APAKAH KAMU SUDAH TAHU KETINGGIAN GUNUNG EVEREST YANG TERBARU?

Usaha untuk mengukur ketinggian gunung Everest bermula sejak hampir dua abad silam. Dan dengan ketinggian yang dimilikinya itu, Everest telah bertahan sejak lama pula menjadi kiblat mountaineering dunia secara umum. Gunung tertinggi di dunia ini kemudian menjelma menjadi tujuan utama para pendaki gunung dari seluruh penjuru bumi karena faktor elevasinya.

Namun tahukah kamu jika tinggi gunung Everest tidak lagi sama?

Kemarin, Selasa 08 Desember 2020, pihak otoritas Nepal dan China bersepakat mengumumkan ketinggian terbaru gunung Everest berdasarkan pengukuran mereka.

Lalu berapakah ketinggian aktual dari gunung Everest menurut otoritas Nepal dan China? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Ketinggian Gunung Everest yang Paling Aktual Berdasarkan Informasi Otoritas Nepal dan China Bulan Desember 2020

Secara administratif, gunung Everest terletak di dua negara yakni Nepal dan Tibet. Dan sejak upaya pemuncakannya bermula, tentu saja dua negara inilah yang menjadi pintu gerbang pendakian ke gunung Everest atau yang disebut pula sebagai gunung Chomolungma ini. Jika Nepal menjadi pintu masuk pendakian Everest melalui sisi selatan, maka Tibet menjadi pintu gerbang pendakian gunung Everest dari sisi utara.

Dikarenakan kedua negara ini pada awal era pioneering di Himalaya bukanlah negara merdeka, maka tentu saja sejarah pendakian Everest terpengaruh pula di dalamnya. Jika Nepal dan India berada dalam wilayah kekuasaan Inggris pada masa itu, maka Tibet menjadi wilayah dominasi China. Dan itu berlaku hingga sekarang tentu saja, seperti yang Sobat Akasaka ketahui pula.

Misteri gunung Everest dipetakan sejak lama, termasuk pula mengenai berapa sebenarnya ketinggian gunung tertinggi di dunia itu. Sejauh ini dan diakui pula sebagai bagian penting sejarah, Royal Geographic Society dari Inggris adalah yang paling familiar dikenal sebagai pengukur ketinggian Everest yang terpercaya.

Ketinggian yang dimiliki Everest yang kemudian diumumkan pada dunia, membuat gunung ini segera menjadi salah satu destinasi pendakian paling menarik dalam sejarah. Sejak tahun 1920-an dengan nama besar George Leigh Mallory, hingga tahun 1953 dengan kehadiran Tenzing Norgay dan Edmund Hillary pertamakali di puncaknya, pesona Everest tak pernah berkurang sebagai magnet dominan mountaineering dunia.

Kilas Balik Beberapa Ekspedisi Terkemuka di Gunung Everest

Dalam rangka merengkuh puncak tertingginya yang merupakan raja gunung dunia, tentu saja ada cukup banyak pendakian signifikan yang dilakukan di atasnya. Beberapa pendakian yang cukup penting misalnya adalah;

Ekspedisi Everest Tahun 1924

Tahun ini adalah tahun dimana nama George Mallory dan Irvine Andrew muncul sebagai bagian besar dari misteri gunung Everest dan pendakian ke puncaknya. Dalam ekspedisi ini, Mallory dan Irvine menghilang setelah terakhir kali dilihat nyaris mencapai puncak tertinggi dunia oleh salah satu anggota ekspedisinya.

Ekspedisi Everest Tahun 1952

Pada tahun ini, pendaki Nepal bernama Tenzing Norgay dari kota Darjeeling pertamakali muncul dan menarik perhatian dunia. Dalam pendakian di tahun tersebut, Norgay berhasil memandu Raymond Lambert dari ekspedisi Swiss nyaris mencapai puncak tertinggi Everest.

Jika saja tabung oksigen mereka masih terisi penuh dan perbekalan mereka cukup, bukan tidak mungkin tahun itulah puncak Everest berhasil ditaklukkan.

Ekspedisi Everest Tahun 1953

Para pendaki Inggris mengukuhkan dominasi mereka pada tahun ini dalam mountaineering dunia. Hal ini tentu saja karena ekspedisi ke gunung Everest yang kesekian kalinya berhasil dengan gemilang.

Bulan Mei 1953, dibawah kepemimpinan John Hunt, Tenzing Norgay dan Edmund Hillary dari ekspedisi Inggris berhasil mencapai puncak Everest sebagai yang pertama.

BACA SEJARAH LENGKAP PENDAKIAN GUNUNG EVEREST DALAM BUKU 9 PUNCAK SEVEN SUMMIT DENGAN MENGKLIK TULISAN BERIKUT

Ketinggian Terbaru Gunung Everest di Antara Mahkota Himalaya Lainnya

Setelah melihat kilas balik beberapa ekspedisi terkemuka di Everest, pertanyaannya kembali ke semula; berapakah ketinggian gunung ini sebenarnya sehingga ia menjadi magnet terkuat pendakian gunung dunia?

Gunung Everest diketahui memiliki ketinggian 8.848 meter atau, 29.029 kaki. Dengan ketinggian ini tentu saja Everest jauh mengungguli puncak-puncak Himalaya lainnya seperti Annapurna, Makalu, Lhotse, dan juga Kangchenjunga. Bahkan gunung K2 ketinggian 8.611 meter yang ada di belantara Karakoram juga ada dibawah Everest berdasarkan pengukuran ini.

Akan tetapi kemarin, survey yang dilakukan oleh pihak Nepal dan China menghasilkan angka baru untuk ketinggian Everest. Saat ini berdasarkan hasil pengukuran otoritas China dan Nepal, gunung Everest dinyatakan memiliki ketinggian 8.848,86 meter atau 29.032 kaki. Ketinggian ini tentu saja membuat Everest berdasarkan angka survey menjadi lebih tinggi hampir 1 meter dari angka sebelumnya.

Kesepakatan angka antara Nepal dan China ini didapat setelah ada perselisihan angka yang cukup jauh. Awalnya Nepal mengatakan ketinggian Everest adalah 8.848 meter atau 29.028,87 kaki, sementara di pihak China bertahan pada angka 29.017,16 kaki atau 8.844,43 meter. Berbeda lebih dari 4 meter!

Nah, angka inilah kemudian yang menjadi ketinggian gunung Everest yang baru, yakni 8.848,86 meter atau 29.032 kaki.

Jika mengikuti rasa penasaran, mungkin Sobat Akasaka juga akan bertanya; Apakah dengan bertambah tingginya gunung Everest ini juga memicu perubahan yang sama pada ketinggian gunung-gunung di Himalaya lainnya?

Tunggu ulasan selanjutnya di Akasaka News, ya!

 

DAPATKAN DISKON HINGGA 40% UNTUK PRODUK OUTDOOR TERBARU DARI AKASAKA MELALUI TAUTAN BERIKUT INI

Leave a comment

All comments are moderated before being published