7 + 3 BUKTI BAHWA HIKING ADALAH KEGIATAN YANG PENUH MANFAAT

hiking adalah

Tahukah kamu jika salah satu terapi yang paling menarik dan menyenangkan untuk dilakukan adalah dengan hiking? Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa hiking adalah kegiatan yang sangat bermanfaat, tidak hanya bagi tubuh, tapi juga bagi mental dan pikiran. Berjalan di alam terbuka sembari menikmati udara dan sinar matahari, sudah pasti akan memberikan dampak yang baik bagi diri.

Nah, sebenarnya apa saja sih, manfaat hiking itu?

Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Berbagai Bukti Bahwa Hiking Adalah Kegiatan yang Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh dan Pikiran

hiking adalah

Secara sederhana, definisi dari hiking adalah suatu kegiatan yang dilakukan di alam bebas dengan berjalan kaki menempuh rute, jarak dan tujuan tertentu. Di Indonesia, hampir semua pendakian gunung yang kita kenal dapat pula disebut dengan hiking. Di samping sebagian besar tidak membutuhkan skill dan perlengkapan teknis seperti tali temali, pendakian gunung di Indonesia juga umumnya berlangsung dalam waktu yang singkat.

Dibandingkan trekking, aktivitas hiking tentu lebih ringan untuk dilakukan. Jika trekking menempuh jarak yang jauh dan membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu, maka hiking dapat kamu selesaikan dalam satu atau dua hari saja. Lalu, jika trekking juga dilakukan pada rute yang bahkan tidak ada jalurnya, maka hiking pada umumnya dilakukan pada jalur yang sudah jelas.

BACA JUGA:

hiking adalah

Namun menariknya, ada pula jenis hiking yang juga membutuhkan waktu lebih lama. Kamu mungkin saja pernah mendengar istilah Pacific Crest Trail (PCT), Appalachian Trail (AT) atau yang paling populer di Indonesia; MMA Trail. Semua konsep rute ini umum disebut dengan hiking meskipun jarak yang ditempuh cukup jauh, bahkan membutuhkan waktu berminggu-minggu.

Apa pun keunikan konsepnya, yang pasti hiking adalah olahraga jalan yang penuh dengan manfaat. Dengan rutin melakukan hiking secara berkala, kamu akan mendapati banyak sekali hal positif sebagai pengaruhnya.

Lantas, apa sajakah manfaat hiking bagi kesehatan tubuh dan pikiran?

Berikut beberapa di antaranya.

7 Manfaat Hiking Bagi Kebugaran Tubuh

Seperti halnya berenang, Hiking adalah olahraga yang menuntut seluruh tubuhmu untuk bergerak. Kakimu yang melangkah, tanganmu yang berayun, lehermu, pundak, bahu dan semuanya akan aktif saat kamu melakukan hiking. Hal ini tentu saja akan memberikan sangat banyak manfaat untuk kebugaran tubuhmu sendiri.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

hiking adalah

Manfaat hiking pertama bagi kesehatan tubuh adalah dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hiking secara signifikan memiliki efek yang sangat baik untuk melatih kinerja jantung.

Dengan hiking secara berkala, maka jantungmu akan lebih optimal dalam memompa darah. Dalam periode yang lebih simultan, hal ini akan membantu jantungmu untuk tetap sehat.

Menurunkan Tekanan Darah dan Kadar Gula Darah

hiking adalah

Hiking gunung atau hiking di manapun saja yang sering dilakukan, juga memiliki manfaat yang signifikan dalam menurunkan tekanan dan kadar gula dalam darah. Hal ini tentu saja berkorelasi bagi kamu sebagai cara untuk mengantisipasi penyakit tekanan darah tinggi dan juga diabetes.

Meningkatkan Kekuatan Tulang

hiking adalah

Ketika melakukan hiking, semua persedian dan ototmu bekerja dengan aktif. Kamu juga mungkin akan membawa ransel saat hiking yang juga dapat menjadi latihan pembebanan bagi tubuh. Dengan melakukan hal seperti ini, kepadatan dan kekuatan tulangmu juga akan menjadi lebih baik.

Membangun Kekuatan Otot Pinggul

hiking adalah

Berjalan kaki dengan medan tempuh yang beragam akan membuat otot-otot kaki dan pinggulmu menjadi sangat aktif. Adaptive hiking adalah cara yang paling bagus untuk melatih kekuatan otot pinggul yang mendapat tekanan saat berjalan dan membawa ransel. Semakin sering kamu melakukan hiking, semakin kuat juga otot pinggulmu saat berjalan.

Memperkuat Inti Tubuh

hiking adalah

Manfaat hiking selanjutnya adalah mampu memperkuat inti tubuh dan organ-organ tubuhmu secara keseluruhan. Jantung akan lebih kuat dan mampu memompa darah secara maksimal, paru-paru akan jauh lebih nyaman karena menghirup udara alam yang segar, mata akan menjadi lebih berbinar menyelami hijaunya alam dan pepohonon.

Meningkatkan Keseimbangan

hiking adalah

Rute hiking tentu saja memiliki berbagai macam bentuk dan medan. Terkadang kamu akan menghadapi medan terjal dan menanjak, kadang kamu juga harus melewati medan yang licin dan berlumpur. Atau pada kesempatan yang lain, kamu juga misalnya akan dihadapkan pada medan berbatu yang menuntutmu untuk sedikit melakukan scrambling.

Nah, semua medan tempuh dalam hiking ini menuntutmu untuk melaluinya dengan sebaik mungkin supaya tidak terjatuh. Dan untuk tujuan ini, keseimbangan tubuh adalah salah satu kunci yang tidak dapat dikesampingkan.

Melatih Mengontrol Beban

hiking adalah

Meskipun ultralight hiking adalah jenis hiking yang paling efisien dalam hal barang bawaan, namun teknik hiking ini juga dapat membantu mengontrol beban. Saat melewati lintasan hiking yang miring, menurun atau pun menanjak, kamu tentu saja harus memastikan beban tubuhmu dan beban ranselmu bisa kamu kendalikan.

Jika ultralight hiking saja sudah memberi dampak yang demikian signifikan bagi kemampuan kontrol beban, lalu, bagaimana pula dengan hiking reguler yang bobot perlengkapannya lebih standar?

Tentu saja menjadi lebih efektif, kan?

3 Manfaat Penting Hiking Bagi Pikiran

Selain memiliki manfaat yang beragam pada tubuh, hiking juga memiliki segudang manfaat bagi pikiran manusia. Udara yang segar, pepohonan yang rindang, aroma dedaunan dan tanah yang khas, akan membuat pikiran setiap hiker menjadi lebih rileks dan damai.

Nah, berikut 3 manfaat hiking bagi pikiran yang paling signifikan;

Membangun Hubungan yang Harmonis dengan Alam

hiking adalah

Berjalan di bawah rindangnya pepohonan, mendengarkan kicauan burung, atau pun meresapi indahnya butir-butir air hujan yang menetes di atas lembar-lembar daun, akan memberikan perasaan damai di dalam hati. Dalam banyak kasus, rutinitas hiking yang dilakukan secara simultan akan membangun sebuah hubungan yang sangat harmonis antara seorang hiker dengan alam di sekitarnya.

Pada praktiknya, hubungan yang akrab antara seorang hiker dengan alam bebas akan melahirkan sebuah sikap peduli kepada alam sekitar. Dalam konsekuensi yang lebih nyata, konsep ini kadang akan melahirkan banyak aksi peduli lingkungan yang sungguh layak untuk dijadikan teladan.

Membuat Pikiran Menjadi Lebih Fokus

hiking adalah

Menurutmu apa dampak menarik dari melewati medan hiking yang sulit atau terjal?

Lintasan hiking yang terjal dengan pijakan yang mungkin saja mudah rontok, atau medan yang licin karena habis diguyur hujan deras, akan memaksa kamu untuk melewatinya dengan penuh fokus. Medan-medan seperti ini tidak memberi kamu kesempatan untuk mengalihkan fokus karena bahaya yang ada di baliknya.

Nah, hal ini ternyata dapat membantu kamu untuk melatih fokus pada sesuatu. Fokus untuk bisa melewati lintasan yang tidak mudah dalam hiking sama efektifnya dengan fokus dalam memanah yang mengharuskanmu untuk berpusat pada titik target yang menjadi sasaran.

Meningkatkan Mood dan Perasaan

hiking adalah

Hiking diketahui secara efektif dapat mereduksi gejal stress, kecemasan, dan juga rasa khawatir. Hiking dan berjalan di alam terbuka pada praktiknya juga akan memberikan dampak yang baik bagi suasana hati dan pikiran (mood).  Setidaknya itu yang disampaikan oleh Gregory Miller, PhD, dari American Hiking Society.

Ketika kamu merasa lebih lebih santai dan rileks, bukankah suasana hati dan emosimu akan menjadi lebih stabil, kan?

Nah, ini adalah manfaat hiking yang juga bisa kamu dapatkan.

Beberapa Tips Melakukan Hiking

Jika kamu belum pernah melakukan hiking sebelumnya, aktivitas hiking bisa menjadi sesuatu yang menakutkan. Nah, beberapa tips berikut ini akan bermanfaat untuk membantumu mendapatkan pengalaman yang lebih menarik saat hiking.

Persiapkan Diri

hiking adalah

Persiapan yang dimaksud disini adalah prepare yang mencakup fisik, mental dan juga perlengkapan. Jadi, sebelum melakukan hiking, kamu sebaiknya mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin.

Kamu bisa jogging atau berolahraga lebih sering sebelum memutuskan untuk hiking sebagai persiapan fisik. Di samping itu, kamu juga dapat membaca buku-buku mengenai hiking atau memperluas wawasanmu tentang aktivitas ini sebagai bagian dari persiapan mental. Semakin baik kamu mempersiapkan diri, maka akan semakin menyenangkan pula perjalanan hikingmu nantinya.

Ajak Teman

hiking adalah

Tips hiking selanjutnya jika kamu adalah seorang pemula adalah dengan mengajak teman. Kamu bisa mengajak beberapa orang temanmu untuk hiking ke suatu daerah dan mendapatkan pengalaman di sana.

Di samping lebih asyik dan menyenangkan, hiking bersama teman juga akan membuat kamu merasa lebih aman. Setidaknya akan ada yang menolongmu jika terjadi sesuatu hal yang tidak sesuai rencana dalam perjalanan hiking yang kamu lakukan.

Gunakan Perlengkapan yang Terbaik

hiking adalah

Tips terakhir untuk melakukan hiking adalah dengan membawa perlengkapan yang paling ideal dan tepat. Perlengkapan seperti ini tidak harus mahal lho, ya. Unsur terpenting dari membawa perlengkapan yang tepat adalah karena hal itu membuat kamu lebih nyaman dan percaya diri.

BACA JUGA:

 

hiking adalah

Nah, untuk persiapan yang satu ini kamu bisa mempercayakannya pada Akasaka Outdoor. Produk Akasaka telah terbukti sangat tangguh dan nyaman dikenakan saat bertualang dalam aktivitas apa pun di alam bebas. Termasuk juga hiking tentu saja.

Kamu bisa menemukan sandal gunung terbaik di Indonesia, ransel super nyaman dengan bobot kurang dari 1 kilogram, t-shirt dan jaket keren yang akan membuatkan kamu nyaman di berbagai lintasan. Bahkan kamu juga bisa menemukan sajadah untuk mengingatkan kamu tetap beribadah selama melakukan hiking. Dan semuanya ada di Akasaka Outdoor.

SEKARANG KLIK DISINI DAN DAPATKAN PRODUK TERBAIK AKASAKA DENGAN HARGA PALING ISTIMEWA

 

Baca Ini Juga Yuk!

5 TIPS MENDAKI GUNUNG SAAT HAID AGAR NYAMAN DAN AMAN
5 TIPS MENDAKI GUNUNG SAAT HAID AGAR NYAMAN DAN AMAN
Mendaki saat haid merupakan tantangan tersendiri bagi perempuan. Pasalnya, kondisi fisik perempuan yang sedang menstruasi cenderung mudah letih. Selain itu, sebagian orang percaya, perempuan tidak ...
Read More
BEGINI CARA MEMASAK NASI  YANG BENAR SAAT KEMAH ATAU MENDAKI GUNUNG
BEGINI CARA MEMASAK NASI YANG BENAR SAAT KEMAH ATAU MENDAKI GUNUNG
Apakah Sobat Akasaka berencana kemah di akhir pekan ini? Jangan lupa, pelajari cara memasak nasi saat kemah. Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia yang mampu mengenyangkan secara cepat....
Read More
5 TIPS MUDAH AGAR TERHINDAR DARI DEHIDRASI SAAT MENDAKI
5 TIPS MUDAH AGAR TERHINDAR DARI DEHIDRASI SAAT MENDAKI
Apakah Sobat Akasaka pernah kehilangan konsentrasi saat mendaki? Hati-hati; hilang konsentrasi merupakan salah satu tanda dehidrasi. Dampak yang lebih berbahaya, dehidrasi menyebabkan cepat lelah d...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published