ALAT-ALAT YANG WAJIB TAHU SAAT RAFTING

Alat Rafting

Halo Sobat Akasaka! Sudah pernah coba jenis kegiatan outdoor di air dengan mengarungi jeram-jeram mendebarkan? Yup, rafting. Aktivitas yang memacu adrenali ini semakin banyak digemari oleh banyak kalangan, baik laki-laki maupun perempuan dan berbagai golongan usia.

Rafting sebenarnya bukanlah olahraga yang terlalu berbahaya. Lintasan yang ada di tiap-tiap spot memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Tingkat kesulitan atau yang biasa disebut dengan grade pada rafting dikelompokkan mulai dari I yang paling mudah hingga VI yang paling menantang dan dilakukan oleh para profesional.

Namun selain jam terbang yang tinggi dan keterampilan, kelengkapan alat rafting juga menjadi hal utama yang menjaga keselamatan. Ada cukup banyak perlengkapan yang diperlukan untuk melakukan rafting dan harus dipenuhi, antara lain sebagai berikut.

Perahu

Perahu Rafting

Perlengkapan paling utama untuk bisa melakukan rafting tentulah perahu. Ada cukup banyak jenis dan perahu yang tersedia untuk mengarungi derasnya arus sungai, termasuk kekuatannya sesuai produksi masing-masing pabrik.

Secara umum, bahan untuk membuat perahu rafting adalah poliester nilon dan PVC. Untuk jenisnya sendiri, dikenal perahu non-self bailing dan self bailing. Jenis pertama tidak dilengkapi dengan lubang-lubang saluran pembuangan air, sehingga dipermulan ember untuk menguras air yang masuk ke dalam perahu. Jenis kedua sudah dilengkapi dengan saluran pembuangan, sehingga lebih praktis.

Dayung

Dayung Rafting

Berdasarkan bahan pembuatannya, kamu bisa memilih dayung dari kayu, aluminium, plastik, fiber glass, dan masih banyak lainnya. Dayung yang lebih banyak digunakan memiliki kriteria ringan dan kuat, seperti yang terbuat dari aluminium dan plastik.

Pelampung

Pelampung Rafting

Sebagai pengamanan utama, kamu tentu membutuhkan pelampung. Fungsi utamanya adalah untuk menjagamu tetap terapung bila terjatuh ke dalam air. Fungsi sekundernya adalah sebagai body protector yang akan melindungmu terhadap benturan yang terjadi selama di atas kapal baik karena rintangan pada sungai, dayung, maupun sesama anggota dalam kelompok.

Helm

Helm Rafting

Helm juga merupakan protektor yang khusus untuk melindungi bagian kepala, baik apabila terbentur batu atau benda keras di dalam air. Sebagai catatan, jangan menggunakan helm terlalu kencang apalagi jika pengarungan pada lintasan yang kamu pilih memakan waktu cukup lama. Ikatan yang terlalu kencang hanya akan membuat kepalamu sakit. Namun tentu, jangan pula memasangnya terlalu longgar karena akan mengganggu pergerakan.

Tali Lempar

Tali Lempar Rafting

Kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi selama mengarungi riak sungai, baik yang pelan maupun deras. Karena itu, pastikan selalu ada tali lempar yang siap digunakan dalam perahu. Alat rafting ini berupa tali mantel yang dikatikan dengan sebuah tas kecil dan memiliki fungsi untuk rescue sewaktu-waktu.

Peluit

Peluit Rafting

Suaramu tidak akan jelas terdengar saat melakukan rafting karena kalah dengan derasnya aliran air sungai. Karena itu, kamu membutuhkan peluit sebagai alat komunikasi. Metode berkomunikasi peluit pun memiliki standar, setidaknya seperti sinyal berikut:

  • 1 kali tiupan berarti perhatian;
  • 2 kali tiupan berarti jalan; dan
  • 3 kali tiupan peluit berarti ada masalah atau membutuhkan pertolongan.

Pompa

Pompa Rafting

Alat ini harus senantiasa tersedia sebagai antisipasi saat perahu kekurangan udara. Pompa tersedia dalam dua jenis, yakni pompa tangan dan pompa jinak. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kepraktisan.

Tas Kedap Air

Tas Kedap Air Rafting

Sesuai namanya, dry bag alias tas kedap air akan menjaga barang-barangmu tetap kering selama pengarungan. Sebaiknya kamu memang tidak terlalu membawa banyak barang berharga yang tidak urgent saat rafting, tetapi jika memang diperlukan, simpanlah di dalam tas ini.

Selain beberapa barang di atas, alat rafting lain yang kamu perlukan adalah alat navigasi, rescue kit, repair kit, P3K kit, dan logistik. Meski tidak sedikit, kehadiran perlengkapan ini dalam aktivitas raftingmu sangatlah penting.

Semoga bermanfaat!

Baca Ini Juga Yuk!

7 CARA MENGHANGATKAN TUBUH YANG BENAR SAAT BERADA DI GUNUNG
7 CARA MENGHANGATKAN TUBUH YANG BENAR SAAT BERADA DI GUNUNG
Salah satu masalah terbesar dari pendakian bukanlah medan atau kondisi fisik seseorang saja. Terkadang, beberapa pendaki harus rela sebelum ke puncak karena tidak bisa menghangatkan tubuhnya dengan...
Read More
TIPS MELAKUKAN MANAJEMEN WAKTU PENDAKIAN YANG TEPAT
TIPS MELAKUKAN MANAJEMEN WAKTU PENDAKIAN YANG TEPAT
Melakukan pendakian gunung yang tinggi di Indonesia bukanlah pekerjaan yang mudah. Kita tidak boleh mendaki dengan asal modal nekat saja. Asal kuat berjalan jauh, kita tidak acuh dengan banyak hal ...
Read More
5 CARA MELAKUKAN AKLIMATISASI INSTAN SEBELUM PENDAKIAN
5 CARA MELAKUKAN AKLIMATISASI INSTAN SEBELUM PENDAKIAN
Pendakian yang dilakukan di gunung dan memiliki perbedaan ketinggian dari tempat kita berasal sangat sulit. Kita harus menyesuaikan diri dengan banyak hal mulai dari suhu, tekanan udara, angin, sin...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published