7 Barang Wajib yang Harus Dibawa Saat Berkemah

Mempersiapkan segala sesuatu secara matang merupakan sebuah kewajiban ketika kita akan bepergian atau melakukan kegiatan tertentu. Begitu pula saat kita akan pergi berkemah (camping). Tidur di alam terbuka dan dikelilingi hutan memang tidak semudah liburan atau perjalanan biasa. Inilah mengapa, kita butuh persiapan yang matang dan tepat.

Nah, bagi Anda yang berencana pergi berkemah, ada beberapa barang wajib yang harus dibawa selain tenda dan alat masak camping. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya!

 

Sleeping Bag


Alat masak camping - iceland-camping-equipment.com

 

Sleeping bag atau alas tidur merupakan salah satu barang pokok yang harus ada di manapun kita berkemah. Usahakan untuk menggunakan alas tidur yang tebal dengan bantalan busa berkualitas agar tubuh tetap hangat saat malam hari. Pilih juga alas tidur yang fleksibel, bisa dilipat, dan mudah dibawa ke manapun. Karena biasanya saat berkemah kita akan melakukan jelajah hutan atau kegiatan seru lainnya.

 

Pakaian Ganti


alat masak camping - maioloo.com

 

Kehujanan dan kepanasan hingga berkeringat adalah risiko yang pasti dihadapi para camper. Inilah mengapa salah satu bawang wajib yang harus dibawa adalah pakaian ganti. Pakaian yang bisa dibawa saat camping meliputi: pakaian sehari-hari, pakaian dalam, pakaian hangat lengkap dengan sarung tangan dan topi, dan baju renang jika kita berencana berenang di sungai atau danau.

 

Sepatu yang nyaman


Alat masak camping - switchbacktravel.com

 

Senyaman apapun sandal jepit bagi Anda, pastikan untuk menggunakan sepatu saat berkemah. Medan camping yang biasanya berlokasi di alam terbuka membuat alas kaki berupa sepatu merupakan pilihan paling nyaman. Pilihlah sepatu olahraga, gunung, atau boots yang nyaman. Anda juga bisa membawa kaus kaki untuk mencegah kaki lecet karena jelajah alam saat camping.

 

Bahan makanan


Alat masak camping - yukepo.com

 

Apa gunanya membawa alat masak camping jika kita tidak membawa bahan makanan. Agar tidak membebani, usahakan membawa seperlunya dan disesuaikan dengan kebutuhan atau lama waktu camping. Bawalah bahan makanan yang bisa dimasak dengan mudah seperti makanan kaleng, mi instan, beras instan, minuman instan, dan air putih.

Jika di lokasi kemah terdapat sumber air bersih, bawalah air secukupnya. Jika habis, Anda bisa merebus sumber air dan memasukkan ke dalam botol agar lebih praktis.

 

Peralatan keamanan dan obat-obatan


Alat masak camping - aura.co.id

 

Berinteraksi langsung dengan alam liar seringkali membuat kita rentan terkena bahaya-bahaya seperti tertusuk duri, jatuh terpeleset, atau bahkan diserang hewan buas. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, bawalah peralatan penting seperti tali tambang, senter, pisau lipat, dan pasak.

Jangan lupa untuk membawa P3K dan obat-obatan jika mendadak di tengah hutan maag kita kumat, atau mengalami luka ringan.

 

Peralatan komunikasi dan peta


Alat masak camping - play.google.com

 

Tindakan preventif lain yang bisa kita lakukan perihal keselamatan adalah dengan membawa alat komunikasi, peta, dan kompas. Jika daerah tempat berkemah masih terjangkau sinyal ponsel, Anda bisa membawa smartphone atau gadget. Tapi jika tidak, bawalah alat komunikasi standar seperti walkie talkie atau handy talk.

Tidak hanya itu, jangan lupa juga untuk membawa peta atau kompas agar saat tersesat di tengah hutan belantara, kita tidak kehilangan arah.

 

Jas Hujan


Alat masak camping - aliexpress.com

 

Cuaca yang tidak menantu dan sulit prediksi bisa menjadi salah satu hambatan kegiatan berkemah di alam terbuka. Untuk mengatasinya, masukkan jas hujan sebagai salah satu perlengkapan wajib yang harus dibawa selama camping. Selain jas hujan, Anda juga bisa membawa terpal untuk melindungi tenda dari hujan deras atau angin kencang.

 

Nah, itulah beberapa barang yang wajib dibawa saat berkemah selain tenda dan alat masak camping. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi bermanfaat.

Leave a comment

All comments are moderated before being published