CARA MENENTUKAN ARAH MATA ANGIN TANPA KOMPAS

Cara Menentukan Arah Mata Angin

Sebagai pencinta aktivitas outdoor seperti trekking di hutan, ada kalanya kamu akan dihadapkan pada sebuah kondisi yang cukup membingungkan. Saat berada di kedalaman hutan yang lebat, kompas yang kamu bawa tiba-tiba tidak dapat berfungsi atau bahkan lupa membawa penunjuk arah mata angin tersebut sementara kamu harus menentukan arah untuk kembali atau mencapai tujuan. Kalau sudah begini, apa lagi yang bisa dilakukan selain mencari arah secara manual?

Sobat Akasaka, mampu menentukan arah mata angin tanpa bantuan kompas adalah sebuah keterampilan yang sangat diperlukan dalam survival. Hal ini pun sebenarnya tidaklah sulit untuk dilakukan. Ada banyak alternatif untuk mendapatkan arah yang benar dengan menggunakan bahan-bahan sederhana maupun mengikuti kode alam seperti berikut.

Melihat Arah Matahari Terbenam atau Terbit

Melihat Arah Matahari Terbenam Atau Terbit

Ini adalah cara yang paling umum dan mudah. Dengan berpatokan bahwa matahari terbit berasal dari arah timur dan matahari terbenam ada di sebelah barat, kamu bisa menggunakan bantuan jam tangan analog.

Bila kamu sedang mencari pada pagi hari, sejajarkan arah matahari pada pukul 3. Jadikan patokan pukul 12 adalah sisi utara sementara pukul 6 adalah sisi selatan. Bila kamu sedang mencari pada sore hari, maka sejajarkan arah matahari pada pukul 9. Pukul 9 akan menjadi referensi arah utara sementara pukul 12 adalah sisi selatan.

Atau jika ingin lebih mudah, berdirilah menghadap arah matahari. Dari arah terbitnya matahari, sisi kananmu merupakan arah selatan dan sisi kirimu merupakan arah utara. Bila matahari tenggelam, maka sisi kananmu adalah utara dan kirimu adalah selatan.

Melihat Bayangan Benda

Melihat Bayangan Benda

Cara ini juga masih menggunakan cahaya matahari. Pada siang hari menuju sore, bayangan benda akan condong ke arah barat, sementara pada pagi menjelang siang, bayangan benda akan condong ke arah timur. Kamu bisa meletakkan benda secara vertikal di atas tanah untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Mengamati Lumut dan Suhu pada Pohon

Mengamati Lumut dan Suhu Pada Pohon

Ketika berada di dalam hutan atau kawasan yang penuh dengan pepohonan, carilah sebuah pohon yang memiliki batang besar. Ketika siang hari, kamu bisa memerhatikan bagian mana dari batang tersebut yang berlumut dan tidak. Sisi yang tidak berlumut mengartikan sisi tersebut sering terkena cahaya matahari, artinya menunjuk arah mata angin timur dan sebaliknya.

Bila pada malam hari, kamu akan merasa sedikit kesusahan untuk melihat lumut. Gunakan indra peraba untuk merasakan suhu batang pohon. Bagian yang terasa paling hangat menunjukkan arah barat.

Melihat Rasi Bintang

Melihat Rasi Bintang

Tersesat di malam hari adalah hal yang paling menegangkan. Sebagai alat bantu untuk menentukan arah, kamu perlu memiliki keterampilan membaca rasi bintang.

Rasi orion akan menunjukkan arah barat. Rasi bintang ini merupakan perpaduan 3 bintang terang yang jika dipadukan akan membentuk ekor kalajengking. Sementara itu, konstelasi pari akan membantumu menemukan arah selatan. Kamu hanya perlu menemukan 4 buah bintang yang paling terang dan membentuk pari, salib, atau layang-layang.

Selain dua rasi ini, ada banyak jenis rasi lain yang akan sangat membantumu menemukan arah untuk melanjutkan perjalanan, seperti rasi biduk, andromeda, scorpio, dan banyak lainnya. Metode ini memang tidaklah mudah dan membutuhkan pembelajaran serta jam terbang yang cukup tinggi. Karena itu, jika kamu memang suka dengan hal-hal survival seperti di dalam hutan, pastikan kamu memiliki dasar keterampilan ini.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menentukan arah mata angin meski tanpa bantuan kompas. Semoga membantu!

Baca Ini Juga Yuk!

BEGINI CARA MEMASAK NASI SAAT KEMAH YANG BENAR
BEGINI CARA MEMASAK NASI SAAT KEMAH YANG BENAR
Apakah Sobat Akasaka berencana kemah di akhir pekan ini? Jangan lupa, pelajari cara memasak nasi saat kemah. Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia yang mampu mengenyangkan secara cepat....
Read More
5 TIPS AGAR TERHINDAR DARI DEHIDRASI SAAT MENDAKI
5 TIPS AGAR TERHINDAR DARI DEHIDRASI SAAT MENDAKI
Apakah Sobat Akasaka pernah kehilangan konsentrasi saat mendaki? Hati-hati; hilang konsentrasi merupakan salah satu tanda dehidrasi. Dampak yang lebih berbahaya, dehidrasi menyebabkan cepat lelah d...
Read More
TEKNIK WALL CLIMBING DASAR UNTUK PEMULA
TEKNIK WALL CLIMBING DASAR UNTUK PEMULA
Wall climbing alias panjat tebing tergolong salah satu olahraga ekstrem yang digemari banyak pencinta alam. Tak sekadar indoor climbing, banyak pemanjat yang juga tertarik untuk menggapai puncak-pu...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published