MANFAAT DAN TIPS BERSEPEDA UNTUK MELATIH GAYA HIDUP SEHAT

Bersepeda

Menurut World Health Organization atau WHO, faktor utama penyebab risiko kesehatan global dikarenakan pola makan yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik. Terkait dengan aktivitas fisik, bersepeda bisa menjadi solusi yang menyenangkan. Dan tips bersepeda dan beragam manfaatnya berikut ini tentu saja layak untuk kamu baca hingga tuntas.

Beragam Tips Bersepeda Serta Manfaat Besar yang Bisa Didapatkan Dengan Kegiatan Ini

Bersepeda tidak hanya dapat meningkatkan kebugaran. Aktivitas ini jika dilakukan rutin selama 30 menit setiap hari atau sekitar 32 km per minggu, dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya. Berikut ini beberapa alasan Anda harus mulai bersepeda dari sekarang:

Untuk Melatih Kekuatan Otot dan Merawat Sendi

Bersepeda Melatih Kekuatan Otot Dan Sendi

Ketika Anda mengayuh pedal sepeda, hampir seluruh bagian tubuh Anda bergerak. Jika kebiasaan ini dilakukan rutin setiap hari, maka Anda akan mendapatkan otot yang mengencang di beberapa bagian tubuh. Selain itu, bersepeda juga menggerakkan sendi-sendi Anda sehingga membuat bagian tubuh yang satu ini menjadi lebih fleksibel.

Membantu Menurunkan Berat Badan dan Membentuk Tubuh Ideal

Tubuh yang aktif bergerak akan meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran kalori. Proses inilah yang menyebabkan berat badan menjadi turun dan tubuh lebih padat berisi. Bentuk tubuh yang ideal tersebut, tentu saja juga diimbangi dengan pola makan yang sehat.

Membantu Menurunkan Risiko Stres

    Bersepeda Membantu Menurunkan Stress

    Pemandangan yang indah dan udara segar yang Anda lalui ketika bersepeda dapat membantu menurunkan stres. Ketika Anda menikmati aktivitas ini, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang memicu energi positif dan menimbulkan rasa nyaman. Efek ini secara tidak langsung juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

    Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

    Proses metabolisme dan pembakaran kalori yang terjadi ketika Anda bersepeda dengan rutin, tidak hanya dapat membentuk tubuh yang ideal. Proses ini juga dapat membakar lemak tubuh dan menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan kolesterol. Secara khusus manfaat bersepeda bagi jantung adalah mampu membuat kinerja jantung semakin kuat karena peredaran darah yang lancar.

    Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Gaya Hidup Sehat dengan Bersepeda

    Agar kegiatan bersepeda Anda tetap aman, sebaiknya lakukan persiapan berikut ini:

    Periksa Kondisi Sepeda

      Kondisi Sepeda

      Sebelum meluncur bersama sepeda Anda, pastikan tunggangan Anda dalam kondisi prima. Periksa rem, ban, dan seluruh komponen sepeda, tak terkecuali setang.

      Kenakan Pelindung Tubuh

      Sebagian orang mungkin meremehkan penggunaan pelindung diri ketika bersepeda, namun kenyataannya ini bagian penting yang tidak boleh terlewatkan. Sesuatu bisa saja terjadi ketika Anda bersepeda. Jadi, persiapan yang matang adalah salah satu tindakan pencegahan yang bisa dilakukan.

      Secara umum outfit bersepeda wanita dan pria tidak jauh berbeda, mulai dari helm untuk pelindung kepala, jersey lengan panjang, pelindung lutut, dan lain sebagainya. Kenakan perlengkapan keamanan bersepeda yang standar untuk memastikan aktivitas bersepeda berkesan dan menyenangkan.

      Gunakan Jenis Sepeda dan Gaya Bersepeda yang Sesuai

        Jenis Dan Gaya Bersepeda

        Pastikan kerangka sepeda yang Anda gunakan sesuai dengan tubuh Anda. Selain soal kenyamanan, jenis sepeda dan gaya bersepeda yang sesuai akan membantu Anda terhindar dari risiko mengalami nyeri otot dan cedera lainnya.

        Berkendara dengan Aman dan Senantiasa Menjaga Sikap

        Meski Anda bersepeda, tetap perhatikan dan patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada demi keamanan diri sendiri dan orang lain.

        Buat Diri Anda Terlihat

          Bersepeda

          Jika Anda ingin bersepeda di jalan raya atau bersepeda di malam hari, kenakan pakaian berwarna terang. Hal ini bertujuan agar Anda dapat terlihat oleh pengendara lain.

          Kenakan Alas Kaki yang Nyaman

          Pilih alas kaki dari bahan yang nyaman dan pas di kaki Anda, seperti Sandal Gunung Akasaka. Sandal yang terbuat dari karet alam dengan kualitas terbaik ini cocok digunakan dalam berbagai cuaca. Bahan karet alam diketahui memiliki ketahanan terhadap panas yang lebih baik dibandingkan jenis karet lainnya. Bahan ini terkenal lentur dan dapat menyesuaikan dengan bentuk kaki.

          Nah, khusus untuk Sobat Akasaka yang ingin memulai aktivitas bersepeda, sandal outdoor Akasaka TBS  Series adalah rekomendasi yang paling bagus. Selain sangat dan empun saat digunakan, konstruksi outsole sandal juga sangat erat menempel pada pedal sehingga membuat kestabilan bersepeda terjaga. Sandal outdoor terbaik Akasaka Series TBS ini sendiri bisa diperoleh melaui tautan ini, silahkan diklik.

           

          Baca Ini Juga Yuk!

          5 TIPS MUDAH AGAR TERHINDAR DARI DEHIDRASI SAAT MENDAKI
          5 TIPS MUDAH AGAR TERHINDAR DARI DEHIDRASI SAAT MENDAKI
          Apakah Sobat Akasaka pernah kehilangan konsentrasi saat mendaki? Hati-hati; hilang konsentrasi merupakan salah satu tanda dehidrasi. Dampak yang lebih berbahaya, dehidrasi menyebabkan cepat lelah d...
          Read More
          TEKNIK WALL CLIMBING DASAR UNTUK PEMULA
          TEKNIK WALL CLIMBING DASAR UNTUK PEMULA
          Wall climbing alias panjat tebing tergolong salah satu olahraga ekstrem yang digemari banyak pencinta alam. Tak sekadar indoor climbing, banyak pemanjat yang juga tertarik untuk menggapai puncak-pu...
          Read More
          PANDUAN DAN TIPS AMAN MENDAKI GUNUNG UNTUK WANITA
          PANDUAN DAN TIPS AMAN MENDAKI GUNUNG UNTUK WANITA
          Untuk seorang wanita, aktivitas mendaki gunung itu memiliki banyak hal yang menarik. Wanita tentu saja memiliki banyak perbedaan dari laki-laki baik secara fisik mau pun mentalitasnya. Supaya aman ...
          Read More

          Leave a comment

          All comments are moderated before being published