5 TIPS MEMILIH BAHAN PAKAIAN UNTUK WANITA HIJAB SAAT MENDAKI

Sobat Akasaka belum menemukan pakaian yang cocok untuk wanita hijab saat mendaki? Terapkan tips berikut ini, yuk.

Wanita berhijab perlu menyiapkan banyak hal sebelum mendaki, salah satunya pakaian. Tidak hanya tampak stylish ketika dikenakan, pakaian juga harus terasa nyaman dan aman. Sebagai acuan, berikut ini tips memilih bahan pakaian terbaik untuk wanita hijab saat mendaki.

  • Kenakan Hijab Berbahan Tipis

    Cuaca di pegunungan tergolong tidak menentu dan ekstrem. Sobat Akasaka bisa saja bertemu hujan saat mendaki. Itu sebabnya, Sobat Akasaka harus memakai hijab berbahan tipis.

    Hijab tipis tidak hanya ringan ketika dikenakan, tetapi juga mudah kering. Untuk model, sesuaikan dengan selera Sobat Akasaka. Namun, upayakan memilih hijab yang simpel, semisal jilbab bergo dan kerudung segiempat berbahan crepe atau sifon.

    • Pilih Bahan Baju yang Menyerap Keringat

      Selain memilih hijab ringan, Sobat Akasaka harus mengenakan baju berbahan dry fit. Contohnya, baju jersey—bahannya ringan, mudah menyerap keringat, dan cepat kering. Jika ingin terasa adem saat dipakai, pilih baju berbahan katun.

      Sobat Akasaka bisa melapisi kaos outdoor seperti jersey dengan outfit flannel atau jaket. Pastikan, ukuran panjang outfit sesuai tinggi badan. Sementara untuk warna, Sobat Akasaka bisa memilih yang cerah.

      • Hindari Memakai Celana Jeans

        Siapa bilang, hanya celana jeans yang stylish? Sobat Akasaka bisa memakai celana berbahan nylon atau spandek. Bahan ini tidak hanya dry fit dan mudah menyerap keringat, tetapi juga ringan.

        Selain bahan tersebut, Sobat Akasaka juga boleh mengenakan celana kanvas. Ketika dipakai, celana kanvas terasa nyaman untuk bergerak. Namun hati-hati, celana ini sulit kering saat terkena air.

        • Pakai Bahan Jaket Gunung yang Bahannya Dilapisi Teknologi

          Udara pegunungan yang dingin kerap menusuk sampai ke tulang. Hipotermia bisa saja menyerang, jika Sobat Akasaka tak pandai memilih bahan jaket. Ditambah lagi, banyak hewan kecil berbisa kerap berkeliaran—mengincar setiap pendaki yang lalai.

          Solusinya, Sobat Akasaka harus memakai jaket waterproof yang tebal. Jenis jaket ini biasanya didesain dengan sentuhan teknologi sehingga mudah menyerap keringat dan air. Misalnya, jaket Gore-Tex yang terdiri dari beberapa lapis kain berteknologi breathability (melepaskan uap dari lengas tubuh).

          • Pakai Celana Konvertibel

            Celana konvertibel bisa diubah menjadi celana pendek atau tiga perempat. Di bagian depan celana pun terdapat ritsleting. Selain itu, celana konvertibel mudah dibersihkan dan cepat kering.

            Bahan celana konvertibel berasal dari nilon. Materi ini tidak mudah robek, tahan angin, dan antiair. Celana konvertibel nilon juga bisa dipisahkan menjadi dua bagian. Ketika celana bagian bawah terkena lumpur, Sobat Akasaka tinggal melepaskannya dari bagian atas.

            Itulah lima tips untuk wanita hijab saat mendaki gunung. Pastikan, Sobat Akasaka memenuhi semua tips di atas supaya pendakian lancar. Selamat mencoba!

            Baca Ini Juga Yuk!

            BEGINI CARA MEMASAK NASI SAAT KEMAH YANG BENAR
            BEGINI CARA MEMASAK NASI SAAT KEMAH YANG BENAR
            Apakah Sobat Akasaka berencana kemah di akhir pekan ini? Jangan lupa, pelajari cara memasak nasi saat kemah. Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia yang mampu mengenyangkan secara cepat....
            Read More
            5 TIPS AGAR TERHINDAR DARI DEHIDRASI SAAT MENDAKI
            5 TIPS AGAR TERHINDAR DARI DEHIDRASI SAAT MENDAKI
            Apakah Sobat Akasaka pernah kehilangan konsentrasi saat mendaki? Hati-hati; hilang konsentrasi merupakan salah satu tanda dehidrasi. Dampak yang lebih berbahaya, dehidrasi menyebabkan cepat lelah d...
            Read More
            TEKNIK WALL CLIMBING DASAR UNTUK PEMULA
            TEKNIK WALL CLIMBING DASAR UNTUK PEMULA
            Wall climbing alias panjat tebing tergolong salah satu olahraga ekstrem yang digemari banyak pencinta alam. Tak sekadar indoor climbing, banyak pemanjat yang juga tertarik untuk menggapai puncak-pu...
            Read More

            Leave a comment

            All comments are moderated before being published