INI 11 TIPS MEMILIH KAMERA POCKET YANG TEPAT UNTUK TRAVELING!

Tips Memilih Kamera Pocket

Kamera pocket merupakan benda yang wajib dibawa saat traveling. Bentuknya relatif simpel dan mudah dioperasikan. Dengan alat ini, Sobat Akasaka bisa mengambil gambar pemandangan ataupun momen paling berkesan.

Supaya tidak salah pilih kamera pocket, berikut ini ada 11 tips yang bisa diterapkan. Yuk, simak!

Pertimbangkan Bentuk dan Ukuran

Rata-rata kamera pocket diproduksi dengan desain tipis dan ringan. Namun, belum tentu nyaman saat digunakan. Bisa jadi, terlalu kecil sehingga berisiko terlepas dari genggaman tangan. Karena itu, pastikan bentuk dan ukuran benda tersebut pas ketika digenggam.

Periksa Daya Tahan Kamera

Daya Tahan Kamera

Saat traveling, peristiwa apa pun bisa menimpa kamera Sobat Akasaka. Mungkin terjatuh, terbentur benda keras, atau bahkan tergores. Karena itu, pilihlah kamera pocket dengan bahan berkualitas tinggi. Semisal, bahan magnesium alloy yang menjadikan bodi kamera lebih kokoh dan tahan banting.

Pastikan Baterainya Awet

Soal baterai, Sobat Akasaka bisa memilih tipe Li-ion atau AA. Kelebihan baterai Li-ion, yakni lebih awet ketimbang tipe AA. Namun, harganya relatif mahal. Sebaliknya, harga jenis AA cenderung murah dan mudah ditemukan di warung kecil. Akan tetapi, daya baterai lebih cepat habis.

Lensanya Harus Berkualitas

Lensa Kamera Harus Berkualitas

Agar mendapatkan lensa yang berkualitas, cek fitur bukaan diafragma dan focallength. Untuk bukaan diafragma, perhatikan huruf “f” pada lensa. Prinsipnya, semakin kecil angka di depan huruf tersebut, berarti pencahayaan kian maksimal. Begitu juga dengan focal length; ukuran 24mm menghasilkan gambar lebih lebar ketimbang 28mm.

Cek Mode Pengambilan Gambar pada Kamera

Tips selanjutnya; periksa mode pengambilan gambar pada roda dial di dekat shutter. Minimal tersedia mode scene, simbol kamera video, galeri, M, S, A, dan P. Adanya mode tersebut menjadikan pengaturan segitiga eksposure lebih praktis.

Kapasitas Memory Card Sesuai Kebutuhan

Kapasitas Memory Card Sesuai Kebutuhan

Berapa lama Sobat Akasaka akan traveling? Jika lebih dari 2 hari, sediakan lebih dari satu kartu memori agar bisa menampung semua foto. Jenis yang dipakai bisa MicroSD atau Stickduopuro dengan kapasitas minimal 16 GB.

Jangan Lupa Periksa Juga Resolusinya

Resolusi kamera mendukung kualitas foto yang diambil. Namun, kamera beresolusi tinggi belum tentu menghasilkan gambar bagus dan tajam. Supaya aman, pilih resolusi di atas 10 megapiksel dengan memperhatikan kemampuan zoom optical dan imagestabilization.

Dilengkapi Konektivitas yang Mumpuni

Konektivitas Yang Mumpuni

Semua kamera pocket sudah dibekali konektivitas nirkabel. Jadi, pengguna tak perlu menggunakan card reader atau kabel untuk memindahkan data ke media lain. Meski begitu, pastikan konektivitas tersebut bisa berfungsi dengan baik.

Harus Ada Garansinya

Garansi sangat penting untuk mengantisipasi kerusakan kamera pascapembelian. Cek lama garansi; biasanya setiap toko menetapkan aturan berbeda. Di samping itu, perhatikan juga syarat dan ketentuan supaya memahami cara memanfaatkannya.

Memahami Cara Mengoperasikan Kamera

Paham Cara Mengoperasikan Kamera

Inilah poin paling penting ketika Sobat Akasaka membeli kamera pocket, yakni harus bisa menggunakannya. Jika belum mengetahui caranya, cobalah bertanya pada penjual. Pelajari dan pahami agar bisa mengoperasikan secara optimal.

Sesuaikan dengan Bujet Sobat Akasaka

Harga kamera pocket ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain merek dan fitur. Dalam hal ini, tak perlu terpatok pada merek. Sesuaikan saja dengan bujet Sobat Akasaka. Banyak brand kamera pocket yang kurang populer justru memiliki fitur lengkap. Biasanya, harga jenis ini relatif terjangkau.

Demikian beberapa tips memilih kamera pocket untuk traveling. Semoga bisa dijadikan acuan saat membeli kamera.

Leave a comment

All comments are moderated before being published