BEGINI CARA MEMASAK NASI YANG BENAR SAAT KEMAH ATAU MENDAKI GUNUNG

Apakah Sobat Akasaka berencana kemah di akhir pekan ini? Jangan lupa, pelajari cara memasak nasi saat kemah. Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia yang mampu mengenyangkan secara cepat. Selain itu, nasi menjadi sumber energi agar tubuh tetap sehat dan kuat selama berkemah.

Lantas, bagaimana cara memasak nasi yang benar ketika berkemah? Sobat Akasaka bisa menggunakan trik berikut ini untuk menanak nasi sampai matang. Yuk, simak!

Langkah-Langkah Memasak Nasi Menggunakan Nesting

Nesting merupakan perlengkapan masak wajib yang harus dibawa oleh pendaki. Alat ini berbahan aluminium dengan bentuk kotak, memiliki kuping untuk pegangan, dan rangkap 3 - 4. Sepintas susunan nesting tersebut mirip rantang.

Bagian samping nesting terdapat pedangan berbahan karet. Ketika Sobat Akasaka sedang memasak, pegangan inilah yang bersentuhan langsung dengan tangan.

Soal ukuran, nesting terbilang minimalis. Sobat Akasaka bisa memasukkannya ke dalam tas carrier. Untuk menemukan perlengkapan masak yang praktis ini, Sobat Akasaka dapat membeli di toko perlengkapan outdoor untuk mendaki.

Nah, sebagai pedoman dalam memasak nasi menggunakan nesting, Sobat Akasaka bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Sebelum mulai memasak, siapkan nesting, kompor portable, gas, dan air. Jangan lupa, sediakan beras secukupnya.
  2. Langkah berikutnya, masukkan beras ke wadah atau nesting. Kemudian, tuangkan air bersih dengan perbandingan 1 : 2 ke dalam wadah. Jika diperlukan, Sobat Akasaka bisa mencuci beras dua kali sampai dirasa bersih.
  3. Kalau beras sudah bersih, segera panaskan air dengan perbandingan seperti di poin nomor 3. Masukkan beras ke dalam air tersebut, lalu biarkan selama 7 - 12 menit. Pastikan, air itu benar-benar mendidih sebelum dimatikan kompornya.
  4. Langkah keempat; aduk-aduk beras yang ada di dalam nesting berulang kali. Pengadukan ini bertujuan agar air lekas menyatu dengan beras.
  5. Tahap kelima; tutup nesting yang berisi beras dan air. Lalu, kecilkan api sampai kira-kira 15 menit.
  6. Terakhir; buka tutup nesting dan aduk nasi menggunakan sendok. Pastikan, tekstur nasi sudah tidak basah saat diaduk. Setelah diaduk, diamkan beberapa menit sebelum disantap.

Cara memasak nasi menggunakan nesting di atas dibantu dengan alat kompor gas mini. Jika alat tersebut dirasa kurang praktis, Sobat Akasaka bisa memakai kompor berbahan bakar spiritus. Namun, untuk menyalakan api kompor ini cukup sulit. Sementara keunggulannya, kompor spiritus bisa menjadikan nasi bertekstur lembut dan tidak mudah gosong.

Oya, untuk mempermudah proses memasak, Sobat Akasaka bisa menggunakan tumblr untuk mengganti dan menambahkan air. Nah, salah satu tumblr yang paling cocok untuk membantu proses memasak di kemah adalah Akasaka Khione Tumblr DW 750ML. Dengan desain yang elegan, warna yang ciamik, tumblr ini akan membuat proses memasak di kemah jadi lebih menyenangkan.

Itulah cara memasak nasi saat kemah di tempat mana pun. Selain mempersiapkan peralatan memasak nasi yang tepat, Sobat Akasaka juga perlu menyediakan beras berkualitas. Jadi, proses memasaknya lebih cepat dan terasa pulen saat disantap.

Baca Ini Juga Yuk!

7 + 3 BUKTI BAHWA HIKING ADALAH KEGIATAN YANG PENUH MANFAAT
7 + 3 BUKTI BAHWA HIKING ADALAH KEGIATAN YANG PENUH MANFAAT
Tahukah kamu jika salah satu terapi yang paling menarik dan menyenangkan untuk dilakukan adalah dengan hiking? Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa hiking adalah kegiatan yang sangat bermanf...
Read More
MENDAKI ATAU NAIK GUNUNG SAAT PUASA RAMADHAN? MENGAPA TIDAK, INI TIPSNYA
MENDAKI ATAU NAIK GUNUNG SAAT PUASA RAMADHAN? MENGAPA TIDAK, INI TIPSNYA
Tetap bertualang atau naik gunung ketika berpuasa Ramadhan sebenarnya sangat mungkin dilakukan jika kamu mengetahui tipsnya. Dengan tips yang tepat, kamu bukan saja dapat menjaga puasamu tetap lanc...
Read More
CARA MUDAH MEMILIH JAS HUJAN TERBAIK UNTUK BERKENDARA DAN MENDAKI
CARA MUDAH MEMILIH JAS HUJAN TERBAIK UNTUK BERKENDARA DAN MENDAKI
Hujan tidak lagi menjadi masalah jika kamu menggunakan jas hujan terbaik saat berkendara atau pun mendaki gunung. Namun masalahnya, sebagian besar jas hujan yang beredar di masyarakat memiliki kual...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published