5 TIPS MENDAKI GUNUNG RINJANI DENGAN BUDGET MINIM

Pemandangan Gunung Rinjani

Selain terkenal sebagai salah satu gunung tertinggi di Indonesia, Rinjani juga memiliki daya tarik keindahan alam yang luar biasa. Banyak pelancong yang datang karena ingin menyaksikan langsung keindahan alam itu. Berdasarkan data dari Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) yang dikutip dari laman Kompas, pada tahun 2016 saja, sebanyak 30.847 wisatawan mancanegara mendaki gunung Rinjani.

Hal ini membuktikan bahwa Gunung Rinjani memang sudah dikenal luas hingga mancanegara. Meskipun demikian, nyatanya masih banyak pendaki gunung Indonesia yang bahkan belum menjejakkan kakinya di Gunung Rinjani. Salah satu alasan yang seringkali disampaikan adalah karena budget yang minim.

Sebenarnya ada banyak tips agar mendaki gunung bisa dilakukan dengan biaya minim, termasuk pula mendaki gunung di Rinjani. Nah, apa sajakah tips tersebut? Berikut ulasannya untuk Sobat Akasaka.

Tips Mendaki Gunung Rinjani Dengan Biaya yang Pas-Pasan

Pulau Lombok yang menjadi rumah bagi gunung Rinjani, bisa dijangkau dengan berbagai sarana transportasi yang ada. Sobat Akasaka bisa mencapainya dengan angkutan udara, laut, atau pun darat. Nah, mendaki ke gunung Rinjani dengan budget minimal tentu saja harus mempertimbangkan moda transportasinya pula.

Lalu selain pilihan transportasi, apa sajakah hal lain yang bisa dilakukan sebagai tips hemat mendaki Rinjani?

Persiapan Jauh-Jauh Hari

Persiapan Mendaki Gunung Rinjani

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Sobat Akasaka mempersiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari. Mungkin sebagian orang beranggapan, persiapan yang terlalu matang justru akan menghilangkan keseruan bertualang. Tapi untuk hal ini, persiapan matang sangat diperlukan.

Persiapan ini meliputi fisik, waktu dan juga perlengkapan. Semakin baik persiapan yang Sobat Akasaka lakukan, maka akan semakin baik pula. Olahraga yang teratur, membuat check list perlengkapan, dan mempelajari berbagai hal tentang Rinjani, termasuk transportasi alternatif yang ada, adalah beberapa hal yang bisa membuat persiapan Sobat semakin matang.

Gunakan Transportasi Umum

Gunakan Transportasi Umum Saat Akan Menuju Ke Rinjani

Untuk memangkas biaya, disarankan menggunakan transportasi umum yang lebih murah. Sebagai contoh misalnya Sobat Akasaka berangkat dari Pulau Jawa, maka sebaiknya menggunakan kereta. Selain lebih nyaman, tarif kereta juga lebih murah.

Bayangkan saja, hanya dengan uang 100 ribu rupiah, sobat akasaka sudah bisa melakukan perjalanan dari Jakarta ke Surabaya. Namun, karena harga makanan di dalam kereta umumnya cukup tinggi, ada baiknya Sobat juga membawa perbekalan sendiri untuk menghindari kebosanan dan rasa lapar.

Setelah turun di Stasiun Pasar Turi Surabaya, Sobat Akasaka hanya perlu menyeberang jalan untuk sampai di Terminal Surabaya. Kemudian dari terminal, Sobat tinggal naik bus dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Perak.

Dengan biaya 87 ribu rupiah saja tiket tujuan Lombok sudah bisa didapat di Tanjung Perak. Tapi ingat, kapal dengan tujuan Surabaya – Lombok tidak berlayar setiap hari. Jadwal pelayarannya hanya di hari Selasa dan Sabtu. Pastikan Sobat Akasaka tidak terlambat supaya tidak mengalami kendala sebelum memulai pendakian gunung Rinjani-nya sendiri.

Jurus Menumpang

Menumpang

Tips budget minim untuk mendaki gunung Rinjani selanjutnya adalah dengan jurus menumpang. Kalau ada sopir truk yang kebetulan sedang dalam perjalanan ke Lombok Timur, mungkin Sobat Akasaka akan diizinkan menumpang dengan imbalan hanya ucapan terima kasih.

Menumpang pada dasarnya bukan tips yang benar-benar dapat dijadikan pilihan utama. Selain tidak pasti akan mendapatkan tumpangan atau tidak, waktu mencari tumpangan juga dapat menjadi sesuatu yang tidak pasti. Dan jika terlalu lama, bukan tidak mungkin justru budget untuk hal lain malah bisa bertambah.

Menginap di Rumah Warga

Sobat Akasaka, perjalanan dari Pulau Jawa ke Lombok Timur membutuhkan waktu beberapa hari. Ada waktu dan tenaga yang terkuras. Jadi ada baiknya istirahat semalam untuk memulihkan tenaga ketika sudah sampai di Desa Sembalun, di kaki Gunung Rinjani.

Karena harga hotel di tempat ini cukup mahal dan menguras kantong, hal ini bisa disiasati dengan menginap di rumah warga. Dengan menginap di rumah warga, tentu saja biaya yang dikeluarkan bisa menjadi lebih ditekan. Dan itu tentu saja sangat menyenangkan.

Mendaki Tanpa Menggunakan Jasa Guide dan Porter

Membawa Barang Sendiri Saat Mendaki

Mendaki gunung Rinjani tanpa guide adalah pilihan yang sebaiknya diambil untuk menghemat biaya selanjutnya. Dengan tidak menggunakan jasa guide dalam pendakian, maka ada biaya yang bisa dipangkas. Namun konsekuensinya adalah tentu saja Sobat Akasaka harus memastikan pula bahwa pendakian yang Sobat lakukan tidak akan bermasalah tanpa hadirnya seorang guide atau pun porter.

Keputusan untuk tidak menggunakan jasa guide atau porter ini sebaiknya tidak dilakukan oleh pendaki pemula. Dengan risiko teknis yang cukup tinggi, tanpa dampingan seorang pemandu tentu saja proses pendakian bisa saja menjadi lebih riskan. Jadi, ambillah keputusan untuk tidak menggunakan jasa pemandu jika hal tersebut memang benar-benar bisa dilakukan tanpa menambah risiko yang ada.

Sebagai tips terakhir mendaki gunung Rinjani Lombok dengan budget terbatas adalah dengan memastikan peralatan yang dibawa tidak mengalami masalah saat proses pendakian. Jika seumpama sandal gunung Sobat putus di tengah jalan, tentu saja akan membuat cost menjadi bertambah karena harus membeli yang baru. Selain tentu saja dapat menghambat perjalanan.

Nah, oleh karena itu memang sebaiknya Sobat menggunakan sandal gunung dengan kualitas yang tangguh dan telah terbukti kualitasnya. Dan Sobat tahu sendiri, kan? Untuk urusan sandal gunung terbaik di Indonesia, Akasaka adalah jawabannya.

Jadi, selamat mendaki gunung Rinjani, ya!

 

Baca Ini Juga Yuk!

BEGINI CARA MEMASAK NASI SAAT KEMAH YANG BENAR
BEGINI CARA MEMASAK NASI SAAT KEMAH YANG BENAR
Apakah Sobat Akasaka berencana kemah di akhir pekan ini? Jangan lupa, pelajari cara memasak nasi saat kemah. Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia yang mampu mengenyangkan secara cepat....
Read More
5 TIPS MUDAH AGAR TERHINDAR DARI DEHIDRASI SAAT MENDAKI
5 TIPS MUDAH AGAR TERHINDAR DARI DEHIDRASI SAAT MENDAKI
Apakah Sobat Akasaka pernah kehilangan konsentrasi saat mendaki? Hati-hati; hilang konsentrasi merupakan salah satu tanda dehidrasi. Dampak yang lebih berbahaya, dehidrasi menyebabkan cepat lelah d...
Read More
TEKNIK WALL CLIMBING DASAR UNTUK PEMULA
TEKNIK WALL CLIMBING DASAR UNTUK PEMULA
Wall climbing alias panjat tebing tergolong salah satu olahraga ekstrem yang digemari banyak pencinta alam. Tak sekadar indoor climbing, banyak pemanjat yang juga tertarik untuk menggapai puncak-pu...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published