5 TIPS MENDAKI SAAT HAID AGAR NYAMAN DAN AMAN

Mendaki saat haid merupakan tantangan tersendiri bagi perempuan. Pasalnya, kondisi fisik perempuan yang sedang menstruasi cenderung mudah letih. Selain itu, sebagian orang percaya, perempuan tidak boleh melakukan pendakian selama haid dengan alasan mistis.

Namun, bagi Sobat Akasaka yang hidup di zaman modern, semua masalah tersebut bisa diatasi. Caranya dengan menerapkan tips-tips berikut.

  • Persiapkan Fisik Sobat Akasaka

    Kesehatan dan kekuatan fisik adalah syarat utama yang harus dipenuhi oleh pendaki. Padahal, perempuan kerap mengalami nyeri ketika menstruasi. Bahkan, sebagian perempuan sulit bangun dari tempat tidur manakala nyeri menyerang.

    Solusinya, Sobat Akasaka harus latihan fisik ringan sebelum mendaki. Pastikan, daya tahan tubuh kuat, bebas dari anemia, pusing, maupun kram perut.

    • Bawa Pembalut Sesuai Kebutuhan

      Tips kedua; cek secara teliti jumlah pembalut yang akan Sobat Akasaka bawa sebelum berangkat ke lokasi pendakian. Misalnya, pendakian membutuhkan waktu sekitar dua hari, berarti minimal membawa delapan pembalut. Simpan di kantong tas paling depan supaya mudah mengambilnya.

      Untuk ukuran pembalut, pilih yang panjang dan lebar. Pastikan juga, pembalut tersebut mudah menyerap cairan. Jangan lupa, ganti pembalut setiap 4 jam sekali di tempat aman dan nyaman.

      • Konsumsi Air Putih Secukupnya

        Ketika mendaki, Sobat Akasaka membutuhkan lebih banyak air putih, terutama bagi yang sedang haid. Jika tubuh terhidrasi dengan baik, nyeri haid tidak akan terasa. Selain itu, fisik menjadi kuat dan segar setiap saat.

        • Pastikan Buang Air Kecil di Tempat yang Tepat

          Apakah Sobat Akasaka sering buang air kecil? Hati-hati; perempuan yang sedang haid harus pandai mencari tempat buang air kecil. Tujuannya, supaya tidak mengotori lingkungan.

          Di samping itu, bawalah tisu basah untuk membersihkan organ intim. Namun, ingat, jangan membuang tisu sembarangan. Jika tidak menemukan tempat sampah, sebaiknya simpan tisu di dalam plastik. Lalu, masukkan ke tas ransel Sobat Akasaka.

          • Patuhi Peraturan Pendakian

            Tahukah Sobat Akasaka, beberapa peraturan di gunung kadang kala tidak tertulis? Sebagian justru terucap dari pesan warga sekitar atau juru kunci gunung.

            Sebagai contoh, di pegunungan ada sungai jernih dengan bebatuan unik di dalamnya. Melihat keindahan bebatuan, banyak pendaki yang mengambilnya. Padahal, juru kunci sudah mengingatkan Sobat Akasaka untuk tidak membawa pulang apa pun dari gunung.

            Menurutnya, kalau aturan ini dilanggar, biasanya ada hal buruk yang terjadi. Meski Sobat Akasaka enggan memercayai mitos tersebut, minimal patuhi aturannya. Berpikir positif saja; anggap peringatan itu bertujuan untuk menjaga kelestarian alam.

            Demikian beberapa tips mendaki saat haid untuk pendaki wanita. Mendaki bukan perkara mudah; butuh keberanian dan keterampilan supaya selamat sampai tujuan. Selain itu, perhatikan setiap larangan selama di pendakian, pesan juru kunci, dan jagalah kebersihan lingkungan pegunungan.

            Baca Ini Juga Yuk!

            7 CARA MENGHANGATKAN TUBUH YANG BENAR SAAT BERADA DI GUNUNG
            7 CARA MENGHANGATKAN TUBUH YANG BENAR SAAT BERADA DI GUNUNG
            Salah satu masalah terbesar dari pendakian bukanlah medan atau kondisi fisik seseorang saja. Terkadang, beberapa pendaki harus rela sebelum ke puncak karena tidak bisa menghangatkan tubuhnya dengan...
            Read More
            TIPS MELAKUKAN MANAJEMEN WAKTU PENDAKIAN YANG TEPAT
            TIPS MELAKUKAN MANAJEMEN WAKTU PENDAKIAN YANG TEPAT
            Melakukan pendakian gunung yang tinggi di Indonesia bukanlah pekerjaan yang mudah. Kita tidak boleh mendaki dengan asal modal nekat saja. Asal kuat berjalan jauh, kita tidak acuh dengan banyak hal ...
            Read More
            5 CARA MELAKUKAN AKLIMATISASI INSTAN SEBELUM PENDAKIAN
            5 CARA MELAKUKAN AKLIMATISASI INSTAN SEBELUM PENDAKIAN
            Pendakian yang dilakukan di gunung dan memiliki perbedaan ketinggian dari tempat kita berasal sangat sulit. Kita harus menyesuaikan diri dengan banyak hal mulai dari suhu, tekanan udara, angin, sin...
            Read More

            Leave a comment

            All comments are moderated before being published