6 Tips Merawat Wajah saat Mendaki untuk Petualang Wanita

Mendaki memang bukan hanya kegiatan milik kaum pria. Saat ini, semakin banyak wanita yang mencintai dunia pendakian. Nah, bagi para petualang cantik, tentu kondisi wajah dan tubuh tetap menjadi perhatian pada saat mendaki. Bagaimana caranya agar kulit wajah tetap terawat selama mendaki? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Sobat Akasaka praktikkan.

 

Wajib Gunakan Tabir Surya atau Sunblock


Mencerahkan wajah - thetrophymom.wordpress.com

 

Walaupun berudara dingin, matahari di atas gunung bisa terasa lebih terik. Belum lagi udara yang kering dan perubahan suhu yang terjadi dapat membuat kulit wajah terkelupas atau menghitam.

Oleh karena itu, selalu gunakan sunblock dengan kadar SPF sedang. Memang, tujuan menggunakan sunblock ini bukanlah untuk mencerahkan wajah. Namun, kandungan SPF yang ada pada tabir surya akan melindungi wajah dari sinar matahari dan udara ekstrem.

 

Basuh Wajah dengan Air Hangat

 Pada saat berada di titik istirahat atau berkemah, sempatkan membasuh wajah menggunakan air hangat. Selain lebih bersih, air hangat pun bereaksi lebih lembut terhadap wajah dibandingkan dengan air gunung yang bersuhu dingin.

Setelah itu, keringkan wajah menggunakan handuk kecil khusus wajah. Kalau terbiasa menggunakan krim malam untuk mencerahkan wajah, Sobat Akasaka bisa mengaplikasikannya sebelum tidur. Kalau tidak, baby cream juga bisa digunakan untuk melembapkan wajah.

 

Bawa Tisu Basah Khusus Wajah


Mencerahkan wajah - makeupandbeauty.com

 

Agar lebih praktis, tisu basah khusus wajah bisa dimanfaatkan untuk membersihkan wajah setelah seharian mendaki. Pilihlah tisu basah yang berserat lembut agar tidak membuat kulit iritasi. Jangan lupa, selalu bawa lagi semua jenis sampah yang dihasilkan selama mendaki termasuk tisu basah, ya.

 

Gunakan Masker atau Buff


Mencerahkan wajah - youtube.com

 

Walaupun sudah menggunakan sunblock, masker atau buff juga dapat digunakan sebagai perlindungan tambahan. Kenakan masker sampai bagian batang hidung untuk melindungi sebagian besar area wajah. Trik yang bisa mencerahkan wajah ini bisa dilakukan dalam cuaca panas ataupun dingin.

Untuk bagian mata dan sekitarnya, Sobat Akasaka bisa memanfaatkan kacamata hitam. Sebisa mungkin, gunakan kacamata hitam polarized yang bisa menyaring cahaya matahari sehingga area mata lebih terlindungi. Selain itu, memakai kacamata juga bisa melindungi area mata dari debu dan kotoran.

 

Jangan Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Ketika mendaki, Sobat Akasaka tentu menyentuh banyak hal seperti ranting, tanah, atau bebatuan. Sebaiknya, tahan tangan agar tidak terlalu sering menyentuh wajah. Usahakan selalu mencuci tangan atau menyekanya dengan tisu basah sebelum menyentuh wajah agar kotoran tidak menempel di wajah.

 

Jangan Gunakan Rias Wajah yang Berlebihan


Mencerahkan wajah - breakingblue.org

 

Riasan cenderung menutup pori-pori wajah. Di situasi pendakian, pori-pori yang tertutup akan berbahaya dan membuat Sobat Akasaka tidak nyaman. Selama mendaki, cukup gunakan pelembap wajah, sunblock, dan lip balm untuk melindungi wajah.

Mengatasi Kondisi Kulit Wajah setelah Pendakian

Kulit wajah yang terasa panas dan mengelupas bisa saja terjadi selama dan setelah mendaki. Ini disebabkan oleh suhu dan udara yang berubah, serta paparan sinar matahari yang didapat selama mendaki.

Tetapi jangan khawatir, setelah turun dari pendakian dan sampai di rumah, pertimbangkan untuk melakukan facial di salon untuk membantu mencerahkan wajah. Lakukan facial ringan hanya sekadar untuk membersihkannya dari sisa kotoran selama di perjalanan.

Namun, tunggu hingga beberapa hari setelah pendakian atau tunggu sampai kulit wajah tidak lagi terasa panas atau tidak lagi mengelupas. Sambil menunggu kulit kembali normal, Sobat Akasaka tetap bisa menjalani rutinitas penggunaan pelembap, krim siang dan krim malam, serta membersihkan wajah dengan cleanser secara perlahan.

Ternyata, tetap cantik walaupun hobi mendaki itu tidak sulit, ya. Dengan sedikit disiplin dan perawatan sederhana, kulit wajah Sobat Akasaka tetap bisa sehat dan segar.

Leave a comment

All comments are moderated before being published