PERHATIKAN HAL BERIKUT INI JIKA INGIN MENDAKI PUNCAK JAYA WIJAYA

Puncak Jaya Wijaya

Menaklukkan Puncak Jaya yang berada di Papua adalah impian hampir semua pendaki dari penjuru dunia. Puncak tertinggi di Indonesia ini diselimuti salju pada bagian ujungnya, membuatnya tampak seperti Puncak tertinggi di dunia, Gunung Everest. Gunung setinggi lebih dari 4.000 meter ini dikenal dengan sebutan Cartenz Pyramid oleh para pendaki dan merupakan salah satu puncak dari sirkuit seven summits dunia.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Mendaki Gunung Jaya Wijaya

Adalah Heinrich Harrer, orang pertama yang berhasil menaklukkan puncak yang berselimut salju abadi ini pada tahun 1962. Pria asal Huttenberg, Austria ini memang gemar mendaki, dan bersama ketiga rekannya, yaitu Albertus Huizenga, Robert Philip Temple, dan Russell Kippax, Harrer menaklukkan Puncak Jaya.

Nah, bagi Sobat Akasaka yang tertarik untuk mengikuti Ekspedisi Cartenz dan menaklukkan salah satu dari Cartenz Pyramid ini, sebaiknya perhatikan hal berikut:

Jalur Pendakian Puncak Jaya yang Amat Sulit dan Berisiko

Jalur Pendakian Puncak Jaya Yang Sulit

Semua pendaki yang berhasil menapakkan kakinya di Puncak Jaya bagaikan berhasil menggapai salah satu mimpi terbesar yang pernah ditulisnya. Tak mengherankan, karena Cartenz Pyramid memang memiliki jalur pendakian yang amat sulit dan berisiko. Hampir seluruh jalurnya berupa rute yang begitu terjal. Belum lagi dengan cuaca yang terbilang ekstrem.

Oleh karena itu, dibutuhkan tekad dan semangat yang kuat serta tubuh yang fit jika Sobat Akasaka ingin menjajal puncak tertinggi di Indonesia ini. Selain itu, Sobat Akasaka juga diwajibkan memiliki kemampuan untuk bertahan hidup serta kemampuan navigasi untuk menentukan arah pendakian supaya tidak tersesat.

Biaya Pendakian ke Puncak Jaya Termasuk Salah Satu yang Cukup Tinggi di Dunia

Pendakian Puncak Jaya Wijaya Termahal Di Dunia

Sobat Akasaka perlu tahu, bahwa menaklukkan Puncak Jaya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Bahkan, pendakian Cartenz Pyramid disebut sebagai salah satu pendakian dengan cukup mahal di dunia. Hal ini dapat dimengerti karena memang untuk mendaki Carstensz Pyramid, dibutuhkan porter yang jumlahnya juga tidak sedikit.

Alasan lain yang menyebabkan harga pendakian di puncak ini begitu melambung adalah jalur pendakian yang terbilang sangat sulit juga tidak banyak penyedia paket mendaki yang menawarkan pendakian ke tempat ini.

Cuaca yang Ekstrim dan Sulit Ditebak

Suhu Ekstrem Di Puncak Jaya Wijaya

Saat mendaki, Sobat Akasaka memang akan disambut dengan cuaca yang tak menentu dan terbilang ekstrim. Namun, ini masih belum seberapa jika dibandingkan dengan bagian puncaknya. Beberapa pendaki menyebutkan bahwa Puncak Cartenz memiliki suhu paling ekstrim, karena kadar oksigen yang begitu tipis membuat Sobat Akasaka akan sangat sulit untuk bernafas.

Saat di daratan dengan iklim tropis, hujan air adalah hal yang biasa dilihat. Namun, berbeda dengan ketika Sobat Akasaka berada di Puncak Cartenz Pyramid. Di sini, Sobat Akasaka bisa merasakan langsung turunnya hujan es dan hujan salju.

Ada Banyak Fosil Hewan Laut di Puncak Jaya

Banyak Fosil Laut Di Puncak Jaya Wijaya

Bagaimana bisa terdapat banyak fosil hewan laut di puncak tertinggi Indonesia ini? Inilah fakta unik yang hanya dimiliki Puncak Jaya.

Konon, dahulu Cartenz Pyramid bukan berupa puncak gunung, melainkan dasar laut. Seiring dengan terpecahnya Papua dengan Benua Australia, gesekan lempeng bumi membuat tanah ini terdorong ke atas dan menjadikan dasar ini menjadi puncak. Peristiwa yang terjadi ratusan tahun silam inilah yang membuat Sobat Akasaka bisa menemukan banyak fosil kerang di Puncak Jaya.

Itu tadi beberapa hal yang perlu Sobat Akasaka ketahui sebelum mendaki Puncak Jayawijaya. Menaklukkan Puncak Cartenz Pyramid pasti menjadi tantangan besar yang tidak mudah dilakukan, tetapi dengan berbekal kemampuan mendaki yang baik Puncak Jaya pun bukan hal yang mustahil untuk diraih.

Nah, untuk membuat pendakian Sobat Akasaka semakin menyenangkan kemana pun tujuannya, selalu gunakan perlengkapan bertualang yang berkualitas terbaik, ya. Untuk keperluan tas gunung terbaik misalnya, Sobat bisa memilih Akasaka Ceeta 50 + 5 yang terlah teruji kualitas dan ketangguhannya. Penawaran menarik untuk tas ini bisa Sobat Akasaka dapatkan pada tautan berikut ini.

Selamat bertualang, Sobat!

Leave a comment

All comments are moderated before being published