5 PERALATAN MENDAKI GUNUNG YANG WAJIB DIBAWA UNTUK PENDAKI PEMULA

Peralatan mendaki gunung adalah unsur paling penting untuk dipersiapkan dalam sebuah rencana pendakian gunung. Ada banyak ragam perlengkapan yang digunakan untuk aktivitas mountaineering. Namun di antara yang demikian banyak tersebut, ada beberapa yang dianggap cukup krusial dan harus dibawa oleh setiap pendaki gunung, khususnya yang masih pemula.

Nah, apa saja perlengkapan tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

5 Peralatan Mendaki Gunung yang Wajib dan Harus Dibawa

Seperti yang telah disebutkan, perlengkapan hiking menjadi modal persiapan yang penting ketika mendaki. Perlengkapan tersebut terbagi menjadi 2, yakni perlengkapan pribadi dan kelompok. Perlengkapan pribadi dipakai masing-masing pendaki. Sementara itu, perlengkapan kelompok, ditujukan untuk pemakaian seluruh rombongan.

Dari sekian banyak perlengkapan, berikut ini peralatan mendaki gunung yang wajib sobat bawa khususnya untuk pribadi.

Jaket Gunung dan Sleeping Bag

Jaket gunung menjadi peralatan mendaki yang krusial. Pastikan untuk memilih jaket yang tak hanya melindungi tubuh dari hawa dingin, tapi juga sebagai pelindung tubuh dari duri tajam. Ketika memilih jaket gunung, pastikan bahwa jaket itu terbuat dari bahan yang tahan air dan angin.

Sleeping bag atau kantong tidur juga menjadi peralatan mendaki gunung pemula yang wajib untuk dibawa.Selain dapat membuat suasana istirahat menjadi lebih nyaman saat di tenda, sleeping bag juga dapat mencegah Sobat Akasaka dari potensi risiko hiphotermia.

Sepatu dan Sandal Gunung

Peralatan gunung selanjutnya adalah dengan membawa sepatu serta sandal gunung. Kedua jenis alas kaki ini punya kelebihan serta kekurangan masing-masing. Sobat Akasaka perlu memilih pemakaiannya secara bijak dengan mempertimbangkan medan yang bakal dilalui.

Sepatu gunung memberi perlindungan secara menyeluruh dan bisa membuat kaki lebih hangat. Hanya saja, bobotnya sangat berat. Sementara itu, sandal gunung, membuat gerakan lebih lincah serta ringan.

Kaus Kaki

Jangan salah, kaus kaki juga tidak boleh dilewatkan ketika naik gunung. Sebagai persiapan, bawa 2 pasang kaus kaki sebagai antisipasi ketika salah satunya basah. Sebagai alternatif, bisa pula memilih untuk memakai kaus kaki yang tahan air.

Sarung Tangan dan Penutup Kepala

Sarung tangan serta penutup kepala juga menjadi perlengkapan hiking yang tidak kalah penting. Sarung tangan tak hanya berguna sebagai pelindung dari duri atau gigitan binatang. Perlengkapan hiking ini juga bermanfaat untuk menjaga agar tetap hangat. Demikian pula penggunaan penutup kepala yang bisa melindungi kepala dari dingin serta panas.  

Tas Carrier atau Ransel

Peralatan gunung ini berguna untuk membawa beragam jenis perlengkapan serta makanan selama pendakian. Ketika memilih tas, sobat tak hanya perlu memperhatikan kapasitas, tapi juga kenyamanan saat dipakai.

Nah, salah salah satu ransel atau tas yang paling banyak direkomendasikan untuk pemula adalah ransel ukuran medium, artinya tidak terlalu besar dan tidak juga terlalu kecil. Untuk tipe ini Akasaka Ceeta 50+5 dapat menjadi pilihan yang paling ideal. Komposisi ukuran torso yang tepat, back system yang super nyaman serta, kekuatan yang telah teruji membuat ransel ini menjadi pilihan tepat sebagai teman mendaki.

Masih ada beberapa perlengkapan lagi seperti cooking gear, camping gear, dan lain sebagainya, yang juga harus dibawa saat mendaki. Namun untuk Sobat Akasaka yang baru pemula dan mendaki bersama tim, rasanya 5 peralatan mendaki gunung di atas sudah cukup untuk sementara waktu.

 

 

Baca Ini Juga Yuk!

5 TIPS MEMILIH BAHAN PAKAIAN UNTUK WANITA HIJAB SAAT MENDAKI
5 TIPS MEMILIH BAHAN PAKAIAN UNTUK WANITA HIJAB SAAT MENDAKI
Sobat Akasaka belum menemukan pakaian yang cocok untuk wanita hijab saat mendaki? Terapkan tips berikut ini, yuk. Wanita berhijab perlu menyiapkan banyak hal sebelum mendaki, salah satunya pakaian....
Read More
5 TIPS MENDAKI GUNUNG SAAT HAID AGAR NYAMAN DAN AMAN
5 TIPS MENDAKI GUNUNG SAAT HAID AGAR NYAMAN DAN AMAN
Mendaki saat haid merupakan tantangan tersendiri bagi perempuan. Pasalnya, kondisi fisik perempuan yang sedang menstruasi cenderung mudah letih. Selain itu, sebagian orang percaya, perempuan tidak ...
Read More
BEGINI CARA MEMASAK NASI SAAT KEMAH YANG BENAR
BEGINI CARA MEMASAK NASI SAAT KEMAH YANG BENAR
Apakah Sobat Akasaka berencana kemah di akhir pekan ini? Jangan lupa, pelajari cara memasak nasi saat kemah. Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia yang mampu mengenyangkan secara cepat....
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published