WOW INI 11 PEMANDANGAN ALAM INDONESIA PALING INDAH DI JAWA TENGAH

Jawa Tengah adalah salah satu bagian dari pulau Jawa yang dikaruniani begitu banyak tempat yang sangat indah. Ada sangat banyak pemandangan alam Indonesia paling indah yang keberadaannya terdapat di Jawa Tengah. Mulai dari gunung-gunung, persawahan, telaga, danau, pantai dan masih banyak lagi.

Lantas, apa sajakah pemandangan alam di Jawa Tengah yang paling indah dan dapat kamu jadikan destinasi berwisata?

Yuk, simak ulasannya lengkapnya berikut ini.

11 Destinasi Wisata dengan Pemandangan Alam Indonesia Paling Indah yang Ada di Jawa Tengah

pemandangan alam Indonesia paling indah

Pemandangan alam yang indah hampir selalu ada di setiap jengkal tanah Indonesia, tak terkecuali di Jawa Tengah. Bagian tengah pulau Jawa ini memiliki hampir semua jenis keindahan yang menjadi ciri khas Indonesia. Kamu bisa menemukan Candi Borobudur di Jawa Tengah, Candi Prambanan, Gunung Merapi, Dataran Tinggi Dieng, Air Panas Baturaden, dan objek wisata lainnya dengan suguhan keindahan yang luar biasa.

Nah, jika kamu saat ini sedang merencanakan liburan, dan masih bingung tujuannya kemana, maka kunjungi saja Jawa Tengah.

Dan berikut adalah beberapa destinasi yang paling highly  recommended untuk kamu kunjungi.

BACA JUGA:

Gunung Merapi

pemandangan alam Indonesia paling indah

Objek wisata populer dan sangat dikenal hingga ke mancanegara pertama yang ada di Jawa Tengah adalah Gunung Merapi. Gunung dengan julukan sebagai gunung paling aktif di dunia ini memiliki pamor yang luar biasa sebagai sebuah gunung api. Di samping itu, kamu juga mungkin sudah tahu kan, kalau gunung Merapi juga memiliki pemandangan indah yang luar biasa mempesona.

Oh ya, apakah kamu pernah mendaki gunung Merapi sebelumnya?

Gunung Merapi adalah sebuah gunung yang unik dan memiliki serangkaian daya tarik yang tidak dimiliki oleh gunung lainnya. Gunung ini memiliki gigir kawah yang curam dan kamu dapat menikmati view yang luas ketika mendakinya.

Selain itu, pendakian ke puncak Merapi juga tidak membutuhkan waktu lama. Dengan 2 atau 3 jam hiking, kamu sudah bisa mencapai puncak gunung ini dan menikmati pemandangan alam asli Jawa Tengah dari atasnya.

Gunung Merbabu

pemandangan alam Indonesia paling indah

Bersebelahan dengan gunung Merapi yang perkasa, kamu juga akan melihat kemegahan lain dari panorama alam Jawa Tengah. Jika  gunung Merapi yang ikonik merupakan gunung menjulang dengan puncaknya yang laksana mata tombak merobek langit, maka di sebelahnya, kamu akan mendapati gunung Merbabu yang syahdu, yang memiliki pemandangan alam pegunungan yang sendu.

Di Merbabu terdapat sangat banyak kecantikan pemandangan alam yang luar biasa. Kamu yang menyukai matahari terbit dari atas puncak gunung, maka Merbabu menyuguhkan berbagai tempat spektakuler untuk menikmatinya. Di Merbabu ada padang rumput yang indah dan luas, camping ground yang super cantik, dan lain sebagainya.

Dengan segala panorama yang dimilikinya ini, gunung Merbabu benar-benar gunung yang sangat indah di Jawa Tengah. Sobat Akasaka yang pernah mendaki gunung ini sebelumnya pasti setuju, kan?

Punthuk Setumbu

pemandangan alam Indonesia paling indah

Nah, tempat selanjutnya di propinsi Jawa Tengah yang dapat menjadi destinasi paling keren untuk kamu kunjungi adalah Punthuk Setumbu. Tempat ini adalah sebuah wisata alam yang menyajikan pemandangan alam pedesaan Jawa Tengah yang indah.

Dari Punthuk Setumbu kamu akan melihat hamparan tanah Jawa Tengah dengan berbagai ikon wisata paling populer. Gunung Merapi dan Merbabu nun jauh di kejauhan memancang langit, sementara stupa-stupa candi Borobudur menyembul indah di antara kanopi hutan-hutan yang sejuk juga akan kamu nikmati jika mengunjungi Punthuk Setumbu.

Jika kamu datang ke Punthuk Setumpu dalam kondisi pagi dimana kabut masih tersisa, pemandangan yang akan temui menjadi jauh luar biasa.

Nggak percaya? Cobain, deh.

Candi Borobudur

pemandangan alam Indonesia paling indah

Kamu pasti sudah sangat familiar dong, dengan Candi Borobudur?

Candi Borobudur adalah salah satu ikon wisata Indonesia yang seringkali menjadi pilihan wisata utama ketika turis berkunjung ke Jawa Tengah atau pun ke Jogjakarta. Lokasi persis dari candi Budha terbesar di dunia ini adalah di kabupaten Magelang dan berada dalam wilayah administratif propinsi Jawa Tengah.

selain megah dan sangat menarik arsitekturnya, Candi Borobudur juga adalah tempat yang sempurna untuk menikmati gambar pemandangan alam yang indah Jawa Tengah. Tak jauh dari lokasi candi ini berada, membujur sebuah pegunungan eksotis bernama Bukit Menoreh yang juga memiliki view yang sangat keren untuk kamu nikmati.

Oh ya, sebagai saran untuk kamu yang akan mengunjungi Candi Borobudur, sebaiknya lakukan pada pagi atau sore hari, ya. Dikarenakan pada siang hari, cuaca di sekitar candi ini akan terasa sangat gerah dan mungkin mengganggu kenyamananmu.

Candi Prambanan

pemandangan alam Indonesia paling indah

Bergeser sedikit dari kabupaten Magelang dengan candi raksasanya bernama Borobudur, sekarang kamu bisa melihat candi lain yang tak kalah eksotis untuk dinikmati. Candi yang dimaksud adalah Candi Prambanan atau Candi Roro Jongrang yang terletak dalam wilayah administratif kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Seperti halnya Candi Borobudur yang menjadi ikon wisata Jawa Tengah dan Jogjakarta, Candi Prambanan pun demikian. Di tempat ini, kamu akan disuguhi gambar pemandangan alam pedesaan Jawa Tengah yang sangat cantik dengan latar belakang sebuah kemegahan candi dari masa lalu yang sangat eksotis.

Dataran Tinggi Dieng

pemandangan alam Indonesia paling indah

Kamu sudah pernah mengunjungi Dataran Tinggi Dieng?

Kalau belum, cobain deh, liburan kali ini kamu ke Dieng saja. Di tempat ini kamu akan menemukan segala bentuk kecantikan wisata alam yang luar biasa keindahannya. Dieng mungkin adalah dataran tinggi dengan pemandangan paling indah di Indonesia sekaligus paling lengkap objek wisatanya.

Di Dieng Plateau, kamu akan menemukan komplek Candi Arjuna di tengah lembah cantik, kemudian ada Kawah Sikidang, Danau Telaga Warna, Bukit Sikunir, Gunung Prau, dan masih banyak lagi yang lainnya. Rasanya waktu tiga harian tidak akan cukup untuk menikmati cantikya pemandangan indah di Dieng.

Pantai Menganti

pemandangan alam Indonesia paling indah

Setelah ke gunung dan dataran tinggi, sekarang saatnya kamu ke pantai. Nah, siapa bilang kalau Jawa Tengah tidak punya pantai yang cantik dan super indah?

Jika kawasan Gunung Kidul di Jogjakarta saat ini telah menjelma menjadi destinasi wisata pantai paling cantik di pulau Jawa dengan pesisir selatannya yang eksotis. Maka, Jawa Tengah juga punya pantai yang tak kalah cantik, yang namanya adalah Pantai Menganti.

Di pantai ini, kamu akan mendapati gugusan karang-karang megah menghadap samudra biru yang luas. Padang rumput, pasir putih dan juga aktivitas perekonomian masyarakat nelayan pesisir selatan Jawa Tengah, adalah pemandangan alam asli nan indah yang akan kamu temui di pantai ini.

Gunung Andong

pemandangan alam Indonesia paling indah

Kali ini tempat yang juga sangat eksotis untuk dikunjungi di Jawa Tengah adalah Gunung Andong. Hayo, kamu sudah pasti sangat familiar dengan keindahan Gunung Andong, kan?

Ya, Gunung Andong adalah gunung yang sangat cantik dan ramah untuk para pendaki pemula. Dengan ketinggiannya yang tidak seberapa, kamu dapat mencapai puncaknya dengan hiking selama 1 hingga 2 jam saja. Dari puncaknya, kamu akan disuguhkan keindahan mayapada tanah Jawa yang megah dengan gunung Merapi dan Merbabu sebagai pancangnya.

Oh ya, jika kamu sebelumnya telah tertarik dengan gunung Merapi dan Merbabu sebagai tujuan hiking, maka Andong juga bisa kamu kunjungi sekalian. Cara paling asyik untuk menikmati rangkaian perjalanan di tiga gunung ini adalah dengan mengikuti rute MMA Trail yang terkenal itu.

Gunung Sumbing

pemandangan alam Indonesia paling indah

Gunung Sumbing tentu saja jauh lebih tinggi dibandingkan gunung Andong. Bahkan dalam urutan gunung-gunung tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Sumbing berada di urutan ke-3 setelah gunung Semeru di Jawa Timur dan Gunung Slamet di Jawa Tengah. Ketinggian gunung Sumbing adalah 3.340 meter.

Ada cukup banyak jalur pendakian yang bisa kamu gunakan untuk menikmati keindahan gunung Sumbing. Beberapa yang paling populer misalnya adalah jalur pendakian via Garung, Kaliangkrik, dan juga Banaran.

Bahkan di jalur pendakian Kaliangkrik, sebelum memulai pendakian kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam gambar yang memukau dari sebuah tempat yang dikenal dengan Nepal van Java.

Pasti sudah pernah lihat fotonya di sosmed, kan?

Gunung Prau

pemandangan alam Indonesia paling indah

Masih ada satu gunung lagi yang dapat kamu datangi jika berkunjung ke Jawa Tengah untuk menikmati panorama alamnya yang luar biasa. Gunung ini adalah gunung Prau yang karakteristiknya sama seperti gunung Andong dalam hal keramahan untuk para pendaki pemula.

Menariknya lagi jika kamu bermaksud menikmati pemandangan indah gunung Prau, kamu dapat memadukan perjalananmu dengan menikmati pula eksotisme Dataran Tinggi Dieng. Hal ini sangat mungkin dikarenaka letak Gunung Prau sendiri ada di wilayah Dieng Plateau.

Air Terjun Kedung Kayang

pemandangan alam Indonesia paling indah

Nah, destinasi wisata alam terakhir di Jawa Tengah yang bisa kamu nikmati selanjutnya adalah Air Terjun Kedung Kayang. Sama seperti Candi Borobudur, Punthuk Setumbu dan Gunung Andong, Air Terjun Kedung Kayang juga terletak dalam wilayah administratif kabupaten Magelang.

Dengan sudut pengambilan gambar yang tepat, kamu akan mendapati view super keren dari Air Terjun Kedung Kayang ini yang berpadu dengan gagahnya gunung Merapi.

Alam yang masih hijau dengan pohon-pohon pinus yang menjulang di sekeling air terjun sudah pasti akan membuat perjalananmu ke air terjun Kedung Kayang semakin menyenangkan.

BACA JUGA:

pemandangan alam Indonesia paling indah

Nah, Sobat Akasaka, itu adalah 11 destinasi alam di Jawa Tengah yang memiliki pemandangan alam Indonesia paling indah untuk kamu nikmati. Kamu sendiri bisa lihat kan, kalau berbagai destinasi ini demikian lengkap dan luar biasa keindahannya?

Sebagai saran terakhir buat kamu yang akan mengunjungi berbagai pemandangan eksotisme Jawa Tengah di atas, yuk, gunakan selalu produk paling keren dari Akasaka Outdoor, ya. Sandal gunung yang super tangguh, ransel, t-shirt, tumbler, headwear dan masih yang lainnya, semua akan mejadikan perjalanmu di Jawa Tengah semakin istimewa.

KLIK DISINI DAN DAPATKAN PRODUK AKASAKA OUTDOOR DENGAN PENAWARAN HARGA YANG PALING MENARIK

Baca Ini Juga Yuk!

8 ARAH MATA ANGIN DAN PEMANFAATANNYA DALAM DUNIA NAVIGASI
8 ARAH MATA ANGIN DAN PEMANFAATANNYA DALAM DUNIA NAVIGASI
Dalam dunia navigasi, dikenal 8 arah mata angin yang menjadi titik sentral penunjuk arah seorang navigator. 8 poin ini telah umum dikenal baik dalam navigasi darat, laut dan juga udara. Meskipun ar...
Read More
TERNYATA INI 10 FAKTA DAN MISTERI GUNUNG LAWU YANG PALING TERKENAL
TERNYATA INI 10 FAKTA DAN MISTERI GUNUNG LAWU YANG PALING TERKENAL
Gunung Lawu adalah gunung yang paling banyak menyimpan misteri di antara semua gunung-gunung di pulau Jawa. Benar tidak sih, pernyataan semacam ini? Benarkan misteri gunung Lawu benar-benar sangat ...
Read More
INI 14 FILM TERBAIK SEPANJANG MASA UNTUK KAMU SANG PETUALANG FIKSI
INI 14 FILM TERBAIK SEPANJANG MASA UNTUK KAMU SANG PETUALANG FIKSI
Menghabiskan waktu menonton film di bioskop atau di rumah, adalah cara yang banyak dilakukan untuk mengisi waktu senggang. Berbagai daftar film terbaik sepanjang masa biasanya dijadikan referensi u...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published