WOW! INI 5 HUTAN TERBESAR DI INDONESIA DENGAN SATWA ENDEMIK PALING ISTIMEWA

Sebagai salah satu negara dengan luas wilayah yang besar, Indonesia tentu saja memiliki banyak keistimewaan. Nah, salah satu keistimewaan tersebut adalah adanya hutan terbesar di Indonesia yang menjadi habibat berbagai satwa endemik yang sangat eksotis. Dari ujung Papua hingga Aceh sana, hutan Indonesia penuh dengan pesona yang luar biasa.

Lantas, apa sajakah satwa endemik paling istimewa dari berbagai hutan terbesar yang ada di Indonesia tersebut?

Yuk, simak ulasannya berikut ini yang sudah dihimpun oleh Akasaka Journal.

7 Hutan Terbesar Di Indonesia dan Satwa Endemiknya yang Paling Istimewa

hutan terbesar di indonesia

Berdasarkan luas wilayahnya dan juga spesies yang mendiaminya, tak dapat disangkal jika hutan terluas di dunia adalah Amazon yang ada di Brasilia. Selain Amazon, hutan dengan luas paling dominan di dunia kadang juga dikaitkan dengan Rusia yang memiliki luas hutan hampir 7 juta kilometer persegi. Dalam areal yang sangat luas ini, hidup harimau Siberia dan macan tutul salju Siberia yang terkenal dengan keindahannya.

Namun jika konteks pembahasan tentang hutan ini hanya dibatasi pada wilayah Asia Tenggara saja, maka hutan di Papua dan hutan di Borneo akan menjadi salah satu wilayah dengan bentang rimba terbesar. Selain di Indonesia, hutan Burma yang ada di Myanmar juga dinobatkan sebagai salah satu hutan terbesar di Asia Tenggara.

hutan terbesar di indonesia

Hutan hujan tropis di Indonesia adalah yang terluas di wilayah Asia Tenggara. Dalam hutan hujan tropis Indonesia ini, tersimpan berbagai macam kekayaan yang luar biasa besarnya. Kekayaan alam ini termasuk juga flora, fauna, dan berbagai jenis satwa endemik yang ada di dalamnya.

Di Indonesia sendiri dengan luas wilayah paling besar di Asean, terdapatnya 5 hutan dengan luas paling dominan. Nah, dalam hutan yang luas dan dominan ini, hidup pula beberapa satwa endemik yang khas, unik dan istimewa. Satwa endemik inilah kemudian yang ikut menjadi daya tarik pesona keindahan Indonesia.

Lalu, apa saja hutan terbesar yang ada di Indonesia tersebut dan apa pula satwa paling eksotis yang ada di dalamnya? Berikut daftarnya versi Akasaka Journal.

BACA JUGA:

Hutan Papua dengan Satwa Endemik Burung Cenderawasih

hutan terbesar di indonesia

Hutan Papua secara keseluruhan tentu saja tidak hanya dalam kedaulatan wilayah Indonesia. Hutan hujan tropis Papua Nugini atau New Gunea juga merupakan bagian besar dari hutan Papua. Bahkan jika dilihat secara data statistik hutannya, dapat dikatakan bahwa hutan Papua Nugini dan hutan Papua atau Irian Jaya, memiliki selisih yang cukup signifikan dalam hal luas wilayah.

Nah, Sobat Akasaka pasti tahu kan kalau salah satu satwa paling cantik dan hanya terdapat di Papua adalah burung cinderawasih. Burung ini memilliki bentuk, warna, pesona, habitat dan cara berkembang biak yang istimewa. Dan karena ia adalah binatang endemik hutan Papua, maka burung yang indah ini pun hanya terdapat di Papua saja.

hutan terbesar di indonesia

Burung cenderawasih memiliki nama latin paradisaea minor yang berasal dari kata paradise atau surga. Keindahan bulu-bulunya yang menjuntai membuat beberapa orang meyakini bahwa burung ini tidak pernah turun dari udara. Burung cenderawasih sendiri memiliki beberapa jenis dan tersebar di hutan Irian Jaya, Papua Nugini hingga Australia. Namun jenis yang  paling menarik dan istimewa diklaim hanya ada di hutan Papua yang merupakan hutan terluas di Indonesia.

Hutan Borneo dengan Satwa Endemik Orang Utan

hutan terbesar di indonesia

Telah umum dikenal bahwa wilayah di Indonesia yang memiliki hutan yang paling luas yaitu pulau Kalimantan atau Borneo. Membentang dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Timur, atau dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Selatan, tempat ini menjadi satu kawasan rimba belantara dengan pesona yang luar biasa eksis di dalamnya.

Ada banyak hal yang populer terkait dengan keberadaan hutan Kalimantan. Adanya suku Dayak yang eksotis dan penuh ramah tamah, atau adanya pohon ulin raksasa terbesar di dunia, atau bahkan yang paling familiar mengenai satwanya yakni; adanya orang utan yang hanya terdapat di Pulau Kalimantan.

Oya, apakah Sobat Akasaka pernah melihat Orang Utan secara langsung sebelumnya?

hutan terbesar di indonesia

Orang utan adalah salah satu primata yang dikatakan memiliki cukup banyak kesamaan dengan manusia. Menjadi hal yang memprihatinkan ketika pada kondisi yang lebih aktual, hutan Kalimantan telah semakin menyempit karena aktivitas manusia.

Perambahan hutan yang tak terkendali, berubahnya fungsi hutan untuk perkebunan kelapa sawit, untuk pertambangan batubara terbuka, dan untuk pemukiman manusia, telah secara signifikan mengurangi luas hutan Kalimantan. Dan itu juga artinya telah membuat habitat hidup bagi orang utan semakin berkurang.

Hutan Sulawesi dengan Satwa Endemik Anoa Pegunungan

hutan terbesar di indonesia

Di dalam lebatnya jantung hutan pulau Sulawesi, ada cukup banyak satwa endemik yang hidup di dalamnya. Di antara berbagai banyak satwa endemik hutan Sulawesi yang paling terkenal adalah Anoa. Binatang yang unik ini sayangnya juga menjadi sasaran para pemburu yang secara signifikan telah mengurangi jumlah mereka.

Jika kamu pernah mendaki ke gunung Latimojong di Pulau Sulwesi, maka ini adalah salah satu habitat dimana anoa masih dapat dijumpai. Anoa sendiri terdapat dua jenis yakni; anoa dataran rendah dan anoa pegunungan. Nah, yang termasuk dalam satwa endemik eksotis pulau Sulawesi adalah anoa pegunungan yang mendiami bagian wilayah hutan terluas di pulau ini.

hutan terbesar di indonesia

Anoa pegunungan sebenarnya termasuk dalam keluarga lembu kecil. Populasi hewan ini juga sudah sangat drastis penurunannya. Ada berbagai hal yang menjadi penyebab utama mengapa jumlah anoa semakin berkurang dari waktu  ke waktu.

Aktivitas perburuan, perambahan hutan dan tingkat reproduksi yang rendah (anoa hanya melahirkan satu ekor anak setiap masa produksi) adalah beberapa faktor yang disinyalir sebagai penyebab utama berkurangnya populasi anoa secara signifikan.

Hutan Pulau Jawa dengan Satwa Endemik Elang Jawa

hutan terbesar di indonesia

Sebenarnya di hutan pulau Jawa sendiri, ada beberapa satwa endemik yang menghuninya. Di bagian barat misalnya terdapat Taman Nasional Ujung Kulon yang kamu pasti tahu dengan popularitasnya sebagai habitat badak bercula satu. Akan tetapi jika dilihat satwa endemik yang mendiami hampir keseluruhan hutan terluas di pulau Jawa, maka Elang Jawa atau Nisaetus Bartelsi adalah yang paling ideal untuk mewakilinya.

Elang Jawa sudah sangat lekat dengan masyarakat Indonesia dan secara simbolik sosoknya diadaptasikan sebagai lambang negara Indonesia berupa burung garuda. Nah, dalam kehidupan nyatanya sendiri, elang jawa memang sangat tangguh lho, Sobat Akasaka. Seperti burung pemangsa lainnya, elang jawa memiliki reputasi yang sempurna untuk berada pada puncak rantai makanan.

hutan terbesar di indonesia

Pada umumnya elang jawa memiliki jengger yang anggun di atas kepalanya, cakarnya sangat kuat dan paruhnya sangat tajam untuk merobek mangsa. Suara pekikan elang jawa memiliki gema yang lebih parau dan tinggi, ia mengintai mangsanya dari ujung-ujung pohon yang tinggi atau pun ketika sedang melayang di udara.

Mangsa yang menjadi makanan elang jawa juga sangat beragam. Mulai dari reptil hingga anak monyet, mulai dari ayam hutan sampai dengan musang. Sarang elang jawa umumnya di hutan primer yang berlereng dan masih luas, utamanya di gunung-gunung. Berbagai gunung di Jawa dengan populasi hutan yang masih cukup luas dapat menjadi rumah elang jawa.

Nah, apakah Sobat Akasaka pernah bertemu elang jawa secara langsung ketika sedang mendaki? Pasti keren banget, kan?

Hutan Bukit Barisan dengan Satwa Endemik Harimau Sumatera

hutan terbesar di indonesia

Nah, hewan endemik yang terakhir ini adalah yang paling eksotis, paling berbahaya, paling anggun dan sedihnya, juga paling terancam dengan kepunahan. Harimau Sumatera adalah salah satu satwa endemik Indonesia yang mendiami hutan terluas pulau Sumatera dan menjadi raja rimba di hutan Bukit Barisan hingga sekarang.

Dari penampilan dan ukuran tubuhnya sendiri, harimau sumatera memiliki keistimewaan yang berbeda dari harimau-harimau lainnya. Ukuran tubuh harimau sumatera adalah yang terkecil dibandingkan jenis harimau lainnya, bahkan jika dibandingkan dengan harimau jawa dan harimau bali yang sudah punah sekali pun. Akan tetapi ukuran yang kecil ini juga membuat harimau Sumatera lebih gesit dari saudara-saudaranya sesama kucing besar yang lain.

hutan terbesar di indonesia

Pada tapak kaki harimau sumatera terdapat selaput yang membuatnya sangat mahir dalam berenang. Satwa ini juga memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dimana saja, baik di dataran rendah mau pun pegunungan. Surainya yang lebih lebat dan warna belangnya yang lebih pekat, juga menambah keistimewaan harimau sumatera dari sisi penampilan yang dimilikinya.

Sayangnya Sobat Akasaka, di antara demikian banyak keistimewaan harimau sumatera, satwa endemik yang mendiami salah satu wilayah hutan terluas di Indonesia ini juga adalah yang paling terancam dengan kepunahan. Perambahan hutan telah secara signifikan mengurangi populasinya. Saat ini diperkirakan, hanya ada sekitar 500 ekor saja harimau sumatera yang masih tersisa.

BACA JUGA:

hutan terbesar di indonesia

Nah Sobat Akasaka, itu adalah 5 satwa endemik paling istimewa yang mendiami hutan terbesar di Indonesia. Sebagai generasi muda dan seseorang yang memiliki kecendrungan aktivitas di alam bebas, Sobat Akasaka tentu juga sedapat mungkin harus untuk ikut menjaga eksitensi mereka, ya.

Lalu, apa cara yang bisa kamu lakukan  untuk ikut dalam konservasi dalam melestarikan satwa endemik Indonesia?

Sebenarnya banyak banget, namun yang paling sederhana dan mudah adalah dengan membagikan postingan ini di lini media sosial kamu. Dengan begitu diharapkan, teman-teman kamu akan semakin aware dengan berbagai satwa endemik Indonesia yang sangat istimewa ini.

Oya, sambil membagikan tulisan ini, kamu juga bisa mendapatkan koleksi terbaru dari produk Akasaka Outdoor yang super keren, lho. Caranya tinggal klik saja tautan di bawah ini, ya.

Baca Ini Juga Yuk!

9 REKOMENDASI GUNUNG UNTUK PEMULA YANG BISA KAMU DAKI SAAT BERPUASA
9 REKOMENDASI GUNUNG UNTUK PEMULA YANG BISA KAMU DAKI SAAT BERPUASA
Ada cukup banyak gunung untuk pemula yang bisa kamu pilih jika kamu adalah orang yang baru pertamakalinya mengenal dunia pendakian gunung. Gunung-gunung ini secara umum dikelompokkan berdasarkan ti...
Read More
APA SAJA PERLENGKAPAN TREKKING KE GUNUNG K2 DAN EVEREST? BERIKUT DAFTARNYA
APA SAJA PERLENGKAPAN TREKKING KE GUNUNG K2 DAN EVEREST? BERIKUT DAFTARNYA
Apakah kamu memiliki keinginan untuk trekking ke gunung K2 atau  gunung tertinggi di dunia lainnya seperti gunung Everest dan Kangchenjunga dalam waktu dekat ini? Nah, hal pertama yang perlu kamu l...
Read More
9 TEMPAT RAHASIA DENGAN PEMANDANGAN ALAM ASLI INDONESIA YANG SUPER INDAH
9 TEMPAT RAHASIA DENGAN PEMANDANGAN ALAM ASLI INDONESIA YANG SUPER INDAH
Untuk menemukan pemandangan alam asli Indonesia yang benar-benar masih asri, kamu mungkin tidak cukup hanya dengan melihatnya di pantai Ancol, TMII, atau tempat wisata populer yang lainnya. Pemanda...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published