5 Cara Melakukan Aklimatisasi Instan Sebelum Pendakian

Metadeskripsi: Melakukan aklimatisasi di gunung tidak mudah dan harus dilakukan sebelum pendakian dilakukan atau saat masih di awal perjalanan.

Pendakian yang dilakukan di gunung dan memiliki perbedaan ketinggian dari tempat kita berasal sangat sulit. Kita harus menyesuaikan diri dengan banyak hal mulai dari suhu, tekanan udara, angin, sinar matahari, cara bernapas, dan hal lainnya agar tidak mengalami sakit selama perjalanan dan gagal sampai di puncak.

Sobat Akasaka yang ingin melakukan perjalanan ke gunung memang tidak disarankan langsung ke puncak sebelum aklimatisasi. Berikut beberapa cara melakukan aklimatisasi yang bisa dilakukan agar tidak sakit selama mendaki.

  1. Menginap Sejenak Sebelum Mendaki

Kalau Sobat Akasaka ingin menyesuaikan diri dengan medan pendakian dengan cepat, menginap di basecamp atau akomodasi dekat lokasi pendakian sangat direkomendasikan. Cara ini banyak dilakukan oleh banyak pendaki untuk membuat tubuh mereka menjadi lebih sehat, tenaga terisi, dan tidak kelelahan.

Kadang kala perjalanan ke titik awal pendakian memakan waktu lama dan Sobat Akasaka kelelahan. Dengan tidur, aklimatisasi bisa dilakukan dengan baik dan tubuh juga menjadi lebih nyaman dan bebas lelah.

  1. Buat Tubuh Kenyang

Jangan sesekali naik dalam kondisi tubuh yang lapar. Kalau tubuh lapar, kemungkinan terjadi hipotermia akan besar. Pasalnya suhu tubuh tidak meningkat karena tidak ada metabolisme. Pastikan sudah mengisi tenaga terlebih dahulu agar tubuh menjadi lebih kuat dan siapa melakukan penjelajahan.

Selain makan, minum juga air putih yang lebih banyak. Kalau biasanya minum segelas saja, sekarang minum dua gelas. Kalau tubuh kekurangan cairan selama mendaki, tubuh akan semakin susah menyesuaikan diri dengan lingkungan

  1. Lakukan Perjalanan dengan Santai

Perjalanan harus dilakukan dengan intensitas sedang. Tidak terlalu lambat atau terlalu cepat. Hal ini dilakukan untuk membuat tubuh mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan perlahan-lahan. Kalau berjalan terlalu cepat Sobat Akasaka akan mudah sekali lelah dan penyesuaian diri sulit terjadi. Kalau terlalu lambat akan lama sampai di puncak, kalau keburu malam akan berbahaya.

  1. Pertimbangkan Penggantian Potasium

Saat melakukan pendakian dan tubuh berkeringat, potasium yang ada di dalam tubuh akan ikut keluar dengan sendirinya. Rendahnya potasium akan berbahaya untuk tubuh karena bisa menyebabkan nyeri pada otot termasuk kram di kaki. Pastikan membawa bekal yang tinggi potasium seperti pisang agar bisa bertahan saat suhu dan tekanan berubah.

  1. Gunakan Pelindung Wajah

Meski sepele, jangan lupa gunakan pelindung wajah. Meski di atas gunung udara panas dari matahari kerap tidak terasa, kulit bisa terbakar setelahnya. Selalu gunakan krim tabir surya atau menggunakan kain pelindung lainnya.

Inilah beberapa cara melakukan aklimatisasi instan yang bisa Sobat Akasaka lakukan sebelum melakukan pendakian ke atas gunung. Simak dengan baik cara di atas agar Anda tidak mengalami gangguan sejak awal perjalanan hingga akhirnya sampai di puncak dan kembali pulang.

Leave a comment

All comments are moderated before being published