KABAR DUKA; PENDAKI TERKENAL TEWAS DIHANTAM LONGSORAN DI GUNUNG K2

pendaki tewas rick allen

Rick Allen, pendaki besar Skotlandia yang pernah menjadi orang pertama melintasi Mazeno Wall (Ridge) Nanga Parbat, dilaporkan tewas dihantam longsoran di gunung K2. Saat itu, Rick Allen dikabarkan sedang berusaha membuka rute baru di dinding tenggara gunung K2. Dua pendaki lain yang juga terluka dalam peristiwa itu adalah Stephan Keck dan Jordi Tosas.

Informasi yang berkembang mengatakan bahwa Rick Allen dan timnya baru mencapai Camp 1 ketika longsoran menghantam mereka. Dengan kematian Allen, upaya membuat rute tenggara di gunung K2 terpaksa dibatalkan.

Nah, siapakah sebenarnya Rick Allen dan bagaimana jejaknya dalam mountaineering?

Berikut informasi selengkapnya.

Profil Rick Allen, Sang Pendaki Legendaris yang Menaklukkan Mazeno Wall

pendaki tewas rick allen

Rick Allen adalah salah satu pendaki terkenal dari Skotlandia yang membuat cukup banyak pendakian mengagumkan sepanjang hidupnya. Akan tetapi, pendakian yang paling terkenal dilakukan oleh Allen Rick dan mempopulerkan namanya memang adalah di Mazeno Wall (Ridge) pada tahun 2012.

Nah, Mazeno Ridge sendiri adalah salah satu tantangan pendakian gunung tinggi paling berat dalam pendakian Nanga Parbat. Mazeno Ridge merupakan tebing panjang dengan ketinggian di atas 6.000 meter yang membentang sepanjang 13 kilometer. Tebing ini sendiri memiliki delapan puncak utama yang memiliki ketinggian bervariasi.

Titik puncak terendah dari Mazeno Wall (Ridge) adalah 6.800 meter dari permukaan laut, sementara titik puncak tertingginya adalah 7.120 meter. Puncak-puncak ini semuanya sudah berhasil didaki, namun pendakian traversing melintasi semua puncak ini dan meraih titik tertinggi gunung Nanga Parbat adalah yang belum pernah bisa dilakukan oleh para pendaki mana pun.

BACA JUGA:

Pendakian Rick Allen di Mazeno Wall (Ridge)

pendaki tewas rick allen

Sebagai punggungan puncak terpanjang di gunung delapan ribu meter, ada banyak pendaki terbaik dunia yang bercita-cita menaklukkan Mazeno Wall sebagai yang pertama. Bahkan percobaan untuk melakukan hal ini sudah berlangsung sudah sejak lama.

Upaya pertama terjadi pada tahun 1979 oleh ekspedisi Perancis yang dipimpin oleh Louis Audobert namun hanya berhasil mencapai puncak pertama dari Mazeno Ridge.

Upaya selanjutnya yang cukup penting dilakukan oleh Doug Scott, salah satu nama besar pendaki Inggris yang lain. Doug Scott mencoba mendaki Mazeno Ridge ini sebanyak tiga kali. Di upaya ketiganya ia mengajak beberapa nama besar lain seperti; Andrew Lock, Voytek Kurtyka dan Rick Allen sendiri. Walau demikian, upaya Doug Scott dan timnya ini pun berakhir dengan kegagalan.

Tahun 2004 upaya ini dilanjutkan oleh dua orang pendaki gunung Amerika bernama Steve Swenson dan Doug Chabot. Meskipun keduanya gagal mencapai puncak Nanga Parbat, namun keduanya berhasil mencapai Mazeno Col yang meruapakan punggungan penghubung dinding utama Nanga Parbat dan Mazeno Ridge-nya sendiri.

First Traversing Ascent Mazeno Ridge Tahun 2012 oleh Rick Allen dan Sandy Allan

pendaki tewas rick allen

Bersama dengan Sandy Allan, Suzanne O’Dowd dan tiga orang sherpa, Rick Allen kembali ke Mazeno Wall (Ridge) tahun 2012. Setelah berhasil mencapai Mazeno Col, dimana ekpedisi Amerika berhenti tahun 2004, Suzanne dan tiga sherpa memutuskan untuk turun, sementara Rick Allen dan Sandy Allan melanjutkan pendakian.

Dua hari kemudian Sandy Allan dan Rick Allen mencapai puncak.

Keberhasilan ini membuat keduanya menjadi orang pertama yang berhasil melakukan penyeberangan total dari kaki Mazeno Ridge hingga puncak Nanga Parbat (First Traversing Ascent). Dan untuk itu keduanya diganjar pula dengan penghargaan Piolet d’Or tahun 2013.

Pendakian Penting Lain Rick Allen

pendaki tewas rick allen

Rick Allen adalah pendaki gunung veteran yang terkenal sangat kuat memegang prinsip alpine style. Ini menjawab pertanyaan mengapa ia berteman dengan banyak pendaki besar lain seperti Voytek Kurtyka yang dikenal sebagai tokoh utama alpine style di pegunungan besar dunia.

Tahun 2017, bersama dengan Adam Bielecki dari Polandia, dan juga Felix Berg dari Austria, Rick Allen mencoba membuat rute baru di gunung Annapurna. Upaya ini pun berbuah kegagalan karena beberapa faktor dan hambatan.

Di tahun 2018, Rick Allen justru hampir tewas ketika sedang mendaki Broad Peak. Ia saat itu sempat hilang karena badai dan cuaca buruk. Beruntung bagi Rick Allen karena drone yang memfilmkan si Dare Devil Polandia, Andrzej Bargiel, yang sedang berusaha menuruni gunung K2 dengan ski, menemukan dirinya.

Beberapa saat kemudian tim sherpa berhasil mengevakuasi Rick Allen.

Kematian Rick Allen di Dinding Utara K2

pendaki tewas rick allen

Di musim pendakian tahun ini di gunung K2, Rick Allen bersama Stephan Keck dari Austria dan Jordi Tosas dari Spanyol, berupaya membuat sebuah rute baru di sisi tenggara. Malang bagi ketiganya, sebuah longsoran telah menantikan kehadiran mereka di Camp I.

Rick Allen dipastikan tewas dalam musibah ini, sementara Jordi Tosas dan Stephan Keck dikabarkan hanya mengalami luka ringan.

Detail peristiwa kematian Rick Allen dan lainnya, masih menunggu keterangan dari Tosas dan Keck selanjutnya.

Selamat jalan, Allen. Selamat jalan, Legenda!

 

Source berita: Exploreweb, K2 Pakistan, Wikipedia

DAPATKAN PRODUK AKASAKA TERBARU DENGAN HARGA PALING ISTIMEWA DISINI

Leave a comment

All comments are moderated before being published