INGIN PENDAKIAN BERJALAN MULUS, PAHAMI TEKNIK BERJALAN BERIKUT

Pahami Teknik Mendaki

Tidak sedikit pendaki yang abai memahami teknik-teknik penting saat mendaki gunung. Padahal, hal ini sangat memengaruhi keselamatan selama pendakian berlangsung. Salah satunya, teknik berjalan saat mendaki gunung. Ternyata, melangkahkan kaki saat mendaki tidak boleh dilakukan secara asal. Teknik yang tepat akan membuat perjalanan lebih efektif dan aman.

Perjalanan mendaki gunung memang berbeda dari biasanya. Jalur yang menanjak dan kadang kala tidak mulus membuat tubuh, khususnya kaki, harus lebih bisa menyesuaikan diri. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui saat berjalan mendaki gunung. Berikut di antaranya:

Mulai Dengan Perlahan

Mulai Dengan Perlahan Ketika Mendaki

Sobat Akasaka, apa pun kegiatan fisik yang dilakukan, pemanasan adalah faktor yang sangat penting. Jika aktivitas fisik dilakukan tanpa pemanasan, bisa terjadi masalah pada otot atau tubuh secara keseluruhan. Begitu pula saat mulai melakukan pendakian. Sebaiknya, lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum benar-benar mendaki.

Berjalanlah secara perlahan-lahan pada awalnya supaya tubuh tidak merasa kaget. Hal ini penting karena ada beban carrier yang cukup besar yang harus dibawa. Jalur pendakian juga biasanya lebih menanjak dari jalanan biasa. Jika perlu, berhentilah sebentar setelah beberapa langkah sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

Mengatur Pandangan

Mengatur Pandangan Ketika Mendaki

Mendaki gunung yang lumayan tinggi kadang kala membuat sebagian orang ingin menyerah. Apalagi jika jalur yang ditempuh seperti tidak pernah selesai. Nah, teknik berjalan yang benar adalah tidak terus-menerus memandang jarak yang jauh dan tinggi di depan. Sebaliknya, lihatlah 1-2 meter saja ke depan. Teknik ini akan menghilangkan rasa ingin menyerah karena jalur yang menanjak.

Manfaatkan Batang dan Akar Tanaman

Manfaatkan Batang dan Akar Tanaman

Ketika mendaki gunung, bagian tumbuhan seperti akar atau atau pohon sangat membantu. Ini bisa dipergunakan sebagai pegangan sehingga keseimbangan tubuh lebih terjaga. Namun, lakukan hal ini dengan berhati-hati karena ada batang dan akar tumbuhan yang kurang aman atau rapuh. Bukan terbantu, saat menumpukan tubuh di sini, bahaya justru bisa terjadi.

Cek terlebih dahulu apakah akar atau batang tersebut berada dalam kondisi yang bagus, tidak membusuk atau berubah warna. Untuk berjaga-jaga, cobalah menariknya. Jika kuat dan tidak patah atau tercabut, Sobat Akasaka bisa menggunakannya.

Gunakan Alas Kaki yang Tepat

Gunakan Alas Kaki yang Tepat Ketika Mendaki

Alas kaki adalah perlengkapan yang sangat penting saat mendaki gunung. Memilih alas kaki yang tepat tidak sulit. Yang perlu diperhatikan adalah kuat dan tahan terhadap berbagai kondisi alam. Pada saat mendaki, Sobat Akasaka mungkin melewati medan berlumpur atau berbatu-batu.

Selain itu, alas kaki juga harus mudah kering. Belilah alas kaki yang berukuran sesuai dengan kaki, bahkan sedikit lebih panjang dari ukuran jari kaki. Dengan demikian, ketika menurun, jari kaki tidak langsung mengenai ujung sepatu. Alas kaki juga harus nyaman dan tidak memberatkan langkah.

Belajar Teknik Tarikan Napas

Belajar Teknik Tarikan Napas

Salah satu hal yang perlu dilakukan ketika mendaki adalah mempelajari teknik tarikan napas yang tepat. Cobalah satu kali tarikan napas untuk 4 langkah atau satu kali tarikan napas untuk 1 langkah. Sesuaikan dengan kenyamanan. Sebaiknya jangan melangkah terlalu lebar supaya beban tidak menumpuk pada satu kaki dalam jangka waktu yang lama.

Nah, demikian beberapa hal penting yang perlu Sobat Akasaka ketahui saat mendaki gunung. Lakukan hal ini supaya terhindar dari cedera sehingga misi pendakian berjalan dengan lancar. Selamat mendaki!

Leave a comment

All comments are moderated before being published