APA SAJA P3K STANDAR YANG WAJIB DIBAWA SAAT HIKING? INI DAFTARNYA

P3K Hiking

Kotak P3K sangat penting dalam aktivitas hiking atau mendaki gunung. Isi kotak ini biasanya digunakan sebagai pertolongan pertama pada saat terjadi kecelakaan. Mendaki gunung memang penuh risiko. Lokasi kejadian yang rata-rata jauh dari fasilitas kesehatan juga tidak memungkinkan korban mendapatkan penanganan segera.

Apakah Sobat Akasaka tahu apa saja isi P3K yang harus dibawa saat hiking? Ingat, karena keterbatasan tempat, barang bawaan selama hiking harus diseleksi dengan super ketat. Nah, supaya Sobat Akasaka dapat mempersiapkan diri dengan baik, simak daftarnya berikut ini:

Obat-obatan

Obat-obatan Saat Hiking

Ada 2 jenis obat yang perlu dipersiapkan dalam kemasan P3K saat mendaki, yaitu obat-obatan standar yang biasa digunakan tanpa resep dokter dan obat-obatan khusus untuk jenis penyakit tertentu. Jenis kedua ini harus dipersiapkan sendiri oleh penggunanya. Contohnya, obat asma atau obat alergi khusus.

Sementara itu, untuk obat-obatan standar, Sobat Akasaka wajib menyediakan obat pengurang nyeri (analgetik), obat diare, obat alergi, obat untuk kasus keracunan, obat meredakan gejala flu, salep yang mengandung antibiotik, dan salep yang berguna untuk mengurangi peradangan karena trauma.

Perlengkapan untuk Menangani Luka Luar

Perlengkapan Untuk Menangani Luka Bakar

Ketika mendaki, ada berbagai risiko yang mungkin terjadi, termasuk terjadi luka luar. Hal ini sebenarnya bisa dihindari. Namun, apabila telanjur terjadi, diperlukan pertolongan pertama sesegera mungkin supaya tidak terjadi infeksi yang dapat membahayakan jiwa korban.

Beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan antara lain cairan antiseptik atau alkohol, plester, kain kasa, kapas, pembalut segitiga (mitella), gunting, dan sarung tangan karet. Pembalut mitella adalah perban yang berguna untuk mengikat bagian tubuh yang luka atau membalut untuk menghindari cedera yang lebih besar. Alkohol sangat dibutuhkan untuk mematikan kuman supaya luka terhindar dari infeksi.

Peralatan Lainnya

Peralatan P3K Saat Hiking

Selain obat-obatan dan perlengkapan untuk mengobati luka luar, ada beberapa peralatan lain yang juga perlu dibawa saat mendaki gunung. Pertama, buku panduan P3K. Sering kali, ada orang yang masih awam dalam penerapan pertolongan pertama pada kecelakaan. Untuk memandunya, buku ini sangat bermanfaat.

Kedua, perlengkapan untuk menangani hipotermia. Hipotermia adalah keadaan darurat yang mungkin terjadi saat mendaki gunung. Ada 2 benda yang sebaiknya selalu dibawa, yaitu selimut darurat dan flysheet untuk membuat shelter darurat.

Ketiga, perlengkapan tambahan seperti termometer, tabung oksigen kecil, nomor telepon darurat, pinset untuk mengambil benda berukuran kecil dari tubuh, dan salep untuk membuat badan lebih hangat atau bebas dari gigitan serangga.

Hal-hal yang Wajib Diperhatikan

Hal Yang Wajib Di Perhatikan Saat Hiking

Mendaki gunung mengharuskan seseorang untuk tetap waspada dan sigap ketika mengalami masalah. Jika terjadi kecelakaan, pertolongan pertama sangat berdampak besar terhadap proses penyembuhan.

Selain menyediakan isi P3K standar yang harus dibawa, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan. Pertama, periksa waktu kedaluwarsa obat-obatan yang dibawa. Jangan sampai, pada saat digunakan, ternyata obat tersebut sudah tidak layak pakai.

Kedua, berlatihlah menggunakan perlengkapan P3K dengan benar. Kesiapan dalam hal ini akan menjadi salah satu penentu penting apakah pertolongan berhasil optimal. Ketiga, gunakan merek obat yang biasa digunakan. Perhatikan apakah ada gejala alergi terhadap obat tersebut.

Keempat, siapkan obat-obatan pribadi jika dibutuhkan. Terakhir, simpan benda-benda ini di tempat yang aman dan bebas dari cipratan air. Satukan dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau sewaktu-waktu.

Nah, demikian beberapa benda yang perlu ada dalam kotak P3K saat hiking. Tetaplah mendaki dengan hati-hati supaya terhindar dari kecelakaan. Selamat menjelajah, Sobat Akasaka.

Leave a comment

All comments are moderated before being published