7 CARA MENGHANGATKAN TUBUH YANG BENAR SAAT BERADA DI GUNUNG

Salah satu masalah terbesar dari pendakian bukanlah medan atau kondisi fisik seseorang saja. Terkadang, beberapa pendaki harus rela sebelum ke puncak karena tidak bisa menghangatkan tubuhnya dengan baik. Gunung memiliki udara yang sangat dingin, bahkan saking dinginnya bisa membuat embun jadi membeku.

Sobat Akasaka yang akan melakukan perjalanan ke atas gunung ada baiknya mempelajari beberapa life hack di atas gunung. Salah satu trik untuk bisa bertahan adalah bisa menghangatkan tubuh dengan benar, berikut cara yang bisa dilakukan.

Mendaki Gunung

  • Semua Pakaian dalam Kondisi Kering

    Kalau Sobat Akasaka tidak mau kedinginan pastikan melepas semua pakaian yang basah entah karena air atau karena keringat. Memakai pakaian basah dalam kondisi cuaca yang dingin akan membuat tubuh semakin dingin. Lepas ganti pakaian kering untuk menghindari sensasi dingin yang menempel di tubuh.

    • Membuat Api Unggun

      Buat api unggun di sekitar tempat tidur. Sobat Akasaka dan rekan bisa berada di sekeliling api unggun untuk menghangatkan tubuh. Saat membuat api unggun pastikan sekeliling tidak berisiko tersambar api dan membakar tenda atau sekitarnya. Saat akan tidur, segera matikan api yang besar agar tidak terbawa angin dan menyebar ke mana-mana.

      Membuat Api Unggun

      • Menggunakan Jaket Tebal

        Gunakan jaket tebal dan pakaian yang akan mencegah keluarnya udara panah dari tubuh. Beberapa jenis pakaian akan menyimpan suhu tubuh sehingga udara dingin dari luar tidak bisa masuk.

        • Minum Sesuatu yang Hangat

          Minum sesuatu yang bisa menghangatkan tubuh. Berbagai jenis air hangat bisa dikonsumsi untuk membuat perut jadi nyaman. Selain itu, Sobat Akasaka juga bisa membuat wedang jahe atau sejenisnya yang memberikan efek hangat jauh lebih lama dari air hangat biasa.

          • Tidak Sedang Lapar

            Tubuh yang kelaparan cenderung dingin. Oleh karena itu buat tubuh makan sesuai dengan kebutuhannya. Usahakan makanan yang masuk mengandung protein hewani tinggi dan juga karbohidrat. Paduan dua nutrisi itu akan membuat tubuh jadi lebih hangat, kenyang, dan nyaman.

            • Tidur Berimpit-impitan

              Tidurlah berimpit-impitan dengan beberapa rekan kalau satu kelompok semuanya lelaki atau perempuan saja. Dengan tidur berimpitan, udara panas dari tubuh masing-masing orang akan terkumpul dan membuat suasana di dalam tenda tidak dingin.

              • Mengoleskan Balsem

                Gunakan balsem yang memberikan efek hangat di beberapa bagian tubuh yang sensitif dengan dingin. Area telapak tangan, perut, punggung, hingga telinga kadang menyerap dingin dengan cepat dan memicu masuk angin atau kondisi tidak nyaman lainnya.

                Inilah beberapa cara yang bisa Sobat Akasaka lakukan untuk membuat tubuh tetap hangat saat berada di atas gunung. Lakukan beberapa cara di atas agar tidak mengalami hipotermia dan tubuh mengalami gangguan yang cukup fatal.

                Baca Ini Juga Yuk!

                5 TIPS MEMILIH BAHAN PAKAIAN UNTUK WANITA HIJAB SAAT MENDAKI
                5 TIPS MEMILIH BAHAN PAKAIAN UNTUK WANITA HIJAB SAAT MENDAKI
                Sobat Akasaka belum menemukan pakaian yang cocok untuk wanita hijab saat mendaki? Terapkan tips berikut ini, yuk. Wanita berhijab perlu menyiapkan banyak hal sebelum mendaki, salah satunya pakaian....
                Read More
                5 TIPS MENDAKI SAAT HAID AGAR NYAMAN DAN AMAN
                5 TIPS MENDAKI SAAT HAID AGAR NYAMAN DAN AMAN
                Mendaki saat haid merupakan tantangan tersendiri bagi perempuan. Pasalnya, kondisi fisik perempuan yang sedang menstruasi cenderung mudah letih. Selain itu, sebagian orang percaya, perempuan tidak ...
                Read More
                BEGINI CARA MEMASAK NASI SAAT KEMAH YANG BENAR
                BEGINI CARA MEMASAK NASI SAAT KEMAH YANG BENAR
                Apakah Sobat Akasaka berencana kemah di akhir pekan ini? Jangan lupa, pelajari cara memasak nasi saat kemah. Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia yang mampu mengenyangkan secara cepat....
                Read More

                Leave a comment

                All comments are moderated before being published