HOBI MEMANJAT TEBING? INI DIA 5 REKOMENDASI TEMPAT PANJAT TEBING DI INDONESIA YANG HARUS DICOBA

Hobi Memanjat Tebing

Panjat tebing adalah salah satu cabang olahraga yang sulit namun kaya akan manfaat. Disebut tidak mudah karena untuk menekuni olahraga ini, diperlukan keterampilan khusus dan latihan secara terus menerus. Namun, usaha tersebut tentunya berbanding lurus dengan manfaat yang akan didapatkan, yaitu tubuh yang sehat, otot yang kuat, dan daya konsentrasi yang hebat.

Tidak hanya itu, sobat pun akan bertemu dengan teman-teman baru sesama pendaki yang memiliki solidaritas tinggi dan selalu setia menyemangati.

Jika sobat akasaka menggilai jenis olahraga satu ini dan ingin merasakan sensasi panjat tebing outdoor yang lebih menantang, 5 rekomendasi tempat panjat tebing di Indonesia yang ekstrem berikut patut dikunjungi dan ditaklukkan.

Tebing Lembah Harau, Sumatera Barat

Tebing Lembah Harau, Sumatera Barat

Memanjat tebing sembari menyaksikan keelokan pemandangan alam adalah paket komplet yang ditawarkan Lembah Harau. Untuk menuju ke spot ini, sobat perlu menempuh jarak sekitar 138 km dari Kota Padang atau kurang lebihnya 47 km dari Bukittinggi.

Lelahnya menempuh jarak yang Panjang tersebut akan terbayar lunas sesaat setelah sampai di tujuan. Tebing-tebing batuan granit yang menjulang hingga ratusan meter dan ratusan titik panjat akan menyambut sobat sekalian.

Setelah puas memicu adrenalin, silakan melepas penat dengan mandi atau sekadar bermain air di kolam-kolam alami yang ada di bawah empat air terjun indah yang mengalir deras dari atas tebing ini.

Tebing Citatah, Jawa Barat

Tebing Citatah, Jawa Barat

Tebing Citatah adalah tempat panjat tebing berbatu kapur yang sudah sangat populer di kalangan para pemanjat tebing muda. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari tol Padalarang, serta banyaknya jalur pemanjatan adalah alasan mengapa tebing ini tidak pernah sepi pengunjung.

Terdapat tiga tebing yang biasa digunakan untuk aktivitas memanjat, yaitu: Tebing Citatah 48, Tebing Citatah 90, dan Tebing Citatah 125. Sebagaimana namanya, Citatah 125 adalah tebing yang paling tinggi di antara dua tebing lainnya.

Meski demikian, tebing ini justru yang paling disarankan untuk dipanjat, baik oleh kalangan pemanjat tebing profesional maupun pemula. Pasalnya, di spot ini telah disediakan jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan yang telah disesuaikan dengan kemahiran.

Gunung Api Nglanggeran, Yogyakarta

Gunung Api Nglanggeran, Yogyakarta

Gunung yang dahulunya merupakan puncak gunung api kini telah disulap oleh pemda setempat menjadi objek yang menyenangkan untuk rekreasi, mendaki, camping, hingga memanjat tebing.

Hingga saat ini, Gunug Api Purba Nglanggeran telah menyediakan 28 jalur pemanjatan dengan tinggi dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Hanya perlu waktu 45 menit untuk menyambangi tempat ini dari Kota Yogyakarta. Pastikan tidak melewatkan memanjat gunung ini, ya saat sobat akasaka datang ke Kota Gudeg.

Pantai Siung, Yogyakarta

Pantai Siung, Yogyakarta

Masih di Yogyakarta dan masih di kabupaten yang sama Gunung Kidul. Pantai Siung siap menantang dengan tebing-tebing panjatan menjulang di sekelilingnya. Jika sobat akasaka sudah terbiasa melakukan aktivitas memanjat di gunung, cobalah sekali-kali melakukannya di Pantai Siung. Di sini, sobat akan merasakan pengalaman menaklukkan tebing ditemani deburan ombak dan silirnya angin pantai.

Tebing Uluwatu, Bali

Tebing Uluwatu, Bali

Satu lagi tempat memanjat tebing di pesisir pantai yang tidak kalah fenomenal, yaitu Tebing Uluwatu yang berada di Desa Pecatu Kecamatan Kuta.

Sesuai namanya, Uluwatu, yang berarti puncak batu karang, tempat ini menawarkan spot panjat tebing di bebatuan karang tinggi dan berhadapan langsung dengan laut. Bayangkan betapa menantangnya, memanjat dengan disaksikan lautan luas di bawah dan di sekelilingnya.

Nah, itulah 5 rekomendasi tempat panjat tebing di Indonesia yang dapat sobat akasaka sambangi. Pastikan selalu menjaga keamanan saat melakukan hobi memanjat tebing dengan mengenakan peralatan memanjat yang lengkap dan sepatu outdoor yang kuat seperti sendal gunung akasaka.

Baca Ini Juga Yuk!

BEGINI CARA MEMASAK NASI SAAT KEMAH YANG BENAR
BEGINI CARA MEMASAK NASI SAAT KEMAH YANG BENAR
Apakah Sobat Akasaka berencana kemah di akhir pekan ini? Jangan lupa, pelajari cara memasak nasi saat kemah. Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia yang mampu mengenyangkan secara cepat....
Read More
5 TIPS AGAR TERHINDAR DARI DEHIDRASI SAAT MENDAKI
5 TIPS AGAR TERHINDAR DARI DEHIDRASI SAAT MENDAKI
Apakah Sobat Akasaka pernah kehilangan konsentrasi saat mendaki? Hati-hati; hilang konsentrasi merupakan salah satu tanda dehidrasi. Dampak yang lebih berbahaya, dehidrasi menyebabkan cepat lelah d...
Read More
TEKNIK WALL CLIMBING DASAR UNTUK PEMULA
TEKNIK WALL CLIMBING DASAR UNTUK PEMULA
Wall climbing alias panjat tebing tergolong salah satu olahraga ekstrem yang digemari banyak pencinta alam. Tak sekadar indoor climbing, banyak pemanjat yang juga tertarik untuk menggapai puncak-pu...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published