5 TIPS CAMPING BAGI PEMULA

Camping Bagi Pemula

Mempersiapkan perlengkapan (packing) untuk dibawa saat perjalanan merupakan hal yang wajib dilakukan. Selain mempermudah kegiatan selama traveling, persiapan yang dilakukan juga dapat membantu kita menghadapi hal-hal tidak terduga pada saat perjalanan.

Kegiatan persiapan perlengkapan tidak hanya berlaku untuk liburan ala backpacker atau turis perjalanan mewah. Bagi yang ingin berkemah (camping) dan menikmati sensasi tidur di alam terbuka, melakukan packing sebelum berangkat juga merupakan sebuah keharusan.

Sayangnya meskipun dulu hampir semua anak Indonesia mendapatkan pendidikan pramuka, tidak banyak yang tahu apa saja persiapan sebelum berkemah. Nah, jika Anda termasuk mereka yang tidak berpengalaman tetapi ingin merasakan liburan dengan berkemah, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa diikuti.

Berikut merupakan 5 tips camping bagi pemula, di antaranya:

Menentukan lokasi

Menentukan Lokasi Camping

Karena pengalaman kita belum terlalu banyak soal camping, sebaiknya pilih lokasi berkemah yang aman, nyaman, dan tidak terlalu jauh dari pemukiman. Selain agar liburan ala camper kita lebih mudah, lokasi yang tepat juga bisa menghindarkan kita dari bahaya seperti hewan buas, makanan beracun, dan tersesat. Salah satu lokasi camping aman untuk pemula adalah Buper atau Bumi Perkemahan.

Di daerah seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Cianjur, dan Sukabumi, tempat semacam ini mudah sekali ditemukan. Jika ingin berkemah ke tempat yang sedikit “menantang,” Anda bisa berkunjung ke Cibodas. Bumi perkemahan di kaki Gunung Gede Pangrango tersebut masih memiliki suasana alami yang menyejukkan, dengan pemandangan yang memesona.

Tentukan akan pergi dengan siapa

Pergi Camping Dengan Siapa

Bagi pemula, pergi bersama beberapa teman atau orang yang berpengalaman saat camping adalah hal penting. Siapa yang mau tersesat di hutan? Tidak ada bukan? Inilah mengapa sebelum pergi berkemah kita sudah harus tahu akan pergi dengan siapa. Usahakan membawa lebih dari satu teman saat melakukan kegiatan ini.

Menentukan lama camping

Lama Waktu Camping

Setelah menentukan lokasi, tips camping selanjutnya adalah menentukan lama kegiatan berkemah. Mengapa hal ini penting? Dengan menentukan lama waktu berkemah kita tahu seberapa banyak logistik dan perlengkapan yang harus dibawa. Misalnya, kita akan berkemah selama 3 hari 2 malam, maka logistik terutama bahan makanan yang dibawa pun diperkirakan cukup selama waktu yang ditentukan.

Hal ini dapat mencegah kita membawa barang-barang yang tidak terlalu diperlukan, atau malah lupa membawa yang penting. Karena prinsip berkemah adalah, semakin sederhana semakin nyaman. Maka kalau bisa, perlengkapan yang dibawa benar-benar yang dibutuhkan dan penting.

Siapkan peralatan camping dan logistiknya

Peralatan Camping Dan Logistik

Selain tenda untuk tempat berlindung, peralatan camping yang wajib dibawa adalah matras, sleeping bag, jas hujan, senter atau headlamp, pasak, dan tali tambang. Sedangkan untuk logistik, bawalah barang yang benar-benar diperlukan seperti peralatan masak sekaligus cadangan makanan, minuman, baju ganti, baju hangat, peralatan mandi, P3K dan obat-obatan, peralatan ibadah, peta, kompas, kamera, ponsel, serta tas kresek atau plastik bersih.

Agar semua barang terbawa, lakukan pengecekan ulang sebelum dimasukkan ke ransel. Agar kegiatan camping lebih nyaman, usahakan untuk membawa satu tas carrier saja yang bisa digendong ke mana-mana.

Buat rencana kegiatan selama berkemah

Rencana Kegiatan Saat Berkemah

Memiliki rencana yang pasti saat camping sangat penting agar kegiatan semakin menyenangkan. Karena itulah sebelum berangkat, pastikan Anda tahu apa saja yang akan dilakukan dan ke mana saja akan menjelajah selama kegiatan berkemah. Bahkan kalau perlu, tentukan durasi setiap kegiatan agar semuanya bisa diikuti dan berjalan dengan lancar.

Nah, itulah beberapa tips camping yang bisa menjadi referensi bermanfaat. Selamat bertualang.

Baca Ini Juga Yuk!

LATIHAN FISIK YANG PERLU DILAKUKAN AGAR KUAT MENDAKI SAMPAI PUNCAK
LATIHAN FISIK YANG PERLU DILAKUKAN AGAR KUAT MENDAKI SAMPAI PUNCAK
Mendaki gunung termasuk aktivitas yang berat, bahkan esktrem. Jalanan terjal dan menanjak, jarak tempuh yang jauh, suhu udara yang rendah, ditambah carrier berat di punggung adalah tantangan yang h...
Read More
TIPS AGAR TIDAK TERKENA HIPOTERMIA DI GUNUNG
TIPS AGAR TIDAK TERKENA HIPOTERMIA DI GUNUNG
Untuk mencapai sesuatu, selalu ada risiko yang melengkapi. Pun demikian dengan kegiatan pendakian gunung. Demi mencapai keindahan dan kepuasan kala berada di puncak ketinggian, berbagai risiko juga...
Read More
7 CARA MENGHANGATKAN TUBUH YANG BENAR SAAT BERADA DI GUNUNG
7 CARA MENGHANGATKAN TUBUH YANG BENAR SAAT BERADA DI GUNUNG
Salah satu masalah terbesar dari pendakian bukanlah medan atau kondisi fisik seseorang saja. Terkadang, beberapa pendaki harus rela sebelum ke puncak karena tidak bisa menghangatkan tubuhnya dengan...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published