INI 8 SURVIVAL TIPS CARA MELEPAS LINTAH YANG MENEMPEL DI BADAN

Pacet Menempel Di Tangan

Saat berpetualang atau mendaki gunung Sobat Akasaka tentu pernah mengalami hal kurang menyenangkan mulai dari faktor cuaca hingga gangguan hewan liar. Apalagi bila sobat sering melewati semak belukar dan pepohonan di hutan tropis yang lembab, bahaya gigitan hewan seperti pacet pasti sudah tidak asing lagi, bukan?

Nah, pacet memang dikenal sebagai hewan penghisap darah agar dapat bertahan hidup. Hebatnya korban yang digigit dan dihisap darahnya, seringkali tidak merasakan gigitan ini. Hal ini disebabkan pacet saat menempel dan menggigit, mengeluarkan zat kimia anestesi yang menyebabkan korban tidak merasa sakit.

Masalah menjadi semakin merepotkan kemudian karena melepas gigitan pacet juga tidak mudah dilakuka. Jika dipaksa, bekas gigitan akan terus mengucurkan darah dan sulit dihentikan. Oleh karena dibutuhkan tips khusus untuk melepas gigitan pacet.

8 Tips Melepas Gigitan Pacet yang Gampang Dilakukan

Melepas Gigitan Pacet

Saat Sobat Akasaka tersadar sedang ada pacet yang menempel di kaki atau bagian badan lain, tidak perlu panik. Berikut ini cara melepaskan diri dari gigitan lintah yang bisa diterapkan karena selama ini pacet dilepaskan dengan paksa. Bila dilepas paksa justru dapat merobek kulit dan mengakibatkan pendarahan serta pembekuan darah akan lama.

Mengoleskan Lotion Anti Nyamuk

Lotion anti nyamuk tidak hanya untuk melindungi tubuh dari gigitan nyamuk, tetapi bisa juga melindungi badan dari gigitan pacet.

Memakai Air Garam

Garam ini merupakan bahan penting yang harus dibawa saat berpetualang. Pasalnya selain dapat melindungi tenda dari hewan melata yang mendekat, ternyata air garam bisa disiramkan pada pacet saat menggigit dan menempel di badan.

Menggunakan Minyak Kayu Putih

Gigitan pacet bisa lepas dengan mudah bila terkena percikan minyak kayu putih. Jadi jangan lupa untuk selalu membawa minyak kayu putih yang juga bermanfaat untuk menghangatkan badan.

Memakai Air Jeruk

Air jeruk juga ampuh untuk melepaskan gigitan pacet dan bisa mudah lepas tanpa dipaksa.

Menggunakan Bedak Gatal

Survival tips lain, Sobat Akasaka bisa memanfaatkan bedak gatal seperti Herocyn untuk menghindari dan melepaskan gigitan pacet. Namun, berhubung bedak ini bila terkena air cepat luntur, harus sering-sering ditaburkan di badan, kaki, dan tangan.

Mengoleskan Sabun Colek

Ternyata sabun colek bisa dioleskan pada hewan ini saat menempel dan menggigit agar bisa segera terlepas.

Memakai Air Tembakau

Tembakau sering digunakan karena sangat ampuh untuk melepas gigitan pacet. Campurkan dengan air lalu kocok dan siramkan pada tubuh pacet.

Api atau Puntung Rokok

Bila tidak ada bahan lain, gunakan api atau puntung rokok untuk disulutkan pada badan pacet agar kepanasan dan tidak berkutik.

Beberapa Cara Menghindari Gigitan Pacet

Cara Menghindari Gigitan Pacet

Selanjutnya Sobat Akasaka perlu mengetahui cara menghindari gigitan pacet saat melakukan pendakian. Beberapa cara yang bisa Sobat Akasaka lakukan antara lain adalah:

  • Memakai kaos kaki yang tebal.
  • Bila perlu menggunakan gaiters, semacam pelindung sepatu dan kaki.
  • Memakai baju berlengan panjang dan celana panjang.
  • Menyelipkan celana dalam kaos kaki atau sepatu.
  • Jangan bersandar pada apapun saat berada di hutan tropis.

Nah, itulah survival tips bagi para petualang dan pendaki agar dapat terlepas dan terhindar dari gigitan pacet yang cukup mengganggu ini. Untuk keselamatan selama perjalanan, Sobat Akasaka sebaiknya menggunakan baju dan celana panjang sehingga kulit dan badan terlindungi dari segala gangguan hewan liar termasuk pacet.

Oya, untuk celana panjang yang ideal digunakan dan aman melindungi dari gigitan pacet, Akasaka Palm Pants Navy bisa dijadikan pilihan. Bahannya yang elastis, kuat dan quick dry akan membuat petualangan Sobat semakin berkesan.

KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK CELANA HIKING AKASAKA PALM PANTS NAVY

Leave a comment

All comments are moderated before being published